Jaringan Telkomsel Mati, Ternyata Ini Penyebabnya!

Jaringan Telkomsel Mati, Ternyata Ini Penyebabnya!
Jaringan Telkomsel mati di wilayah Sumatera, lantara gedung STO Telkom Pekanbaru, terbakar. Foto:ist/Net

Jaringan Telkomsel mati terjadi di wilayah Sumatera, Selasa (11/8/2020) sekitar pukul 14.30 WIB. Matinya jaringan provider plat merah ini diakibatkan adanya kebakaran Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom, di Kota Pekanbaru.

Kebakaran tersebut mengakibatkan, jaringan internet dan juga telepon Telkomsel tak terhubung. Petugas pemadam kebakaran bergegas melakukan pemadaman api, sejak STO dilaporkan terbakar.

Ada sekitar 6 unit mobil pemadam yang diterjunkan untuk menjinakan api. Selang beberapa lama, kobaran api sudah tak nampak lagi, karena sudah berhasil dipadamkan.

Meski sudah padam, petugas terus melakukan pendinginan agar tak muncul kebakaran susulan. Sementara saat ini jaringan telkomsel mati dan tak terhubung.

Bangunan STO yang mengalami kebakaran ini tepat berada di belakang gedung utama Telkom Pekanbaru. Akibat kebakaran tersebut, sejumlah kaca jendela pecah dan dinding bangunan ikut menghitam.

Nampak para pegawai telkom memadati halaman pekarangan gedung untuk melihat proses pemadaman.

Petugas Damkar Pekanbaru Tengku Afrizal Kadri menyebut, api sudah berhasil dijinakan petugas damkar. Namun demikian, kemungkinan jaringan terkomsel mati masih cukup lama.

“Kita masih lakukan penyisiran, takutnya masih ada api di gedung,” ujar Tengku.

Matinya jaringan Telkomsel membuat sejumlah warga bertanya-tanya. Widi warga Pekanbaru mengaku kaget, jaringan di HP tiba-tiba mati.

“Aku kira HP nya rusak, tapi pas nanya ke tetanggga, ternyata sama dia juga jaringanya mati,” katanya.

Hingga saat ini, internet dan jaringan telkomsel mati. Pelanggan pun belum bisa melakukan akses apapun hingga saat ini.

Baca Juga: Ponsel Tidak Ada Jaringan, Cari Tahu Penyebab dan Solusinya di Sini!

Benarkan Jaringan Telkomsel Mati

Hilangnya sinyal telkomsel diwilayah Sumatera dikeluhkan banyak pelanggan. Pihak Telkomsel pun angkat bicara dengan kejadian ini.

Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, membenarkan telah terjadi kebakaran di Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom Pekanbaru.

Hal tersebut berdampak pada hilangnya layanan SMS dan telepon. Sementara ini jaringan telkomsel mati dan belum bisa digunakan.

Selain itu, akibat kebakaran tersebut, kualitas akses data internet Telkomsel mengalami penurunan. Sejumlah pelanggan Telkomsel di beberapa wilayah mengaku sulit mengakses internet.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan pemulihan secara keseluruhan. Jika sudah ada perkembangan, pihaknya akan memberi kabar secara berkala.

Pihaknya pun meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Banyak pelanggan yang kena dampak akibat jaringan telkomsel mati.

“Terimakasih karena masih percaya dan tetap menjadi pelanggan Telkomsel,” kata Denny.

Hilangnya jaringan telkomsel ini sempat ramai di media sosial twitter. Banyak netizen yang mengalami kendala sulit melakukan panggilan telepon sampai tak bisa isi pulsa.

Keluhan akibat jaringan telkomsel mati ini dirasakan pelanggan di wilayah Aceh hingga Padang, Pekanbaru dan Batam. Bahkan sampai juga ke Jakarta. Rata rata mereka mengeluh tak bisa telpon dan isi pulsa. (R8/HR Online)

Loading...