Lupa Pola HP Samsung, Beginilah Cara Mengatasinya

Lupa Pola HP Samsung
Ilustrasi Lupa Pola HP Samsung, Foto: Istimewa

Lupa pola HP Samsung tentu saja akan menjadi hal yang sangat merepotkan. Pasalnya, kita tidak dapat menggunakan HP Samsung tersebut sebagaimanamestinya.

Pada dasarnya, menggunakan pola atau password pada HP kita itu merupakan perkara yang cukup penting. Terutama bagi anda yang sering sekali ceroboh meninggalkan HP di sembarang tempat.

Dengan menggunakan pola ini, maka HP kita akan terasa lebih aman dari tangan-tangan orang jahil. Selain itu, dengan menggunakan pola atau password, HP kita juga tidak dapat dibuka oleh orang yang tak berkepentingan.

Cara Mengatasi Lupa Pola HP Samsung

Berbicara soal HP Samsung, tentu saja kita akan mendapatkan berbagai macam spesifikasi yang keren dan juga canggih. Tak terkecuali dengan fitur keamanan yang disematkan.

Baca juga: HP Samsung 5G Spesifikasi Lengkap Pilihan Terbaik di 2020

HP Samsung sendiri memiliki fitur keamanan yang membantu setiap pemiliknya untuk menjaga privasi mereka. Anda dapat menggunakan sandi, PIN, hingga pola untuk memprivasi HP Samsung tersebut.

Namun, apa jadinya bila kita sendiri lupa dengan pola yang telah dibuat. Tentu saja akan membuat panik dan khawatir HP tidak dapat digunakan kembali.

Tenang saja, terdapat beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuka HP meskipun lupa pola. Simak cara mudahnya berikut ini!

Menggunakan Web Samsung Find My Mobile

Cara mengatasi lupa pola HP Samsung pertama kali yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan web Samsung Find My Mobile. Cara yang satu ini merupakan cara paling mudah untuk anda coba.

Bahkan, anda dapat membuka pola HP Samsung kembali hanya dalam waktu tidak sampai lima menit. Bila perangkat terhubung dengan akun Samsung, maka anda juga bisa menggunakan langkah lain dari cara ini.

Pertama, anda terlebih dahulu untuk mengunjungi laman website Samsung Find My Mobile. Anda dapat membukanya melalui browser anda melalui ponsel maupun PC atau laptop.

Setelah halaman website Samsung Find My Mobile sudah terbuka, silahkan klik tombol “Sign In”. Setelah itu, silahkan login dengan menggunakan akun yang terhubung pada HP Samsung anda.

Baca juga: Cek Keaslian Samsung, dari Tampilan Luar Hingga Nomor IMEI

Langkah selanjutnya untuk mengatasi lupa pola HP Samsung dengan cara ini yaitu bila berhasil masuk, anda akan melihat nama HP anda sisi kiri. Apabila anda menggunakan lebih dari satu HP, maka akan ada beberapa nama serta tipe HP di dalam web tersebut.

Di bagian side bar sebelah kiri tersebut, silahkan klik pilihan “Unlock My Screen” pada HP anda. Kemudian akan muncul sebuah notifikasi yang memberitahukan bahwa kini HP Samsung anda sudah tidak lagi terkunci.

Cobalah untuk mengecek HP Samsung anda, seharusnya perangkat sudah tidak lagi terkunci. Anda pun dapat segera untuk mengganti pola dengan yang baru.

Menggunakan Android Device Manager

Cara mengatasi lupa pola HP Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Dengan menggunakan cara ini, kita dapat memanfaatkan layanan pada Android Device Manager.

Layanan ini dapat membuka pola HP Samsung yang anda tidak ingat. Cara yang dapat dilakukan cukup mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini!

Mulai dengan mempersiapkan komputer atau laptop anda. Bila anda tidak memilikinya atau tidak memungkinkan untuk mempersiapkan laptop sekarang, bisa dengan meminjam Android teman atau keluarga lainnya.

Setelah itu, langsung saja untuk membuka browser di perangkat yang akan anda gunakan tadi. Sebagai langkah yang tepat, disarankan anda menggunakan Google Chrome untuk mengakses internet dengan cepat.

Kemudian kunjungi situs Android Device Manager. Masuk atau login dengan menggunakan akun Google yang terhubung dengan HP Samsung anda yang lupa polanya tadi.

Baca juga: HP Samsung Seri A Harga Terjangkau dengan Spesifikasi Tangguh

Setelah berhasil login agar lupa pola HP Samsung ini dapat segera diatasi, anda akan diberikan tiga pilihan yaitu Deringkan, Kunci, serta Hapus. Sebagai pilihan yang baik, pilih Kunci atau Lock.

Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang baru. Langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasikan kata sandi baru tersebut.

Dilanjutkan dengan menekan tombol “Kunci”. Tunggulah dalam beberapa menit. Setelah itu, coba masukkan kata sandi terbaru anda. HP Samsung anda pun berhasil untuk dibuka. Tentu saja, lupa pola HP Samsung dapat diatasi dengan sangat mudah. (R10/HR-Online)