Lampu Mobil Mati Sebelah, Jangan Panik Segera Periksa Kerusakan

Lampu Mobil Mati Sebelah Jangan Panik Segera Periksa Kerusakan yang Terjadi
Ilustrasi lampu mobil mati sebelah. Foto: istimewa

Lampu mobil mati sebelah mampu mempengaruhi keselamatan saat berkendara. Lampu adalah komponen penting yang ada pada mobil, namun jarang diperhatikan .

Padahal lampu mobil memiliki peranan yang penting saat berkendara. Lampu mobil terdiri dari beberapa bagian, diantaranya lampu depan, belakang, dan lampu yang terdapat pada kabin.

Sebaiknya mulai dari saat ini selalu periksa keberadaannya dan rawat secara rutin. Lampu mobil memiliki fungsi yang penting saat berkendara di malam hari atau di saat hujan.

Lampu mobil tidak berfungsi dapat mengakibatkan resiko yang membahayakan. Bisa terkena tilang atau bahkan terjadi kecelakaan karena pandangan kurang jelas.

Saat lampu mobil mati sebelah pun juga tidak bisa diremehkan. Terjadinya lampu mati bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui apa penyebabnya agar cara mengatasinya tepat.

Lampu Mobil Mati Sebelah pada Headlamp

Lampu mobil baik bagian belakang maupun depan merupakan bagian penting saat berkendara di malam hari. Selain itu, lampu yang ada pada mobil juga berperan saat berkendara dalam keadaan cuaca buruk sekalipun.

Baca Juga : Cara Pasang Relay Lampu Mobil dengan 2 Teknik Pilihan

Lampu mobil terdiri dari beberapa bagian dan semuanya memiliki peranannya masing-masing. Lampu utama, lampu rem, dan lampu sein sering terjadi kerusakan sehingga perlu ditangani dengan serius.

Hal ini bertujuan agar lampu tersebut segera berfungsi sebagaimana mestinya. Lampu mobil mati sebelah pada bagian depan mengakibatkan kenyamanan saat berkendara kurang maksimal.

Agar anda bisa mengetahui apa penyebabnya, alangkah baiknya jika segera periksa apa masalah yang terjadi. Berikut ini ada beberapa penyebab lampu bagian depan mati sebelah.

Sekring Putus

Lampu pada mobil berkesinambungan sehingga memiliki peranan yang saling bergantung. Namun jika lampu depan mati sebelah, penyebab pertama yaitu sekring putus.

Baca Juga : Fungsi Blok Silinder Mobil, Tidak Hanya Sebagai Naik Turunnya Piston

Sekring lampu mobil bagian depan biasanya terletak di bagian bawah atau dekat setir mobil. Bentuknya mirip gigi atau dua jari, sebaiknya anda cek kondisinya.

Saat lampu bermasalah, sekring adalah hal pertama yang harus dilihat. Jika dicek dan itu yang terjadi, segera perbaiki dengan pasang lilitan dua helai serabut logam dari kabel ke kedua terminal.

Pasang sekring dengan tepat dan cek apakah sudah berfungsi atau belum. Namun, jika sekring rusak parah, anda bisa ganti dengan yang baru.

Masalah pada Bohlam Lampu

Penyebab lampu mobil mati sebelah yaitu kondisi lampu itu sendiri. Jika satu saja lampu mati, dipastikan terjadi kesalahan pada bohlamnya. Cara mengganti bohlam mobil yaitu pastikan lampu dalam kondisi off.

Bagi anda yang menggunakan bohlam lampu bahan mika, tingkat keawetannya memang kurang. Hal ini dipengaruhi karena bahan mika atau plastik tidak cocok berada di suhu yang panas.

Sehingga terjadinya retak atau pecah kemungkinan besar bisa terjadi. Jika hal ini anda alami, cara untuk mengatasinya yaitu dengan sering merawat dan membersihkannya.

Pemasangan yang Salah

Pemasangan lampu mobil bagian depan yang salah juga bisa mengakibatkan lampu mobil mati sebelah. Saat pemasangan lampu bohlam mobil, sebaiknya lebih hati-hati dan teliti.

Sebab, lampu tersebut dapat ditempeli kotoran, debu, hingga lemak. Sehingga saat lampu menyala, akan terlihat redup dan tidak menyebar secara merata.

Baca Juga : AC Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya untuk Penanganan Lebih Tepat

Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka lampu depan bisa berujung pada kerusakan mati sebelah atau semuanya. Pastikan kondisi lampu mobil anda selalu bersih dan terhindar dari berbagai macam masalah.

Kondisi Kabel atau Relay

Penyebab lampu depan mati bisa dikarenakan kondisi kabel atau relay. Untuk dapat dipastikan, segera cek kondisinya untuk bisa mengatasi dengan tepat.

Relay merupakan penghubung antara kabel lampu dengan kabel listrik. Jika anda kurang tahu, bisa bawa langsung mobil anda pada bengkel otomotif berpengalaman.

Jika dalam keadaan darurat, segera cabut relay dan pakailah kabel tersebut untuk menyambungkan antara sumber listrik dengan lampu.

Banyak masalah yang sering terjadi pada lampu mobil, baik itu bagian depan dan lainnya. Setiap masalah yang ada pastinya memiliki solusi  yang tepat.

Sehingga anda tidak perlu bingung ketika lampu mobil mati sebelah, baik lampu depan atau yang lainnya. Jika anda bisa atasi, segera bongkar dan cari penyebabnya. (R10/HR-Online)

Loading...