Jalan Kabupaten di Maparah Panjalu Ciamis Rusak Parah

Jalan Kabupaten di Maparah Panjalu Ciamis Rusak Parah
Jalan Kabupaten di Desa Maparah, Kecamatan Panjalu, Ciamis rusak parah. Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Insfrastruktur jalan kabupaten di lintas Desa Maparah, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dikeluhkan. Pasalnya, kondisi akses jalan tersebut mengalami kerusakan.

Di sepanjang badan jalan hanya menyisakan bebatuan. Bila hujan terjadi, akses jalan menjadi licin dan sulit dilalui.

Ironisnya kondisi ini sudah berlangsung lama, akses jalan tersebut belum juga mendapat perbaikan, sehingga terkesan dibiarkan berlarut-larut.

Hidayat, warga Dusun Panaekan, kepada Koran HR, Senin (03/08/2020), membenarkan kerusakan akses jalan tersebut dan sudah berlangsung lama.

Menurut dia, kerusakan terjadi di sepanjang tanjakan Blok Warung Neunggang. Jika turun hujan, jalan itu menjadi licin dan di musim kemarau jalanan berdebu.

Hidayat menuturkan, banyak pengguna jalan yang mengeluhkan kondisi jalan tersebut. Namun, sejauh ini belum ada kabar kapan akses jalan tersebut diperbaiki kembali.

Padahal, kata Hidayat, jalan tersebut kini hanya menyisakan bebatuan. Sehingga tidak heran bilamana hujan, banyak pengendara motor nyaris terjatuh karena jalan licin.

Rusman, (24), pengguna jalan asal Desa Bahara, ketika dimintai tanggapan oleh Koran HR, Senin (03/08/2020) menjelaskan, akses jalan tersebut merupakan penghubung antar desa dan kecamatan.

“Jalan ini menghubungkan ke wilayah Kecamatan Lumbung dan wilayah Kecamatan Panawangan,” katanya.

Menurut Rusman, kerusakan jalan di sepanjang lintas Desa Maparah, selain sudah lama tidak ada perbaikan, juga disebabkan banyaknya kendaraan yang melintas.

Senada dengan itu, Jamal, pengguna jalan lainnya, mengatakan, akses jalan penghubung antar desa maupun antar kecamatan di lintas Desa Maparah kondisiya sangat memprihatinkan, rusak parah.

Mengingat jalan tersebut merupakan jalur transfortasi utama warga dalam melaksanakan berbagai kegiatan, ia berharap agar pemerintah Kabupaten Ciamis segera memperbaikinya kembali.

“Kondisi jalan yang rusak sangat membahayakan dan menyulitkan pengendara yang melewatinya, terlebih bila hujan. Jika pengendara tidak terampil dan berhati-hati, bisa tergelincir dan terjatuh,” pungkasnya. (dji/Koran HR)

Loading...