Kawasaki z250 4 Silinder Usung Bodi Konvensional, Kapan Meluncur?

Kawasaki z250 4 silinder
Ilustrasi Kawasaki z250 4 silinder. Foto: Istimewa

Kawasaki z250 4 silinder dipertanyakan kapan kehadirannya. Hal ini dikarenakan PT Kawasaki Motor Indonesia telah meluncurkan Ninja 250 dengan 4 silinder. Dimana motor tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp 96 juta rupiah.

Motor Ninja 250 4 silinder ini juga dikenal dengan Ninja ZX-25R. Gaya sport fairing dari motor ini terlihat begitu jelas. Tampilannya pun menjadi lebih keren dan menarik. Tak heran jika motor ini berhasil menarik respon masyarakat sejak awal kemunculannya.

Baca Juga : Kawasaki Ninja ZX-25R Performanya Tangguh Setara Motor Gede 600 CC

Dengan diluncurkannya Ninja ZX-25R ini, kapan versi naked akan diluncurkan? Banyak orang terutama penggemar yang menantikan motor ini.

Benarkah versi naked atau Kawasaki z250 akan segera meluncur? Bagaimana dengan spesifikasi dan konfigurasi yang dibawa? Apakah sama dengan versi sebelumnya?

Kawasaki z250 4 Silinder, Ninja 250 Fairing Versi Naked

Motor pabrikan Kawasaki memang sudah tidak asing lagi di jalanan. Mengingat ada banyak motor yang telah diproduksi oleh Kawasaki. Termasuk Ninja 250 yang dibekali dengan kapasitas 4 silinder. Tidak jarang bagi Kawasaki untuk meluncurkan penyegaran.

Sehingga kemungkinan besar versi naked dari Ninja 250 akan segera diluncurkan. Dimana z250 dengan 4 silinder yang akan menjadi pembaruan. Rumor tentang peluncuran Kawasaki z250 4 silinder sudah tersebar luas. Bahkan Head Sales and Promotion PT KMI juga angkat bicara tentang adanya rumor tersebut.

Michael C. Tanadhi menyebutkan bahwa produk penyegaran ini telah diusulkan ke Kawasaki Heavy Industry. Namun produk yang disebutkan secara tidak langsung adalah Kawasaki z250. Namun untuk kedepannya belum dapat dipastikan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia.

Sejauh ini berbagai masukan dan usul telah diajukan kepada induk perusahaan atau mother company. Hal ini tentunya masih menjadi pertanyaan bagi masyarakat sebab belum ada kepastian. Indonesia sendiri memang selalu mengusulkan dan mengajukan model baru.

Baca Juga : Kawasaki Ninja ZX 25R Versi Balap Siap Saingi Honda CBR250RR

Perihal z250 dengan kapasitas 4 silinder pun tidak dibantah. Namun juga tidak dikonfirmasi sehingga masih menjadi pertanyaan. Seperti apa model baru yang diusulkan oleh PT KMI? Desain yang dimiliki terkesan konvensional. Sehingga tidak jauh beda dengan motor lain di eranya.

Dilihat dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa mesin yang diusung adalah 4 silinder inline DOHC. Kapasitas yang dimiliki yakni 249cc liquid cooled. Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 39,5 Tk dengan torsi maksimal 20,4Nm.

Disebutkan bahwa desain yang dimiliki tidak begitu eksotis dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tidak lain adalah ZX-25R yang dibalut dengan desain gagah dan eksotis. Meskipun begitu, tampilan Kawasaki z250 4 silinder juga tidak kalah menarik.

Bentuk tangki, bodi belakang, dan cover bagian samping dibuat halus dan melengkung. Tidak hanya itu saja, spion yang bulat dan jok bagian tengah dibuat tandem. Sehingga pengendara menjadi lebih mudah dan nyaman ketika berkendara.

Desain Kaki-Kaki Kawasaki z250 4 Silinder

Dari sektor kaki-kaki dapat dilihat desain yang berbeda dari generasi sebelumnya. Naked bike yang satu ini memiliki suspensi depan teleskopik.

Sedangkan generasi sebelumnya membawa upside down yang menarik. Kemudian beralih ke bagian belakang yang masih ditopang dengan dual suspension.

Namun kelebihannya adalah terdapat peredam kejut yang menggunakan sistem tabung. Artinya Kawasaki z250 4 silinder memiliki peredam kejut yang lebih baik.

Baca Juga : Fitur Kawasaki Ninja ZX-25R, Mesin 4 Silinder Dengan Desain Keren

Kelebihan tersebut menjadi keuntungan yang akan didapatkan oleh pengendara nantinya. Kebanyakan motor kekinian juga telah dibekali dengan fitur canggih, termasuk peredam kejut.

Kawasaki hanya akan merancang ulang desain untuk tampilan. Sehingga tidak hanya konvensional, tetapi juga elegan dan sporty. Bahkan untuk posisi berkendara juga di-remaked. Sehingga nantinya akan sangat menguntungkan para pengemudi.

Untuk bagian teknologi, Kawasaki akan mengambil dari generasi yang sebelumnya. Sebab untuk bagian teknologi, Kawasaki sudah menyiapkan teknologi mumpuni. Kawasaki sendiri sudah memiliki teknologi dan mesin andalan. Dari sektor platform memang mengambil dari basis Ninja 250 Fi.

Bagian mesinnya pun diperkirakan akan sama dengan ZX-25R. Namun terdapat kemungkinan jika output mesin akan disesuaikan dengan tampilan nakednya. Tidak sedikit orang yang ingin segera menggunakan motor ini.

Kepala Marketing Kawasaki menyebutkan bahwa orang yang ingin membeli Kawasaki z250 harus memesan terlebih dahulu. Sebab, Kawasaki z250 4 Silinder belum tersedia di dealer Indonesia. Lalu kapan naked bike ini akan meluncur di Indonesia?. (R10/HR-Online)

Loading...