HUT RI di Ciganjeng Pangandaran, Warga Keliling Kampung Usai Upacara

Keliling Kampung
Warga saat keliling kampung usai upacara. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Meski di tengah pandemi, peringatan HUT ke-75 RI di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang cukup meriah. Pasalnya, warga sekitar setelah upacara keliling kampung setempat.

Ano, salah satu tokoh masyarakat setempat mengatakan, di wilayahnya upacara Hari Kemerdekaan dilaksanakan hanya tingkat RT saja sebagaimana anjuran pemerintah.

Meski tidak seperti tahun sebelumnya, namun warga tetap antusias dan kegiatan tahunan tersebut berlangsung khidmat.

“Pada intinya peringatan hari merdekanya Indonesia ini menjadi ajang untuk mengenang para jasa para pahlawan serta mendoakan para pejuang republik ini,” kata Ano kepada HR Online, Senin (17/8/2020).

Baca juga: Ratusan Meter Nasi Liwet Dihidangkan Meriahkan HUT RI di Pangandaran

Setelah upacara, kata Ano, warga di tiap RT berkeliling kampung sekitar. Peserta yang ikut dengan penuh semangat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bambu runcing yang menjadi simbol perjuangan serta umbul-umbul dan bendera yang dibawa mereka menambah meriah suasana HUR ke-75 RI di Ciganjeng.

“Pasca berkeliling, warga menggelar syukuran dengan memakan nasi tumpeng bersama-sama. Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati kemerdekaan yang dulu diperjuangkan para pahlawan,” pungkasnya. (Entang/R6/HR-Online)