Jenis Buah untuk Bayi 6 Bulan yang Cocok dengan Sistem Pencernaannya

Jenis Buah untuk Bayi 6 Bulan
Jenis Buah untuk Bayi 6 Bulan. Foto: Ist/Net

Memilih jenis buah untuk bayi 6 bulan bisa jadi sering membuat bingung para orang tua. Apalagi usia 6 bulan merupakan momentum bayi untuk mulai belajar mendapatkan asupan makanan tambahan selain air susu ibu.

Usia setengah tahun merupakan saat yang tepat bagi buah hati Anda mencoba mencicipi sendiri nikmatnya rasa dari buah-buahan. Bayi juga akan mendapatkan nutrisi serta vitamin dari buah-buahan secara lebih maksimal untuk pertumbuhannya.

Pada saat usia memasuki 6 bulan, biasanya sistem pencernaan pada bayi sudah mulai lebih sempurna. Sehingga bayi sudah dapat menyerap dengan lebih maksimal nutrisi-nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi, termasuk buah.

Jenis Buah untuk Bayi 6 Bulan yang Terbaik

Memilih jenis buah untuk bayi 6 bulan harus sesuai dan cocok dengan sistem pencernaan bayi. Apalagi pada usia itu bayi harus mendapatkan makanan tambahan selain air susu ibu untuk pertumbuhannya.

Namun agar pemberian buah tidak mengagetkan perutnya, buah yang diberikan harus diolah terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan dikonsumsi oleh bayi. Berikut ini pilihan buah yang direkomendasikan.

Buah Apel

Apel adalah buah untuk bayi pertama karena kelezatan rasanya dan teksturnya yang lembut. Banyak kandungan gizi dalam apel, seperti vitamin A dan C, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Sehingga cocok untuk bayi.

Namun agar bayi dapat lebih mudah mengonsumsinya, Anda bisa membuat pure apel. Caranya adalah dengan mengupas kulit apel, lalu potong kecil-kecil dan rendam sampai lunak, setelah itu blender apel hingga lembut.

Buah Pisang

Jenis buah untuk bayi 6 bulan yang direkomendasikan dan biasa dijadikan bubur adalah pisang. Pisang mempunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk bayi seperti vitamin A, fosfor, kalium, dan asam folat.

Sebenarnya pisang tidak perlu dijadikan sebagai bubur, sebab buah pisang telah memiliki tekstur yang halus. Jadi Anda bisa mengeruk buah pisang dan langsung diberikan kepada buah hati Anda.

Buah Jeruk

Jeruk juga merupakan buah untuk bayi yang sangat baik karena banyak manfaat dan rasanya manis. Banyak sekali kandungan gizi dalam buah jeruk, terutama kandungan vitamin C, A, kalium, kalsium, serat dan asam folat.

Anda tidak bisa memberikan jeruk secara langsung kepada bayi seperti halnya pisang. Buah jeruk harus Anda cuci bersih terlebih dahulu, lalu peras dan diambil airnya, baru berikan air tersebut kepada bayi.

Buah Tomat

Pilihan buah untuk bayi lainnya yang sangat dianjurkan adalah buah tomat. Dalam buah ini banyak mengandung kalsium, serat, natrium, protein, asam folat, magnesium, dan vitamin A.

Anda bisa memperkenalkan buah tomat ini dengan dicampurkan pada bubur sehingga mempunyai rasa yang lebih enak. Anda bisa menjadikan tomat sebagai pelengkap atau saus untuk disajikan bersama bubur ataupun pure.

Buah Pir

Jenis buah untuk bayi 6 bulan lainnya adalah buah pir. Buah ini kaya vitamin C, kalsium, fosfor, dan kaliumnya yang sangat baik untuk kesehatan buah hati Anda. Untuk memberikannya kepada bayi, sebaiknya dibuat pure terlebih dahulu.

Caranya sama dengan cara membuat pure apel. Kupas kulit buah pir, lalu potong kecil-kecil, kukus, dan blender hingga benar-benar halus. Baru kemudian diberikan kepada bayi Anda.

Itulah beberapa jenis buah untuk bayi 6 bulan yang sangat direkomendasikan. Selain kandungan nutrisi yang beragam dan banyak, buah ini juga sangat baik sebagai makanan tambahan untuk tumbuh kembang sang buah hati Anda. (R11/HR-Online)