Miris, Bangunan SDN 2 Janggala Ciamis Kondisinya Rusak Parah

Miris, Bangunan SDN 2 Janggala Ciamis Kondisinya Rusak Parah
Bangunan SDN 2 Janggala, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, rusak parah. Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- SDN 2 Janggala, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, saat ini kondisinya rusak parah.

Hampir seluruh bangunan sekolah rusak akibat termakan usia. Pantauan HR Online, letak bangunan sekolah tersebut jauh dari jalan raya Kabupaten.

Sekolah tersebut merupakan satu-satunya lembaga pendidikan di wilayah tersebut, karena jarak ke sekolah lain lumayan jauh.

Sementara itu, kondisi bangunan SDN 2 Janggala dilihat dari dekat sangat memprihatinkan. 3

Dari tujuh ruangan, dua ruang kelas dikosongkan.

Yang satu atapnya mau roboh, dan satu lagi bagian temboknya rusak parah sehingga tidak dipakai karena takut membahayakan. Kedua ruangan tersebut sudah dikosongkan sejak 2 tahun lalu.

Saat ini, siswa di SDN 2 Janggal sebanyak 57 orang, Tenaga gurunya berjumlah 6 orang, terdiri dari 2 PNS dan 4 honorer.

Pihak sekolah sebenarnya sudah bebeapa kali mengajukan bantuan perbaikan, namun tak kunjung ada realisasi.

Sementara saat ini, pemberlakukan belajar di rumah, membuat siswa maupun guru jarang ke sekolah. Akibatnya, sekolah nampak tidak terpelihara dengan baik.

Perbaikan SDN 2 Janggala Tahun 2021

Kepala SDN 2 Janggala, Tatang Bahtiar mengatakan, pihaknya sudah mengajukan perbaikan ke pemerintah.

“Sudah diajukan, informasinya tahun 2021 terealisasi, mudah-mudahan saja,” ujarnya, Rabu (12/8/2020).

Diakuinya, dengan kondisi sekolah yang rusak parah, membuat proses belajar mengajar kurang nyaman, khawatir bangunan ini tiba-tiba roboh.

“Namun selama pandemi ini, siswa belajar di rumah, kadang juga belajar di madrasah atau di halaman rumah warga,” jelas Tatang.

Dia menuturkan, sejak dirinya bertugas di SDN 2 Janggala tahun 2014 lalu kondisinya belum terlalu parah.

Namun sejak saat itu, belum ada perbaikan, hingga kondisi sekolah kian memprihatinkan.

“Ruangan yang rusak berat itu ada 7, saya juga tidak tahu kapan terakhir bangunan ini direhab, yang jelas saat ini kondisinya memang harus direhab total,” katanya.

Pihaknya pun berharap, bangunan SDN 2 Janggal bisa segera direhab. Sehingga ketika nanti masuk sekolah, siswa dan guru bisa belajar dengan nyaman di dalam kelas.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Ciamis, Endang Kuswana mengatakan, pihaknya langsung mendatangi SD Negeri 2 Janggala setelah bangunan SD yang rusak tersebut viral di media sosial.

Pihaknya pun mengaku sudah 3 kali melihat kondisi sekolah tersebut dan mengusulkan bantuan rehabilitasi sekolah, lewat DAK, APBD Provinsi hingg APBD kabupaten.

“SDN 2 Janggala memang akan jadi prioritas, rencananya kita usulkan tahun ini agar dapat dari DAK tahun 2021,” ujarnya. (Fahmi2/R8/HR Online)

Loading...