Laptop Dynabook Portégé X30L-G, Teringan di Dunia Bersertifikasi Militer

laptop Dynabook Portégé X30L-G
Laptop Dynabook Portégé X30L-G. Foto : cnet

Laptop Dynabook Portégé X30L-G merupakan salah satu laptop produk Sharp yang bisa diandalkan oleh para pebisnis. Sebab, laptop ini memiliki ukuran atau bobot yang ringan, sehingga nyaman untuk dibawa ke mana saja.

Dynabook sendiri sebelumnya merupakan produk dari divisi laptop Toshiba yaitu sejak tahun 1958. Namun, sejak 2018 bisnis PC atau laptop diambil alih oleh Sharp.

Laptop bisnis premium besutan Dynabook tersebut, sengaja dirancang dengan mengutamakan portabilitas yang mengandalkan berbagai fitur-fitur.

Meski kelas bisnis namun fiturnya ini sudah mengalami peningkatan, seperti sektor keamanan terupadate, performa tangguh, dan lain sebagainya.

Spesifikasi Laptop Dynabook Portégé X30L-G

Bahkan, Dynabook Portégé X30L-G ini sudah meraih sertifikat MIL-STD-810G  yang artinya lolos dari standar uji militer.

Sehingga, meski laptop ini ringan, namun karena sudah diuji militer seperti tes tahan debu, kelembapan, temperatur dan tes jatuh, maka membuktikan ketangguhannya.

Layar Dan Bobot Laptop

Untuk ukuran layar dari Dynabook Portégé X30L-G ini adalah 13 inci IGZO FHD LCD besutan dari Sharp. Tingkat kecerahan layarnya sampai 470 nit, dan diklaim lebih hemat daya daripada layar LCD sejenisnya.

Layarnya ini mampu meraih resolusi 1920 x 1080 piksel atau Full HD, yang sudah diberi pelindung atau Anti-Glare.

Baca Juga : Acer Aspire 5 Magical Color Hadir Desain Tipis dan Ringan

Panel jenis tersebut dipercaya lebih hemat daya yang menjadikan baterai dari laptop Dynabook Portégé X30L-G dapat bertahan sampai 14,5 jam.

Sementara untuk beratnya hanya 870 gram, dan diklaim pihak perusahaan menjadikan laptop Dynabook ini sebagai yang teringan di dunia. Untuk dimensinya mencapai 308.8 x 211.6 x 17.9 mm.

Dapur Pacu

Di sektor performa, dapur pacu Dynabook Portégé X30L-G ini sipersenjatai prosesor Intel Core yang merupakan generasi ke-10.

Meski beberapa pabrikan laptop mulai menggunakan otak dari AMD Ryzen yang saat ini semakin banyak penggemarnya, namun Dynabook keukeuh memakai Intel saja.

Sebagai tandem dari prosesornya itu, maka bisa memilih penyimpanan SSD, seperti PCIe atau SATA. Bahkan, mendukung juga teknologi Intel Optane, yang bisa memperlancar segala pekerjaan dengan menggunakan laptop ini.

Prosesor Intel Core Gen 10 yang dipasang antara lain mulai dari Core i5 Quad Core vPRO sampai Core i7 6 Cores vPRO.

Sementara sebagai pendukung performa dari laptop Dynabook Portégé X30L-G, dipasang juga RAM atau memori 8 GB Onboard tipe SDRAM DDR4 kecepatan 2666MHz. Memorinya itu bisa diperbesar sampai 24GB (Onboard + 1 free slot).

Baca Juga : ProArt StudioBook Pro 17 Desain Tipis Performa Profesional

Kemudian untuk penyimpanan internat atau hardisk berkapasitas mulai dari 256 GB, 512 GB sampai paling besar 1 TB. Plus VGA Intel UHD Graphics 620.

Pada sektir baterai memiliki tipe 4-cell Lithium Ion Polymer, yang diklaim bisa bertahan sampai 14.5 jam lamanya.

Selain itu, didukung juga sistem pengisian daya yang telah mengadopsi fitur Quick Charge. Sehingga, bisa menghasilkan daya baterai 4 jam untuk mengisi dalam waktu hanya 30 menit.

Konektivitas

Spesifikasi laptop Dynabook Portégé X30L-G lainnya, bagian konektivitas tersedia USB Type-C, yang bisa digunakan untuk mengisi daya laptop. Selain itu, berfungsi untuk mentransfer data dengan menggunakan satu sambungan dan juga bisa menyambungkan layar.

Konektivitas lainnya, laptop Portégé X30L-G juga sudah dibekali USB-C dock, 2 port USB 3.0 serta port HDMI.

Untuk memuluskan konektivitas jaringan, laptop Portégé X30L-G sudah mendukung Wi-Fi dengan teknologi termutakhir besutan Intel 802.11ax, atau disebut Wi-Fi 6.

Baca Juga : Asus ROG Zephyrus S17, Laptop Gaming Ramping Performa Handal

Selain itu, tersedia juga Bluetooth versi 5.0, yang bisa mempercepat dalam peningkatan bandwidth. Sedangkan konektivitas jaringan lewat kabel, laptop Dynabook Portégé X30L-G sudah menyediakan port LAN besutan Gigabit.

Untuk mendengarkan musik selain lewat speaker Stereo speakers DTS Sound, bisa juga lewat handphone atau Microphone Combo. Laptop ini juga menyediakan slot microSD Card Reader.

Keamanan Laptop Dynabook Portégé X30L-G

Laptop Dynabook ini merupakan perangkat yang mengutamakan dari sisi keamanan. Selain itu, tersedia juga pilihan pengaturan yang bisa disesuaikan dengan keperluan dalam hal keamanan data.

Sistem keamanan tersebut yaitu berupa otentifikasi biometrik yang suport terhadap pemindaian wajah serta sidik jari, lewat fitur Intel Authenticate dan Windows Hello.

Bukan hanya itu, laptop Dynabook ini pun sudah mendukung fitur keamanan lainnya, seperti Dynabook’s BIOS serta Trusted Platform Module 2.0 yang dibuat secara eksklusif.

Sementara untuk sistem operasi windows mengoperasikan OS Windows versi 10 Professional (64-bit).

Laptop Dynabook Portégé X30L-G yang mulai masuk di pasar Indonesia Agustus ini, dibanderol Rp 27 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Baca Juga : Laptop Gaming Redmi G Desain Tipis Performa Handal Untuk Game