Juara di Kejurda Jabar, IMI Kabupaten Tasikmalaya Optimis di Porda 2022

IMI Kabupaten Tasikmalaya meraih juara umum di kejurda
IMI Kabupaten Tasikmalaya meraih juara umum Kejurda Jabar Open seri I 2020 memperebutkan Piala Menpora RI, yang di Sirkuit Gerymang subang. Foto : Istimewa

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- IMI Kabupaten Tasikmalaya optimis bakal meraih yang terbaik PORDA 2022, pada cabang olahraga balap motor roadrace.

Pasalnya, baru-baru ini, pembalap dari Kabupaten Tasikmalaya ini berhasil menyabet juara umum pada Kejurda Jabar Open seri I 2020. Kejurda balap motor tersebut memperebutkan Piala Menpora RI, di Sirkuit Gerymang subang.  

Kabupaten Tasikmalaya menurunkan 4 kelas wajib PORDA, yakni pada kelas 125 cc dan 150 cc perorangan serta beregu. Pembalap Tasikmalaya itu memborong 3 medali emas dan satu medali perunggu.

Korwil IMI Kabupaten Tasikmalaya, Cipto Supomo, mengatakan, dengan meraih juara umum, otomatis mendapat pengakuan sebagai tim yang percaya dengan kemampuan atlet binaan sendiri. “Dan mampu mengukir prestasi,” katanya, Senin (31/8/2020).

Berbicara prestasi atlet binaan, lanjut Cipto, selama menerapkan regulasi dan kebijakan berdasarkan kekuatan asli putra daerah, maka tidak perlu membeli atlet.

Menurutnya, IMI Kabupaten Tasikmalaya wajib memakai atlet daerah. Sebab, pihaknya meyakini Kabupaten Tasikmalaya mampu bersaing dengan daerah lainnya.

“Jangan sampai daerah lain mengambil atlet berprestasi atau kalah sama atlet yang datang dari luar Jawa Barat,” ucapnya.

Terkait pembinaan atlet, pihaknya mendapat fasilitasi KONI dan juga dukungan serta motivasi dari pembina IMI Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Saputra.

“Mereka tidak henti membantu membuat usulan dan terobosan-terobosan ke IMI Pemprov,” katanya.

Ketua KONI Kabupaten Tasikmalaya, Saeful Hidayat, menambahkan, pihaknya berkomitmen merekrut atlet putra daerah. Selain itu, KONI juga percaya diri bahwa atlet lokal mampu menopang prestasi pada berbagai even kejuaraan, termasuk PORDA mendatang.

Selain itu, KONI Tasikmalaya menyarankan ke KONI Jawa Barat, agar kabupaten/kota di Jawa Barat tidak berambisi dengan menghadirkan atlet dari luar Jabar.

“Kita ingin berkontribusi bagi Jawa Barat bisa tampil pada even nasional seperti PON dengan atlet asli Jabar,” tuturnya.

Menurut Saeful Hidayat, Pemkab Tasikmalaya juga sangat mendorong komitmen KONI untuk mengembangkan atlet sendiri. “Kami mendorong KONI Jabar untuk memperketat persyaratan hadirnya atlet dari luar Jawa Barat,” pungkasnya. (Apip/R5/HR-Online)

Loading...