Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruMengobati Diare Anak Secara Alami dengan Daun Sendok Hingga Sirsak

Mengobati Diare Anak Secara Alami dengan Daun Sendok Hingga Sirsak

Mengobati diare anak secara alami seringkali menjadi pilihan para orangtua dalam melakukan tindakan pertama saat mengatasi gangguan kesehatan ini. Apalagi masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan bahan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Orangtua biasanya akan memperhitungkan efek samping yang akan timbul ketika salah memilih obat anaknya yang mengalami diare. Apalagi kondisi anak yang masih lemah tentunya tak bisa sembarangan minum obat kimia.

Diare termasuk salah satu jenis penyakit yang sering menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Gangguan ini memiliki ciri dari mulai perubahan tinja atau feses yang lembek atau cair hingga frekuensi buang air besar yang meningkat.

Baca juga: Manfaat Daun Insulin Menurunkan Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Ada banyak faktor yang menyebabkan diare pada anak-anak. Baik karena adanya luka pada saluran pencernaan, kelebihan vitamin C, setelah mengonsumsi makanan tertentu, maupun karena penyakit lain.

Mengobati diare anak secara alami merupakan pilihan tepat. Selain itu dalam mengambil tindakannya pun harus secara cepat.

Sebab, meskipun diare bukanlah jenis penyakit yang berbahaya, namun diare menjadi penyebab paling umum dalam kasus kematian balita. Tingginya angka kematian ini terjadi di berbagai negara berkembang,

Bahkan menurut Wikipedia, penyakit ini telah menyebabkan 2,6 juta orang lebih meninggal dunia setiap tahunnya. Sebagian besar adalah balita.

Penyakit diare pada anak biasanya memiliki tanda munculnya gejala rasa mulas yang sangat mengganggu dan buang air besar yang terus menerus. Anak pun tak jarang mengalami mual, muntah, dan mengalami dehidrasi.

Meskipun bukan termasuk penyakit berbahaya, diare membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama. Meskipun begitu gangguan ini tak jarang juga sembuh sendiri jika penyebabnya ringan saja seperti salah makan.

Baca juga: Obat Panas Batuk Pilek Anak Alami untuk Penanganan Darurat

Karena anak yang mengalami diare banyak membuang cairan tubuh, sebaiknya waspadai dampak dehidrasi. Karena itulah dalam perawatan maupun penanganan anak yang mengalami diare harus memperbanyak minum air.

Herbal untuk Mengobati Diare Anak Secara Alami

Saat anak-anak mengalami diare sebenarnya banyak pilihan obat kimia. Namun karena sistem imunitas tubuh pada anak yang masih lemah lebih baik menggunakan bahan herbal dalam mengobatinya.

Para orang tua dan nenek kita sering memanfaatkan bahan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit yang mendera anak-anak. Nah, berikut ini sejumlah obat diare anak alami yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah.

Daun Kayu Putih

Daun kayu putih mungkin sudah tidak asing lagi karena merupakan bahan utama pembuatan minyak kayu putih. Kandungan eucalyptus dalam tanaman ini kini sedang populer sebagai herbal untuk obat Covid-19.

Daun herbal ini mengandung flavonoid dan fitokimia lainnya yang berkhasiat meredakan diare anak. Untuk membuatnya cukup mudah. Tinggal merebus sekitar 10 gram daun kayu putih kering dengan 2 gelas air dan sebelumnya cuci bersih terlebih dahulu.

Baca juga: Herbal Obat Cacar Api Tradisional yang Ampuh dan Murah

Setelah air rebusan telah tersisa sekitar 1 gelas, Anda bisa mematikan api dan menyaring air rebusan tersebut. Anda bisa memberikan air rebusan ini kepada anak Anda sehari sekali sampai gangguan diare sembuh.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga telah lama menjadi salah satu obat untuk mengobati diare anak secara alami. Selain untuk orang dewasa, daun jambu biji juga bisa berguna dalam mengobati gangguan diare pada anak.

