Kesbangpol Banjar Dorong Kampung Cahaya Juara BBGRM Tingkat Provinsi

Kesbangpol Banjar Dorong Kampung Cahaya Juara BBGRM Tingkat Provinsi
Kampung Cahaya di Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar. Foto:Istimewa

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), mendukung penuh Kampung Cahaya di Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, untuk mengikuti Lomba BBGRM (Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat) tingkat Provinsi Jabar.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kesbangpol Kota Banjar, H Sahudi, melalui, Kabid. PMD, Yudi Permadi, kepada Koran HR, Sabtu (01/08/2020).

“Tentu kami apresiasi dan ikut mendorong Kampung Cahaya ini menjadi juara di tingkat provinsi pada saat penilaian nanti tanggal 6 Agustus mendatang,” kata Yudi Permadi.

Sebelum maju mengikuti Lomba BBGRM tingkat provinsi, lanjut Yudi, Kampung Cahaya di Kelurahan Situbatu sudah melalui seleksi ketat pada saat penilaian Lomba BBGRM tingkat Kota Banjar.

Kebetulan pada saat penilaian tingkat Kota Banjar, Kampung Cahaya Kelurahan Situbatu keluar sebagai pemenangnya. Sehingga, dipilih mewakili Kota Banjar untuk mengikuti perlombaan di tingkat provinsi.

“Sebelumnya sudah kami lakukan seleksi tingkat Kota Banjar. Jadi kami berharap nanti bisa menjadi juara di tingkat regional,” ujarnya.

Yudi juga mengatakan, lomba tersebut bertujuan untuk membudayakan gotong-royong sebagai nilai luhur bangsa Indonesia, dan harus terus dilestarikan sebagai antisipasi dampak modernisasi.

Selain itu, pada momen Bulan Bakti kali ini sebagai upaya menggelorakan semangat gotong-royong dan peran serta masyarakat berlandaskan keswadayaan.

Kampung Cahaya Kelurahan Situbatu

Diberitakan sebelumnya, dalam rangka memeriahkan gebyar Kemerdekaan RI ke-75, warga di Lingkungan Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, menciptakan Kampung Cahaya. Warga setempat menghiasi jalan lingkungan dengan replika menara dan ribuan lampu hias.

Lurah Situbatu, Budi Kuswandani, mengatakan, pihaknya menyambut positif kreatifitas yang dilakukan oleh warganya dalam menyambut HUT RI ke-75 tahun ini.

Menurutnya, pihak pemerintah kelurahan tetap berusaha mengajak warga untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam menyambut, sekaligus memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Rencananya, Kampung Cahaya ini akan diikutkan dalam lomba pelaksana terbaik Bulan Bhakti Gotong Royong Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang akan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2020 mendatang.

Dalam perlombaan tingkat provinsi itu, nantinya Kelurahan Situbatu akan mewakili Kota Banjar bersaing dengan empat kota yang ada di Jawa Barat, yakni Kota Sukabumi, Cimahi, dan Kota Bandung.

“Untuk tempat penilaiannya nanti di Aula Kelurahan Situbatu. Do’akan saja semoga kami mendapatkan prestasi terbaik di tingkat provinsi,” harap Budi. (Muhlisin/Koran HR)

Loading...