Melacak HP Hilang dengan IMEI, Beginilah Caranya!

Melacak HP Hilang dengan IMEI
Ilustrasi Melacak HP Hilang dengan IMEI, Foto: Istimewa

Melacak HP hilang dengan IMEI menjadi alternatif bagi sejumlah orang untuk mencari dan menemukan perangkat tersebut. Pastinya ketika HP kita hilang, entah itu karena dicuri atau jatuh di suatu tempat, kita akan merasa sangat panik.

Terutama, jika di HP tersebut tersimpan banyak dokumen maupun file-file penting lainnya. Tentu saja, kita akan berupaya untuk menemukan HP itu dengan segera bagaimana pun caranya.

Hal pertama yang terkadang terlintas di pikiran kita adalah berusaha melacak keberadaan HP itu. Ini merupakan salah satu keputusan yang sangat tepat untuk dilakukan.

Pasalnya, saat ini sudah bisa dilihat dengan menggunakan nomor IMEI di HP yang hilang tersebut. Nomor IMEI ini memberikan bantuan untuk melakukan pencarian dengan mudah.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Bagi anda yang belum tahu IMEI, IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah sebuah nomor identitas yang dimiliki oleh setiap HP. Nomor IMEI tersebut dapat dijadikan pembukti bahwa HP yang anda gunakan terdaftar atau tidak di sistem pembuat HP.

Nomor IMEI sendiri pada dasarnya memungkinkan serta dapat digunakan untuk membantu menemukan HP yang hilang. Namun, di dalam praktik yang sebenarnya hal tersebut cukup sulit, karena membutuhkan biaya tinggi dan usaha besar.

Sebab, melacak HP yang hilang menggunakan nomor IMEI haruslah melibatkan pihak berwajib serta operator seluler. Selain itu, dalam menemukannya pun kita harus melalui proses yang panjang.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jamur di HP yang Mudah dan Praktis

Meskipun demikian, cara melacak ponsel hilang dengan IMEI ini masih bisa memungkinkan untuk dilakukan. Secara teknis, provider telekomunikasi dapat mencari keberadaan HP yang hilang menggunakan IMEI.

Hal tersebut dilakukan dengan kartu yang ditukar. Sedangkan kita masih belum tahu, apakah kartu seluler yang lama sudah diganti atau belum ketika HP tersebut ditemukan orang lain.

Tak hanya itu saja, proses pencarian akan memungkinkan jika keberadaan HP berada di dekat Tower Base Transceiver Station (BTS) operator terkait. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melacak HP menggunakan nomor IMEI.

Cara Mengetahui dan Mendapatkan Nomor IMEI

Sebelum beralih ke cara melacak HP hilang dengan IMEI, ada baiknya anda mengetahui lebih dulu cara mendapatkan nomor IMEI. Pasalnya, tanpa mendapatkan nomor IMEI ini tentu saja anda tidak dapat melakukan pencarian.

Langkah yang dapat dilakukan, pertama temukan kembali kotak bungkus saat anda membeli HP tersebut. Biasanya nomor IMEI sudah tercantum di kemasannya beserta barcode.

Baca Juga : Penyebab Layar HP Berubah Hitam Putih, Sensor Warna Rusak

Selain itu, anda juga bisa mencoba menghubungi atau dial #04 yang akan menampilkan nomor IMEI di HP anda pada layar. Baterai HP juga bisa menampilkan 15 ataupun 16 digit konfigurasi angka unik IMEI.

Selanjutnya anda bisa mencoba menggunakan cara untuk membuka menu Settings, About Phone, Status, IMEI Information pada HP anda. Setelah itu, nomor IMEI HP anda akan segera ditampilkan.

Menghubungi Operator Provider Seluler Milik Anda

Cara melacak HP hilang dengan IMEI yang bisa dilakukan lainnya adalah menghubungi operator provider seluler anda. Ketika HP begitu hilang, lakukan cara ini dengan segera.

Hubungi service center operator serta informasikan bahwa anda telah kehilangan HP dan ingin berupaya mencari keberadaannya pada saat itu juga. Nantinya, pihak operator akan meminta surat keterangan hilang yang harus diurus di kantor polisi.

Baca Juga : Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Maka dari itulah, anda harus siap menghubungi pihak yang berwenang untuk mendapatkan surat izin melacak IMEI tersebut. Ada baiknya bila anda juga menghubungi anggota keluarga serta rekan-rekan terdekat bahwa HP anda hilang.

Bila HP anda hilang karena dicuri bisa jadi pencuri telah mengganti kartu provider yang baru pada HP tersebut. Dengan demikian, providernya kemungkinan hanya bisa melacak lokasi terakhir ketika kartu SIM masih dipasang.

Perlu diperhatikan, cara melacak HP hilang dengan IMEI sangatlah tidak praktis dan tidak efisien. Sebab, anda harus menghubungi dan melibatkan berbagai pihak. Selain itu, prosesnya pun terbilang panjang.

Sebenarnya terdapat cara lain yang bisa anda lakukan selain menggunakan nomor IMEI ini. Anda bisa juga menggunakan aplikasi yaitu Google Find My Device. Dibandingkan cara melacak HP hilang dengan IMEI, aplikasi ini jauh lebih praktis. (R10/HR-Online)

Loading...