Unik, Lomba Ngaliwet di Tasikmalaya Berhadiah Kambing

Lomba Ngaliwet di Tasikmalaya
Pemenang lomba Ngaliwet di Kabupaten Tasikmalaya. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Berbagai lomba digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75. Salah satunya lomba ngaliwet di Tasikmalaya yang dilaksanakan pada Rabu (19/8/2020).

Lomba Ngaliwet atau lomba memasak nasi liwet yang digelar di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya ini berhadiah satu ekor kambing.

Rita salah seorang peserta mengatakan, juri yang menilai lomba Ngaliwet ini adalah tim kesehatan Kecamatan Sariwangi.

“Kriteria penilaian itu salah satunya liwetnya termasuk dengan lauk pauk dan sayurannya dari petani lokal,” kata Rita.

Menurutnya, lomba Ngaliwet ini merupakan hasil swadaya masyarakat, karena itu hadiahnya pun berasal dari masyarakat.

“Kegiatan lomba nasi liwet ini murni swadaya masyarakat. Lomba ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75 tahun 2020,” katanya.

Tujuan lain lomba Ngaliwet di Tasikmalaya ini, kata Rita, adalah ingin menunjukkan kebersamaan warga di Desa Sukamulih.

“Sikap kebersamaan ini yang menjadi salah satu bukti bahwa warga masyarakat di Desa Sukamulih hidup rukun berdampingan,” ujarnya.

Sementara itu, Icha, ketua tim pemenang juara 1 perlombaan nasi liwet mengungkapkan rasa syukurnya karena meraih juara pertama, sekaligus mendapat hadiah satu ekor kambing.

“Alhmdulilah saya memenangkan satu ekor kambing. Kambing ini untuk tim yang sudah kompak memasak nasi liwet,” kata Icha.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk terus dijaga dan diagendakan rutin, guna menjaga silaturahmi antar warga masyarakat, dan sebagai bukti semangat kemerdekaan.

“Mudah-mudahan tahun depan lomba seperti ini bisa dilaksakan, bahkan lebih banyak lagi pesertanya,” harapnya. (Apip/R7/HR-Online)