Manfaat Studi Kelayakan Bisnis untuk Meraih Sukses

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis untuk Meraih Sukses
Ilustrasi studi kelayakan bisnis. Foto: Ist/Net

Studi kelayakan bisnis merupakan langkah awal yang wajib dilakukan bagi siapa pun yang ingin membangun dan menjalankan sebuah usaha. Tanpa riset kelayakan bisnis, usaha yang dibangun tak akan bertahan lama.

Pada dasarnya riset bisnis semacam ini tak hanya dilakukan saat memulai sebuah usaha. Jika Anda ingin membuat produk baru atau mengembangkan bisnis, riset pasar sangat penting untuk dilakukan.

Studi kelayakan bisnis, seperti dikutip dari Wikipedia, merupakan riset yang dilakukan untuk menilai dan menganalisa kelayakan sebuah usaha yang direncanakan. Baik menyangkut kekuatan, kelemahan, peluang, hingga tantangan yang akan dihadapi.

Baca juga: Aplikasi Bisnis Online Terbaik, Rekomendasi Bagi Pemula

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, riset feasibilitas sangat penting dilakukan. Dengan penelitian ini akan diperoleh gambaran lebih jelas tentang apa saja yang direncanakan dan akan dilakukan dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.

Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Melakukan riset usaha memiliki nilai yang sangat strategis. Bukan saja untuk memulai usaha namun juga untuk mengembangkan usaha. Berikut ini berbagai tujuan dan manfaat studi kelayakan bisnis yang wajib Anda tahu.

Memetakan Peluang Usaha

Melihat atau mencari peluang usaha bukanlah hal yang sulit dilakukan. Bahkan setiap saat ada banyak peluang bisnis yang sangat potensial. Namun menangkap peluang yang ada secara sekilas sangat berisiko.

Dengan melakukan riset tentang kelayakan sebuah usaha Anda bisa lebih memetakan peluang usaha yang ada. Pemetaan ini bisa dilakukan dan disesuaikan dengan potensi laba, hingga kemampuan dana yang ada.

Salah satu cakupan dalam riset bisnis adalah aspek pasar. Dengan riset akan diketahui seberapa besar kebutuhan pasar terhadap produk. Potensi ini juga dapat melihat potensi keuntungan yang bisa diraih dari bisnis tersebut.

Membantu Pengelolaan Usaha

Dengan hasil studi kelayakan bisnis yang dilakukan, Anda bisa memiliki gambaran tentang bagaimana usaha akan dijalankan dan dikelola. Termasuk apa saja yang dibutuhkan, berapa banyak tenaga yang akan direkrut dan lainnya.

Baca juga: Kursus Bisnis Online Gratis untuk Pemula dan Pentingnya Kuasai Internet

Dengan riset ini Anda juga bisa memperhitungkan berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha, memilih lokasi usaha, hingga rencana kerja lainnya. Anda bahkan bisa merencanakan langkah untuk memenangkan persaingan.

Memudahkan Pengawasan Usaha

Aspek pengawasan dan kontrol dalam sebuah bisnis sangat penting meskipun tak mudah dilakukan. Dengan melakukan studi kelayakan bisnis, Anda tak hanya terbantu untuk mengelola usaha namun juga pada aspek pengawasannya.

Aspek pengawasan ini tak hanya menyangkut faktor keamanan namun juga potensi laba dan bagaimana mencegah potensi kerugian akibat kerusakan produk atau bahan produksi. Semua aspek ini bisa diantisipasi sejak dini.

Untuk Menghadapi Kompetitor

Aspek pasar dan kompetitor yang ada juga menjadi perhatian dalam studi kelayakan bisnis. Dengan riset ini akan diketahui tingkat persaingan, siapa saja kompetitornya, strategi apa yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan.

Dengan mengenal dan mengetahui kelemahan dan kekuatan bisnis yang Anda miliki, Anda bisa menyusun strategi yang lebih kreatif dan efektif untuk menghadapi kompetitor Anda.

Mencegah Potensi Kebangkrutan Bisnis

Pentingnya studi kelayakan bisnis juga untuk mencegah risiko kegagalan bisnis. Siapa pun yang ingin menjalankan bisnis tentunya tak ingin gagal. Apalagi sampai mengalami kerugian atau kebangkrutan.

Baca juga: Strategi Mendapatkan Pelanggan Pertama untuk Bisnis Anda

Semuanya tentu ingin usahanya bisa berkembang dan sukses menjadi perusahaan yang besar. Dengan riset yang mendalam semua potensi risiko bisa diantisipasi dan dicegah melalui strategi dan perencanaan yang matang.

Itulah pentingnya melakukan studi kelayakan bisnis yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah usaha. Riset ini pula yang nantinya akan menjadi panduan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. (R11/HR-Online)