Mercedes Benz EQE SUV, Hadirnya Masih Lama Namun Sudah Uji Coba

Mercedes Benz EQE SUV, Hadirnya Masih Lama Namun Sudah Diuji Coba
Mercedes Benz EQE SUV. Foto Ist/net

Mercedes Benz EQE SUV saat ini telah menunjukkan keseriusannya untuk masuk dalam segmen kendaraan listrik. Ini dibuktikan dengan memperkenalkan model baru dalam sub merek EQ dari Mercedes ini.

Produk paling baru adalah Mercedes Benz EQE. Saat ini mobil tersebut tengah dikembangkan. Mobil tersebut juga dijadwalkan meluncur pada tahun 2023.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Hybrid 2023 Versinya Siap Dihadirkan di Indonesia

Sebenarnya memang terbilang masih lama. Meski demikian, belum lama ini, Mercedes Benz EQE ini sudah tertangkap kamera diuji di jalan.

Ini menandakan bahwa Mercedes Benz sedang giat dalam melengkapi line up untuk sub brand mobil listrik. Hingga digadang-gadang EQE SUV ini akan eksis di masa mendatang.

Bocoran Penampakan Mercedes Benz EQE SUV

Diketahui prototipe pertama mobil ini sudah hadir mencicipi aspal yang ada di Jerman. Meski demikian, mobil SUV ini kemungkinan tak akan mengaspal di jalanan dalam waktu dekat.

Format yang dimiliki oleh EQE sendiri bukan hanya berbentuk SUV. Sebelumnya, prototipe Saloon pernah tertangkap kamera ketika sedang berkeliaran dalam masa uji coba.

Meski begitu, jenis bodi yang dimiliki jelas beda. Dua wakil seri ini informasinya akan menganut rupa kembar. Disamping kamuflase tebal, paling tidak mid-size listrik ini punya rangkaian grille.

Semakin menarik karena dilengkapi dengan mata LED terintegrasi dalam satu pulau. Ini persis seperti EQS Saloon.

Terlepas dari itu, gaya berbeda dimiliki oleh Mercedes Benz EQE SUV. Khususnya pada bagian pilar A ke belakang. Ramuan SUV yang manis ini dituangkan dalam basis pembangunan.

Baca juga: Sistem Karburator Mobil dan Fungsi Komponen Pelengkapnya

Bodinya memanjang sekaligus terlihat jangkung. Tubuhnya terlihat agak gempal bila dibandingkan dengan EQC. Khususnya ini terlihat pada area bonet dengan benjolan fender. Meski sebenarnya masih sulit diterka.

Apakah itu akan berisi tambalan pengecoh atau yang lain. Namun dipastikan wheelbase-nya lebih panjang dengan adanya kabin mundur ke sisi belakang daripada adiknya.

Desain Interior

Sampai saat ini memang belum jelas seperti apa tampilan interior yang dibawa mobil ini. Walaupun masih terbungkus kamuflase, EQE ini sudah tertangkap kamera menawarkan fascia depan mirip dengan model EQ lain.

Mercedes Benz EQE SUV listrik ini berbadan bongsor dengan lampu LED ramping serta garis atap lebih rendah dari SUV konvensional lain. Hal ini bertujuan untuk menampilkan bentuk tubuh yang aerodinamis.

Dengan demikian, dapat meningkatkan efektivitas serta jarak tempuh dari motor listrik yang telah dipakai.

Baca juga: Konfigurasi Mesin Mobil Hadir dengan Berbagai Jenis yang Berbeda

Versi SUV yang ditawarkan akan menggunakan platform berbasis dari mobil listrik baru MEA. Platform baru ini bisa memungkinkan fleksibilitas lebih besar untuk tahu seperti apa proporsi kendaraan, kapasitas kabin, dan wheelbase.

Penggunaan platform MEA ini membuat Mercedes dipercaya bisa menyediakan berbagai pilihan baterai. Baterai tersebut hadir dengan output daya bervariasi pada EQE.

MEA juga menggunakan aluminium dalam memberikan struktur lantai. Selain itu, juga meningkatkan kemasan produk serta kapasitas baterai pada Mercedes Benz EQE SUV.

Daya Mesin

Diperkirakan, mesin yang akan dipakai oleh EQE SUV ini lebih besar dari EQC. Mesin tersebut diperkirakan memiliki kekuatan lebih dari 400 PS serta torsi 765 Nm.

Basis modularnya ringan berbahan kombinasi aluminium, baja, serta serat karbon. Ini memungkinkan mobil ini untuk menyematkan baterai yang besar.

Kabarnya unit 100 kWh akan mengisi potensi dalam estimasi jarak tempuh sampai 430 mil. Selain itu, ada pilihan lain menggunakan baterai lebih kecil. Caranya dengan memangkas range EV tergantung pada variannya.

Meski prototipe Mercedes Benz EQE SUV ini debutnya masih lama. Sementara untuk versi sedan akan datang lebih dulu. Sampai saat ini memang belum banyak spesifikasi yang bisa diketahui dari mobil SUV listrik ini.

Selain itu, bocoran harganya juga belum terdengar. Meski demikian, Mercedes Benz yang satu ini digadang-gadang menjadi mobil yang memiliki performa lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sekilas mengenai mobil ini. EQE SUV ini menggunakan platform MEA yang bisa meningkatkan kapasitas baterai. Dengan begitu, performa mobil ini akan tampil prima saat melaju di jalanan.

Tampaknya kita harus bersabar menunggu kedatangan mobil ini. Meskipun kehadirannya diperkirakan masih tiga tahunan lagi, namun antusias penggemar Mercedes Benz EQE SUV sepertinya sangat baik. (R10/HR-Online)

Loading...