Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Penyebab dan Cara Mengatasi

Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian, Penyebab dan Cara Mengatasi
Ilustrasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian. Foto: Istimewa

Layar hp tidak dapat disentuh sebagian, terutama pada ponsel yang berbasis Android, memang bisa berbagai macam penyebabnya. LCD merupakan salah satu bagian penting dari sebuah ponsel yang rawan dan juga mudah rusak.

Meskipun saat ini teknologi ponsel sudah ada dukungan berbagai macam jenis proteksi layar, namun kerusakan tetap mungkin terjadi.

Akan tetapi, selama hp masih dapat berfungsi dengan baik (meskipun retak) akibat jatuh, jangan terburu-buru untuk mengganti touchscreen Android. Hal ini karena berbagai faktor penyebab yang membuat layar hp menjadi eror.

Penyebab Layar HP Tidak Dapat Disentuh Sebagian

Mungkin anda pernah mengalami sebuah kejadian layar hp tidak dapat respon sebagian? Padahal dari beberapa bagian masih dapat berfungsi dengan baik.

Penyebab terjadinya masalah tersebut dapat datang dari berbagai faktor. Bisa jadi hardware dalam hp ataupun bagian softwarenya.

Baca Juga : HP Sering Mati Sendiri, Cek Dulu Penyebab Kerusakan yang Terjadi

Maka dari itu, anda perlu melakukan sebuah analisa apa penyebab terjadinya layar hp yang tiba-tiba eror. Terdapat beberapa penyebab dari gejala sebuah layar yang tidak dapat berfungsi sebagian.

Seperti halnya layar yang sering bergerak-gerak. Dapat pula titik gerakan atau respon layar berbeda dengan titik yang telah kita sentuh. Ataupun respon hp sangat lambat dan juga sering salah titik.

Sering menggonta-ganti charger atau menggunakan charger bukan bawaan juga dapat menjadi penyebab terjadinya layar eror. Hal ini karena dengan menggunakan charger murahan, arus listrik yang masuk seringkali tidak stabil sehingga layar menjadi panas.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Dapat Respon Sebagian

Berikut merupakan beberapa cara mengatasi layar hp tidak dapat respon sebagian.

Restart Ponsel

Langkah yang paling sederhana untuk mengatasi layar hp tidak dapat disentuh sebagian adalah dengan merestart. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan matikan ponsel dan tunggu hingga 30 detik.

Baca Juga : Penyebab Baterai HP Bocor, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

Setelah itu, anda dapat menghidupkannya kembali. Prosedur tersebut merupakan sebuah siklus daya. Hal ini dapat menghapus semua bug atau gangguan yang telah terjadi pada sistem operasi.

Dalam kebanyakan kasus, langkah yang satu ini mampu menyelesaikan masalah yang terjadi pada sebagian layar. Tujuan lain dari langkah ini adalah untuk mendinginkan perangkat Android. Sebab terkadang permukaan layar pada ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik ketika ponsel berjalan terlalu panas.

Mengaktifkan Menu Pointer Location

Langkah lainnya yang perlu anda lakukan jika layar hp tidak dapat disentuh sebagian adalah dengan mengetahui sebagian touchscreen yang mati. Apakah memang benar-benar rusak atau hanya kurang sensitif saja.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Android

Maka dari itu, mengaktifkan pointer location merupakan hal yang paling tepat. Langkah pertama adalah dengan masuk ke dalam menu. Setelah itu, secara otomatis akan muncul sebuah tombol Build Number.

Perlu anda ketahui bahwa beda merek ponsel, maka akan berbeda juga cara yang harus anda lakukan. Apabila menu Developer Option sudah muncul, maka silahkan untuk menekan pointer location. Selanjutnya adalah mengklik dan mengaktifkannya.

Jika touchscreen hp anda baik, maka akan muncul sebuah garis-garis. Akan tetapi jika tidak, menandakan bahwa touchscreen anda memang benar-benar rusak.

Pijat Layar

Jika layar hp tidak dapat disentuh sebagian akibat sering terjatuh, maka cara ini sangat wajib untuk anda coba. Memijat atau menekan layar hp berfungsi untuk dapat mengencangkan dari bagian layar hp yang mungkin sudah longgar karena sering terjun.

Baca Juga : Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Ponsel dengan Mudah

Caranya pun cukup mudah. Langkah pertama adalah dengan menekan bagian layar dan juga casing. Setelah itu, gunakan ibu jari untuk menekan pada bagian layar yang tiba-tiba eror.

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan jari telunjuk. Gunakan jari telunjuk untuk menekan casing bagian belakang hp.

Mengecek Posisi LCD

Jika sebelumnya ponsel milik anda mengalami masalah karena terjatuh, maka segera cek posisi LCD. Namun, jika takut membuka LCD sendiri karena tidak memiliki pengalaman, anda dapat membawanya ke servis hp.

Karena penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian ini memang sangat beragam. Dengan adanya permasalahan seperti ini, maka anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan hp. Jangan sampai hp yang anda miliki mudah rusak akibat tidak mengetahui cara penggunaan yang baik. (R10/HR-Online)