Mobil Tidak Bisa Distarter Bukan Hanya Karena Kondisi Aki Bermasalah

Mobil Tidak Bisa Distarter Bukan Hanya Karena Kondisi Aki Bermasalah
Ilustrasi Mobil Tidak Bisa Distarter. Foto: Istimewa

Mobil tidak bisa distarter? Jangan panik, masalah tersebut masih bisa diatasi. Saat kendaraan ingin dipakai bahkan dalam keadaan darurat dan tidak dapat distarter, pasti sangat menyebalkan.

Mobil memiliki peranan yang cukup penting sebagai alat transportasi roda 4 yang banyak digunakan sebagai kendaraan pribadi. Kendaraan tidak dapat nyala atau distarter bisa disebabkan beberapa faktor.

Anda tidak perlu panik sebab banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Jika diperhatikan lebih teliti, mobil tidak bisa menyala sebelumnya sudah memiliki gejala awal yang terlihat.

Namun, terkadang hal ini tidak terlalu diperhatikan. Padahal kendaraan yang tidak mau menyala atau distarter tidak akan bermasalah begitu saja.

Cek kondisi kendaraan sebelum digunakan agar bisa berfungsi sempurna. Selain itu, cek juga kendaraan secara rutin dan berikan perawatan dengan baik.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Sebagian besar pemilik kendaraan roda empat mengira jika kendaraan tidak bisa menyala atau distarter bermasalah di bagian aki, padahal tidak semuanya seperti itu.

Saat hal ini terjadi dan diperiksa, ternyata aki mobil masih dalam keadaan bagus. Lalu apa penyebabnya? Selain aki, masih banyak faktor yang mempengaruhi kendaraan susah distarter.

Sebaiknya jangan panik jika masalah ini anda alami. Cari tahu apa saja penyebab mobil tidak bisa distarter. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kendaraan susah distarter, diantaranya:

Busi Bermasalah

Penyebab pertama yang bisa disebabkan oleh kendaraan susah distarter yaitu pada komponen busi yang bermasalah. Busi merupakan salah satu komponen yang berpengaruh pada sistem starter.

Baca Juga : Sistem Karburator Mobil dan Fungsi Komponen Pelengkapnya

Jika komponen ini bermasalah, maka starter dipastikan tidak akan menyala. Busi yang kotor dan usang adalah penyebab yang sering terjadi sehingga tidak dapat menghasilkan percikan api.

Padahal jika busi berfungsi dengan baik, akan muncul percikan api yang digunakan untuk starter agar bisa menyala. Saat kendaraan anda tidak bisa distarter, coba cek businya.

Cek kondisi busi. Jika kotor, segera bersihkan dengan cara gosok menggunakan pembersih khusus. Namun, jika busi sudah usang, sebaiknya segera diganti agar tidak mengganggu kinerja mesin mobil.

Altenator yang Rusak

Altenator merupakan komponen yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Komponen ini berfungsi sebagai alat untuk mengalirkan listrik ke aki.

Jika bagian ini rusak, mengakibatkan starter tidak bisa dinyalakan meski aki dalam kondisi baik. Komponen ini sebenarnya jarang mengalami kerusakan dan biasa terjadi pada mobil berusia lebih dari 8 tahun.

Saat kondisi ini terjadi, penanganan yang bisa dilakukan yaitu segera bawa mobil ke bengkel. Perbaiki altenator yang bermasalah agar mobil bisa nyala kembali.

Aliran Bahan Bakar tidak Sempurna

Penyebab lain mobil tidak bisa distarter karena aliran bahan bakar yang tidak terdistribusi sempurna dari tangki ke mesin. Keadaan susah distarter biasa terjadi saat kondisi kendaraan sedang panas.

Baca Juga : AC Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya untuk Penanganan Lebih Tepat

Tidak tercampurnya bahan bakar dengan udara juga bisa berakibat kondisi mobil tidak bisa menyala. Hal ini sering terjadi akibat pompa bahan bakar dari tangki menuju karburator melemah.

Jika kendaraan anda sulit distarter, sebaiknya cek kondisi aliran bahan bakarnya. Solusinya, cukup hentak pompa bahan bakar di dalam ruang mesin dan akan kembali berfungsi.

Koil yang Memanas

Koil yang terlalu panas juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Koil pada mobil memiliki fungsi yaitu menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki (bisa mencapai ribuan volt).

Baca Juga : Kipas Radiator Mobil Berisik? Segera Ganti yang Baru

Jika hal ini terjadi, maka arus listrik dapat mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api. Saat sulit distarter, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi koil.

Koil yang rusak bisa diketahui dari tingkat suhunya yang terlalu panas. Lakukan penggantian komponen agar sistem tersebut dapat berfungsi secara maksimal.

WTS Bermasalah

WTS (water temperature sensor) dapat mengganggu injeksi sehingga kendaraan sulit distarter. Jika WTS mengalami kerusakan, jalan yang bisa dilakukan hanyalah melakukan pengecekan di bengkel mobil.

Banyak penyebab yang bisa ditimbulkan saat mobil tidak bisa distarter. Sebaiknya segera cek salah satu komponen yang bisa menjadi faktor kendaraan sulit distarter agar segera bisa difungsikan kembali. (R10/HR-Online)

Loading...