Jenis Warna Cat Motor, Pilih yang Awet dan Tidak Mudah Pudar

Jenis Warna Cat Motor, Pilih yang Awet dan tidak Mudah Pudar
Ilustrasi jenis warna cat motor. Foto Ist/Net

Jenis warna cat motor bervariasi, semua bisa memilih sesuai selera. Cat motor memiliki peranan yang cukup penting bagi tampilan kendaraan yang satu ini.

Sebagian besar orang pun memiliki pertimbangan yang cukup matang soal pemilihan jenis cat yang tepat. Sebab, masih banyak orang yang mementingkan penampilan daripada dengan performa.

Banyaknya varian dan jenis cat motor kini membuat anda lebih leluasa dalam memilih warna yang sesuai. Sebaiknya memilih warna cat motor yang bagus dan tidak pudar.

Hal ini bertujuan agar warna tersebut awet dan tahan lama. Sehingga warna tidak pudar dan hilang. Kebanyakan warna yang sering terlihat untuk motor yaitu warna gelap dan solid.

Baca juga: Cara Merawat Motor Injeksi Agar Performa Mesin Bekerja Maksimal

Warna tersebut meliputi hitam, merah, silver, dan masih banyak yang lainnya. Inilah mengapa kebanyakan motor mendominasi warna hitam dan silver.

Jenis warna cat motor warna hitam dan silver memiliki pigmen yang tidak mudah luntur meski sering terpapar sinar matahari. Namun, bukan berarti anda seenaknya saja meletakkan kendaraan terkena sinar matahari.

Jenis Warna Cat Motor yang Bagus dan Tidak Mudah Pudar

Cat pada kendaraan roda dua memiliki banyak varian yang bisa anda pilih. Setiap pemilik kendaraan roda dua pastinya memiliki warna favorit sendiri-sendiri sehingga kini banyak pabrik cat motor menghadirkan banyak pilihan warna.

Ada beberapa jenis warna cat yang bagus dan tidak mudah pudar. Bagi anda yang suka melakukan modifikasi speak air-brush, pilih warna yang bagus.

Sebab, ada juga warna yang mudah pudar, namun tetap memberikan kesan yang cantik pada motor anda. Pilihan warna cat motor yang bagus, namun mudah pudar adalah varian warna terang atau warna stabilo.

Sebagian besar pemilik motor memilih warna ini karena mudah berubah menjadi warna putih. Warna putih ini akibat sering terpapar sinar matahari secara langsung.

Solusi yang tepat saat anda memilih jenis warna terang atau stabilo yaitu parkir kendaraan di tempat yang teduh. Hal ini mampu membuat warna cat motor lebih awet dan tahan lama.

Rekomendasi Jenis Cat Motor

Pemilihan jenis warna cat motor kini bisa anda dapatkan dari berbagai rekomendasi jenis cat yang ada. Sebelum menentukan warna catnya, alangkah sebaiknya jika anda mengetahui jenis cat.

Hal ini perlu diketahui agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini ada beberapa jenis cat yang memiliki kualitas dan warna yang bervariasi:

Cat Stoving atau Basecoat

Jenis yang pertama yaitu cat stoving atau basecoat yang biasa menjadi pilihan untuk cat motor dan kendaraan lainnya. Kualitas cat jenis yang satu ini jauh lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: Fungsi Ring Piston Cukup Vital pada Kendaraan dan Cara Kerjanya

Sayangnya, saat mengaplikasikan cat ini, pengerjaannya terlalu rumit. Sebab, anda perlu menggunakan sistem oven agar cat mudah menempel secara sempurna.

Cat Polyurethane

Pilihan kedua jatuh pada jenis cat polyurethane. Cat ini mudah pengaplikasiannya karena tidak perlu menggunakan oven. Cat yang satu ini juga memiliki kualitas yang bagus.

Sehingga anda tidak perlu ragu menggunakan jenis cat yang satu ini. Akan tetapi, saat proses pengeringan, cat polyurethane membutuhkan waktu yang cukup lama.

Anda bisa memilih jenis warna cat motor polyurethane sesuai selera. Sebab, jenis cat yang satu ini memiliki berbagai varian warna menarik untuk dipilih.

Cat Lacquare atau Nitro Cellulose

Bagi anda yang ingin melakukan pengecatan motor secara mendadak, cat lacquare atau nitro cellulose adalah pilihan yang tepat. Jenis cat ini mudah kering tanpa harus menunggu lama.

Namun, jenis cat yang satu ini memiliki kekurangan dari segi ketahanan. Warna cat pada motor akan mudah pudar dan tentunya tidak mampu bertahan lama.

Baca juga: Motor Ngebul Saat Mesin Panas Karena Oli Masuk pada Ruang Bakar

Apalagi bagi yang sering memparkirkan kendaraan di bawah terik matahari, maka bisa mempercepat warna hilang atau pudar.

Cat Epoxy Primer Surfacer & Filler

Pada umumnya sebelum pengecatan pada bodi motor, butuh yang namanya cat dasar. Salah satu jenis cat dasar yang biasa terpakai yaitu epoxy primer surfacer & filler.

Jenis cat ini mampu menutupi pori-pori kasar yang biasa ditemukan pada permukaan plat setelah didempul. Anda bisa menggunakan epoxy primer surfacer & filler terlebih dulu baru memilih jenis warna cat motor yang sesuai. (R10/HR-Online)