Jok Belakang Mobil Bunyi, Atasi Sesuai Penyebabnya

Jok Belakang Mobil Bunyi, Atasi Sesuai Penyebabnya
Ilustrasi jok belakang mobil bunyi. Foto : istimewa

Jok belakang mobil bunyi membuat kenyamanan saat berkendara. Kabin senyap merupakan idaman semua pemilik mobil. Jika hal ini terjadi, pastinya akan lebih nyaman saat berada dalam kendaraan.

Mungkin pernah mengalami jok mobil bagian belakang berisik akibat tidak terkunci. Akhirnya saat jok tidak ada yang menduduki, berakibat terdengar bunyi berisik.

Jika hal ini anda alami, pastinya sangat mengganggu bukan? Sebaiknya cari tahu apa penyebabnya agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara. Jok mobil memiliki kenyamanan sendiri-sendiri.

Sebab, pada setiap mobil memiliki desain hingga bahan jok yang berbeda-beda. Semua komponen yang ada pada kendaraan perlu perawatan dengan tepat.

Jika tidak terawat, justru dapat mengganggu pengemudi dan semua yang ada dalam mobil. Begitu juga dengan komponen yang satu ini yaitu jok mobil.

Jika tidak terawat, jok mobil mampu merusak kenyamanan saat berkendara. Sebaiknya segera atasi agar kenyamanan bisa anda dapatkan kembali.

Mengatasi Jok Belakang Mobil Bunyi

Jok mobil memiliki fungsi yang cukup penting saat berada dalam kendaraan. Ketika komponen ini bermasalah, maka segera cari tahu penyebabnya.

Jok mobil yang berisik atau berbunyi akan mengganggu pengendara saat berada pada perjalanan. Jok mobil bagian belakang berisik bisa karena beberapa hal.

Baca Juga : Lampu Kabut Mobil Membantu Visibilitas Saat Berkendara Lebih Baik

Bagi pecinta dunia otomotif, pasti sudah sering mengalami hal ini dan tahu bagaimana cara mengatasinya. Namun, bagi orang awam, pastinya bingung jika hal ini terjadi.

Penyebab jok mobil belakang berisik bisa karena beberapa hal. Setelah anda tahu penyebabnya, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Ganti Oli Gardan

Solusi pertama yang bisa anda lakukan saat jok mobil berbunyi yaitu dengan cara berikan oli pada gardan mobil. Hal ini bisa anda lakukan jika sumber masalah terletak pada gardan mobil.

Ganti oli gardan yang lebih kental. Solusi ini cukup mudah anda lakukan. Jika tidak, bisa juga lakukan penggantian komponen yang satu ini.

Baca Juga : Pelindung Pintu Mobil, Pilih Bahan Elastis Agar Mudah Dipasang

Saat anda cek jika ada kerusakan pada bagian gardannya, berarti perlu ganti yang baru. Jika kerusakan belum terlalu parah, anda bisa setel ulang agar tidak semakin parah.

Ganti Komponen yang Rusak

Cara mengatasi berikutnya yaitu mengganti komponen yang rusak. Biasanya hal ini terjadi pada kaki-kaki mobil. Biasanya jok belakang mobil bunyi saat kondisi laju kecepatan tinggi.

Seperti 50 km/jam atau bahkan lebih. Penyebab bunyi berisik pada kaki-kaki mobil salah satunya karena bushing arm sudah aus atau bahkan pecah.

Selain itu, bisa juga terjadi pada bagian lainnya misal tie road, ball joint, dan shockbreaker. Cara mengatasi komponen-komponen mobil ini rusak yaitu dengan menggantinya dengan yang baru.

Lumasi dengan Grease

Saat anda sudah mengetahui apa saja penyebab jok mobil berisik, sebaiknya atasi agar tidak mengganggu kenyamanan saat berada dalam mobil.

Bunyi berisik bisa timbul karena berbagai hal. Salah satunya yaitu karena terjadi gesekan antar logam yang ada dalam kabin.

Baca Juga : Kamera Mundur Mobil Pilih yang Memiliki Sensor Inframerah

Jika hal ini yang anda alami, sebaiknya segera periksa bagian luar dan dalam untuk bisa tahu dari mana sumber bunyi berasal. Sebaiknya segera cari tahu agar gesekan yang timbul tidak semakin parah.

Solusi yang tepat untuk mengatasi jok belakang mobil bunyi ini cukup simpel. Anda bisa memberikan pelumas menggunakan grease untuk solusi penanganan yang tepat.

Pasang Peredam Suara

Solusi mengatasi jok mobil belakang berisik berikutnya yaitu dengan memberikan peredam suara. Peredam suara terbuat dari berbagai material, salah satunya dari karet yang berlapis alumunium foil.

Ada juga yang terbuat dari bahan glasswool, bahkan ada juga yang terbuat dari aspal. Peredam suara bisa terpasang pada bagian penting. Misalnya pada bagian dasar mobil yang berfungsi untuk mengurangi suara berisik.

Mengatasi masalah pada setiap kendaraan wajib tahu dulu apa penyebabnya. Oleh karena itu, berikan perawatan yang sesuai pada setiap komponen kendaraan.

Jok mobil juga perlu pengecekan agar tetap nyaman setiap anda tumpangi. Jika timbul masalah pada bagian ini, seharusnya cari tahu penyebabnya terlebih dulu.

Jok belakang mobil bunyi bisa karena beberapa hal. Penanganan yang harus anda lakukan pun cukup bervariasi tergantung dari masalah yang ada. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Perawatan Sistem Kemudi Mobil, Mengurangi Resiko Kecelakaan