Lampu Indikator Injeksi Berkedip, Pertanda Adanya Kerusakan

Lampu Indikator Injeksi Berkedip, Pertanda Adanya Kerusakan
Ilustrasi Lampu Indikator Injeksi Berkedip. Foto: Istimewa

Lampu indikator injeksi berkedip bisa berarti memberikan pertanda jika adanya kerusakan. Di era yang serba maju saat ini, banyak perkembangan di dunia otomotif.

Teknologi injeksilah yang kini banyak diusung oleh beberapa pabrik dalam pembuatan kendaraan roda 2 ini. Hal ini beralasan karena motor injeksi memiliki keunggulan di bidang suplai bahan bakar, emisi, hingga performanya.

Merawat motor injeksi pun bisa dikatakan lebih mudah. Dikatakan lebih mudah dikarenakan setiap pemilik motor injeksi bisa mengetahui gejala kerusakan yang terjadi.

Baca Juga : Lampu Mobil Mati Sebelah, Jangan Panik Segera Periksa Kerusakan

Salah satu yang berbeda pada motor injeksi yaitu dapat dilihat kerusakan yang timbul hanya dengan kedipan lampu Malfunction Indicator Light (MIL). Lampu ini berada di bagian pada speedometernya.

Sehingga jika timbul gejala kerusakan pada motor injeksi, lampu indikator injeksi berkedip sebagai respon atau pertanda. Lampu MIL berguna untuk mendeteksi terjadinya kerusakan motor pada sistem injeksi.

Sehingga jika lampu indikator berkedip, bisa dikatakan jika ada salah satu komponen motor perlu perbaikan. Lampu MIL akan berkedip dengan sandi jika kendaraan terjadi masalah pada sensor injeksinya.

Kedipan lampu ini memberikan tanda saat kontak diputar sebelum mesin dipanaskan. Bagi anda pemilik motor injeksi, bisa pahami arti kedipan pada lampu MIL.

Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Kedipan lampu injeksi pada kendaraan bisa memberikan isyarat terjadinya kerusakan. Jika saat kunci kontak diputar sebelum mesin dipanaskan dan pada kedipan pertama langsung mati, bertanda masih aman.

Namun, jika kedipan berulang-ulang, itu bertanda ada kerusakan pada kendaraan anda. Setiap kedipan lampu indikator motor injeksi memiliki arti masing-masing.

Baca Juga : Mobil Tidak Bisa Distarter Bukan Hanya Karena Kondisi Aki Bermasalah

Padahal bengkel motor pada umumnya tidak bisa mendeteksi masalah yang terjadi pada injeksi. Masalah pada sektor injeksi hanya bisa ditangani alat pendeteksi scan menggunakan laptop atau PC tertentu.

Lampu MIL dalam kondisi normal akan berkedip beberapa detik saat kunci kontak ON, kemudian mati. Jika lampu indikator berkedip beberapa saat secara terus-menerus, tandanya beda.

Hal ini memberikan pertanda bahwa adanya kerusakan pada sistem kelistrikan. Jadi, jangan sepelakan jika lampu indikator injeksi berkedip tidak sewajarnya.

Lampu MIL (Malfunction Indicator Light) Berkedip Tanda Kerusakan

Lampu MIL berkedip dengan interval waktu tertentu mampu memberikan pertanda terjadinya kerusakan pada sensor mesin. Pada umumnya lampu ini menyala dengan interval waktu.

Dimana dengan kode kerusakan yang berbeda-beda. Setiap hitungan kedipan memberitahukan jika kerusakan terjadi di masing-masing komponen. Setiap kode interval berbeda, kerusakannya juga tidak sama.

Kerusakan tersebut sifatnya bisa terjadi kerusakan bisa juga karena kabel sensor terlepas. Oleh sebab itu, sebaiknya perlu menghafal kode yang ada. Kode interval pada lampu indikator injeksi berkedip ada yang panjang, pendek, atau cepat.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Keluar Biaya Sedikitpun

Sebelum membawa ke bengkel otomotif, tidak ada salahnya mencari tahu apa yang rusak dari sistem injeksi. Datang pada bengkel mekanik dan akan dilakukan pengecekan perbaikan kerusakan.

Bahkan jika hanya terjadi kabel yang putus, anda tinggal reset kembali untuk normalisasi sistem. Berbeda dengan lampu MIL mati, bisa dijadikan pertanda bahwa kendaraan bermasalah pada sistem injeksinya.

Meski sudah dilakukan perbaikan belum normal seperti biasa, pertanda perlu dilakukan reset ECU. Perlu anda ketahui jika lampu indikator bermasalah bisa menimbulkan kedipan yang berbeda-beda tergantung kerusakan yang ada.

Kode Kerusakan Lampu Indikator

Lampu indikator injeksi berkedip pertanda kerusakan yang terjadi. Setiap kerusakan memiliki kedipan atau interval waktu yang tidak sama.

Pada umumnya lampu indikator berkedip dengan jumlah yang berbeda memberikan pertanda kerusakan pada masing-masing komponen. Ada beberapa kode yang bisa diketahui sebagai tanda kerusakan, diantaranya:

Kode 12 kedipan 1 detik 1 kali dan menyala 1/2 detik 2 kali pertanda kerusakan pada bagian crankshaft position sensor. Kode 13 kedipan 1 kali dan menyala 1/2 detik 3 kali pertanda kerusakan pada intake air pressure sensor.

Baca Juga : Kaca Mobil Belang, Bisa Dikarenakan Jamur yang Menempel

Lalu kode 14 kedipan 1 detik 1 kali dan menyala 4 kali pertanda kerusakan pada saluran intake air pressure sensor. Kode 16 kedipan 1 detik 1 kali dan menyala 6 kali pertanda kerusakan throttle position sensor macet.

Selanjutnya, kode 21 kedipan 1 detik 2 kali dan menyala 1 kali pertanda kerusakan pada coolant temperature sensor dan masih ada beberapa kode kerusakan yang lainnya.

Lampu indikator injeksi berkedip memiliki kode kerusakan sendiri-sendiri. Sebaiknya anda hafalkan agar bisa mengatasi kerusakan yang ada. (R10/HR-Online)

Loading...