Kuliah Daring Dianggap Kurang Efektif, Ini Tanggapan PT di Kota Banjar

Kuliah daring saat pandemi. Foto: Ilustrasi/Net.
Kuliah daring saat pandemi. Foto: Ilustrasi/Net.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Kuliah daring dianggap kurang efektif oleh sebagian mahasiswa ditanggapi STISIP Bina Butera sebagia salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Kota Banjar, Jawa Barat.

Pihak kampus tersebut masih melakukan kuliah secara daring karena merujuk pada peraturan pemerintah. Di masa pandemi ini PT harus melakukan perkuliahan daring (online).

Hal itu dikatakan Wakil Ketua 1 Bidang Akademik STISIP Bina Putra Kota Banjar, Yogi Sugiarto Maulana, kepada HR Online, terkait adanya keluhan sejumlah mahasiswa soal kuliah daring.

“Itu merupakan kebijakan pemerintah mengenai kegiatan kampus, dan kampus tetap merujuk pada peraturan pemerintah di bawah Kemendikbud. Yaitu, untuk perguruan tinggi harus melakukan perkuliahan secara online. Jangan ada tatap muka secara langsung,” terangnya, Senin (17/08/2020).

Ia juga mengatakan, kuliah daring saat pandemi ini, pihaknya menggunakan aplikasi Zoom dan Google Class Room. Melalui aplikasi tersebut selain mengirim materi pembelajaran, tenaga pengajar dan mahasiswanya pun bisa melakukan diskusi.

“Jadi ada materi yang tidak cukup hanya dijelaskan dengan tulisan, ada juga yang dijelaskan melalui video. Makanya kita menggunakan aplikasi Zoom,” terangnya lagi.

Baca Juga : Mahasiswa PT di Kota Banjar Anggap Kuliah Online Kurang Efektif

Yogi menambahkan, jika ada mahasiswa yang tidak mempunyai handphone atau laptop, maupun terkendala jaringan internet, mereka tetap mengikuti perkuliahan daring. Mereka bisa ikut dengan temannya yang mempunyai fasilitas tersebut. Jadi, mahasiswa tidak diwajibkan memiliki laptop atau handphone.

Diakui Yogi, kampus memang tidak memberikan fasilitas untuk pembelajaran daring karena STISIP BP berstatus swasta. Yang mana untuk operasional kampus juga mengandalkan dari SPP mahasiswa.

Kuliah Daring saat Pandemi, Mahasiswa Harus Lebih Kreatif

Ia juga berpesan kepada mahasiswa STISIP BP Kota Banjar, di masa pandemi Covid-19 ini jangan menjadi tidak produktif. Dalam perkuliahan secara online, mahasiswa jangan hanya mengandalkan materi dari dosen, tetapi mereka harus lebih kreatif lagi mencari ilmu di luar.

Sementara itu, mengenai jadwal perkuliahan, di STISIP BP Kota Banjar akan dilakukan tanggal 7 September 2020. Namun, pihaknya belum bisa membuat keputusan mengenai proses pembelajarannya. Apakah tetap akan dilakukan kuliah daring atau tatap mula langsung.

“Kami masih menunggu arahan dari Kemendikbud. Tentu harapan ke depannya kita belajar seperti biasa lagi, yaitu belajar langsung bertatap muka,” pungakas Yogi. (Aji/R3/HR-Online)