Caranya dengan menumbuk daun jambu biji dan buah jambu biji yang masih kecil atau mentah sampai halus. Setelah itu peras hasil tumbukan tersebut dan ambil sarinya untuk mendapat khasiatnya.

Air perasan tersebut bisa Anda tambahkan dengan sedikit garam lalu berikan kepada anak Anda. Beberapa saat setelah meminumnya diare yang mengganggu anak biasanya akan berangsur-angsur sembuh.

Buah Sirsak

Banyak orang mengonsumsi buah sirsak karena rasanya yang enak. Siapa sangka jika buah ini juga baik untuk mengobati diare anak secara alami. Kandungannya berkhasiat sebagai obat diare tradisional.

Untuk memanfaatkannya adalah dengan mengambil air dari buah sirsak yang sudah matang dengan cara peras atau bisa dengan haluskan dengan blender. Peras daging buahnya sampai mendapatkan air sebanyak 1 sendok makan.

Kemudian tinggal berikan langsung kepada anak yang sakit dengan dosis sebanyak 2 hingga 3 sendok makan per hari. Bisa mencampurkan madu agar rasanya lebih terasa enak.

Beras Ketan

Beras ketan juga telah lama sebagai obat tradisional untuk mengobati diare anak secara alami. Cara pembuatannya dengan menggoreng beras ketan tanpa minyak dan tambah parutan kunyit sampai hangus.

Selanjutnya seduh dengan air hangat dan lumatkan untuk mengambil sarinya. Minum untuk anak dengan porsi tiga kali sehari hingga penyakit buang air besar ini benar-benar pulih.

Daun Sendok

Daun sendok juga berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Kandungannya termasuk ampuh untuk mengobati diare anak secara alami.

Tanaman ini mudah mendapatkannya. Untuk membuatnya dengan cara merebus beberapa lembar daun sendok dengan 3 gelas air. Kemudian rebus sampai airnya tersisa segelas. Lalu minumkan untuk anak dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Cuka Apel

Banyak orang yang sedang menjalankan prograrm menurunkan berat badan menggunakan cuka apel. Namun bahan herbal ini juga berkhasiat untuk mengobati diare anak secara alami.

Namun herbal ini sebaiknya untuk anak yang telah berumur lebih dari setahun karena sifatnya yang cukup keras. Untuk menggunakannya tuangkan beberapa tetes cuka ke dalam segelas air putih dan kemudian minumkan pada anak.

Akar Bunga Teratai

Bagian akar dari bunga teratai juga berkhasiat untuk mengobati diare anak secara alami. Untuk menggunakannya adalah dengan menyiapkan rimpang akar bunga teratai sebanyak 50 gram dan 10 gram jahe.

Baca juga: LIPI Uji Klinis Obat Herbal Corona dari Bahan Jahe Hingga Jamur

Setelah itu keduanya cuci hingga bersih dan kemudian parut untuk diambil air sarinya. Setelah itu berikan pada anak untuk dan minum sebanyak tiga kali sehari sampai sembuh. Karena rasanya agak sangir, sebaiknya sediakan buah manis sebagai penawarnya.

Oralit Buatan Sendiri

Oralit sudah menjadi bahan yang umum saat mengobati diare anak secara alami. Dari penelitian, oralit telah berhasil mengatasi kasus diare lebih dari 50 juta anak di seluruh dunia dalam 25 tahun terakhir ini.

Selain dengan membeli, oralit juga bisa dengan cara membuatnya sendiri. Caranya dengan menyiapkan setengah sendok teh garam dapur, 2 sendok teh gula pasir, dan 200 ml air hangat. Larutkan ketiga bahan tersebut.

Untuk takarannya, anak umur kurang 1 tahun takarannya adalah setengah gelas oralit saja. Sedangkan untuk anak berusia setahun lebih bisa memberikannya dengan takaran 1 gelas.

Itulah beberapa jenis obat diare anak alami yang bisa Anda berikan. Bahan herbal ini mudah mendapatkannya dan lebih aman untuk mengobati diare anak secara alami. Namun jika kondisi anak tidak membaik, sebaiknya segera bawa ke dokter. (R11/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img