Kemeriahan HUT RI di Ciamis, Warga Gerakan Cuci Bendera Bersama

Kemeriahan HUT RI di Ciamis
warga Kelurahan Ciamis, Lingkungan Janggala RT 03 RW 05 menggelar tradisi cuci bendera merah putih Jumat (14/08/2020) siang. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kemeriahan HUT RI di Ciamis tetap digelar warga meski dalam kondisi Pandemi. Seperti yang dilakukan warga Kelurahan Ciamis, Lingkungan Janggala RT 03 RW 05 menggelar tradisi cuci bendera merah putih Jumat (14/08/2020) siang.

Kegiatan yang menjadi tradisi setiap tahun ini diikuti oleh ibu-ibu dan anak-anak serta para remaja. Kegiatan ini cukup meriah dan dilaksanakan penuh antusias oleh warga.

“Kegiatan ini selalu dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 75. Filosofi mencuci bendera bersama ini bentuk gotong-royong warga yang masih terus dilestarikan,”t erang tedi Setiadi seorang masyarakat Janggala di lokasi kegiatan. 

Tedi menyampaikan, selain gotong-royong juga ingin mengajarkan kepada anak anak makna dari kebersihan di tengah Pandemi Covid-19. Kemeriahan HUT RI di Ciamis terutama di Janggala tetap berlangsung, tapi dengan menjalankan protokol kesehatan. 

“Sengaja kami selenggarakan kegiatan ini dengan anak – anak. Untuk memberikan contoh kebersihan dari sejak dini,” ucapnya.

Baca Juga : Gara-gara Corona, Pedagang Bendera di Ciamis Sepi Pembeli 

Selain itu juga, anak-anak dilingkungan Janggala di ajarkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini. Rasa cinta tanah air dapat tertanam sampai dewasa dan bisa berbakti untuk negeri di masa depan. 

“Sebelum mencuci bendera ada sebuah kebiasaan untuk menyanyikan terlebih dahulu. Untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan 17 Agustus,” tandasnya. 

Setelah di cuci kata tedi, bendera tersebut akan dikibarkan di depan rumah masing-masih warga. Pantauan HR Online dilokasi, puluhan anak, remaja dan ibu-ibu berjalan di jalan KIP yang diberi nama Gang Warga.

Dari mulai ujung Gang masyarakat menyanyikan lagu Indonesia raya dengan membentangkan bendera merah putih yang akan di cuci bersama. Diketahui, Kemeriahan HUT RI di Ciamis saat masa pandemi Covid-19 boleh dilakukan oleh Pemkab setempat. Asalkan warga dan panitia tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. (Fahmi/R9/HROnline)

Loading...