Mercedes-AMG One, Supercar Andalan Siap Meluncur pada 2021

Mercedes-AMG One
Ilustrasi Mercedes-AMG One. Foto: Istimewa

Mercedes-AMG One mulai merilis video dan foto terkait dengan Project One. Video dan foto tersebut menampilkan pengujian Project One pada jalurnya. Melansir dari Autoblog, pihak Mercedes mengungkapkan bahwa pengujian telah memasuki fase baru.

Perilisan foto dan video kali ini membantu untuk memecah suasana hening. Sebab, sudah 3 tahun sejak Mercedes melakukan peluncuran AMG-One tahun 2017 lalu. Peluncuran di German International Motor Show tersebut menampilkan supercar legal.

Namun setelah itu, tidak ada kabar lebih lanjut mengenai peluncuran atau sejenisnya. Sebelumnya, supercar akan mengaspal pada tahun 2019, namun harus tertunda. Meskipun hanya berupa foto dan video, namun AMG-One kemungkinan akan siap meluncur.

Mercedes-AMG One, Kapan Akan Meluncur?

Masalah teknis menjadi salah satu faktor mundurnya waktu perilisan. Menurut perkiraan, supercar Mercedes ini akan mengaspal di tahun 2021 mendatang. Hal ini masih dalam asumsi kemungkinan sebab fase pengujian belum memberikan hasil.

Salah satu masalah yang terjadi adalah perihal powetrain. Powertrain tersebut harus sesuai dengan standar emisi WLTP. Kemudian harus menggunakan filter partikulat bensin. Sehingga nantinya mesin tersebut juga tidak boleh sampai mengorbankan kinerja.

Baca Juga : Mitsubishi Xpander Mini Lebih Murah Dibandingkan Yamaha TMAX DX

Mercedes-AMG One juga mengalami masalah lain yakni pada kecepatan mesin. Mercedes tentunya mengusung kecepatan idle mesin berbasis Formula One. Semburan tenaganya mencapai 5000rpm dengan spesifikasi balapan.

Namun terdapat hal yang menjadi tantangan luar biasa, yaitu para enginer bertugas untuk merancang kecepatan idle pada 1200rpm. Bukan hal yang mudah sehingga merupakan tantangan luar biasa bagi Mercedes.

Mercedes melakukan pengujian dengan fokus pada track atau jalurnya. Proses statis dari pengujian AMG One juga telah melalui fase sulit dengan lancar. Fokus pada track pengujian sebenarnya memiliki tujuan tersendiri.

Salah satunya adalah untuk mencapai dimensi baru dari dinamika supercar. Kemudian menganalisa performa dalam berkendara di jalan raya. Oleh karena itu, pengujian Mercedes-AMG One dilakukan di tempat Immendingen.

Baca Juga : KIA Stinger 2021 dengan Pembaruan Desain dan Twin Turbocharged

Untuk kelas supercar memang memerlukan spesifikasi yang handal. Performa gahar dan bodi unggulan begitupun dengan mesin serta lainnya. Perusahaan berharap nantinya mesin tersebut dapat menghasilkan kinerja yang sempurna. Sehingga supercar dari Mercedes menjadi lebih unggul dan layak.

Target pengembangan kali ini adalah mesin dengan performa handal. Mercedes bertujuan untuk menghadirkan performa berkelas. Kemudian supercar tersebut dapat menunjang kegiatan berkendara setiap harinya.

Mercedes-AMG One Supercar Gahar Dengan Konsep Dinamis

Supercar besutan Mercedes dirancang agar tidak mengecewakan para penggemar. AMG-One akan menjadi mobil all wheel drive hybrid dengan kecepatan tertinggi 217 mph. Mesin ini menghasilkan kecepatan yang mampu melaju dalam waktu 2,7 detik.

Tak heran jika AMG-One juga menjadi hypercar yang begitu cepat. Sekilas tentang performa, nampaknya rasa canggih dan modern akan melekat pada supercar ini. Mercedes akan membekali Mercedes-AMG One dengan kotak persneling hidrolik.

Baca Juga : Mobil Mercedes-Benz Terunik dan Terfavorit Pilihan Jurnalis Otomotif Indonesia

Persneling tersebut menghasilkan delapan kecepatan yang dapat membantu pengemudi. Selanjutnya adalah mode penggerak yang tidak asing lagi bagi AMG. Supercar AMG-One akan dibekali dengan mode penggerak dan juga mode listrik yang murni.

Dengan adanya mode listrik murni, maka pengemudi dapat menjalankan mobil dengan tenaga senyap. Kemudian pengemudi dapat beralih ke mode berkendara yang lainnya.

Sehingga dapat membuat pengemudi lebih nyaman berkendara. Siapapun pastinya ingin memiliki hypercar dengan teknologi hybrid ini.

Namun terdapat pembatasan akses dari peluncuran supercar Mercedes ini. Mercedes hanya akan meluncurkan 275 unit supercar kepada pemilik yang beruntung. Stok yang terbatas ini memiliki tujuan untuk menjaga kestabilan peredaran supercar.

Para engineer tidak merancang Mercedes-AMG One untuk menyamai kemewahan Mercedes S-Class. Bahkan juga tidak sekelas dan menantang Maybach. Namun AMG One juga menawarkan sektor lain yang lebih unggul. Diantaranya adalah kursi bak dengan sedikit ruang.

Lalu roda kemudi yang dapat menyesuaikan dengan mudah. Bahkan menariknya roda kemudi ini dapat dilepas dan dipasang kembali. Untuk kelas supercar, AMG-One memang menampilkan sesuatu yang sangat menarik.

Setiap orang yang ingin memiliki supercar ini harus membayar sekitar 2,76 juta dollar. Harga yang sangat fantastis untuk supercar andalan dari Mercedes.

Meskipun mobil ini tidak berfokus pada kemewahan, namun spek yang hadir tetap gahar. Mercedes-AMG One berfokus pada pengemudi dan visual minimalis. Diharapkan kedatangannya benar-benar meluncur di tahun 2021 mendatang. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Nissan GT-R Hybrid Mobil Bermesin Canggih, Kapan Meluncur?