Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruMode Aman Samsung, Simak Cara Menonaktifkannya!

Mode Aman Samsung, Simak Cara Menonaktifkannya!

Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan mode aman Samsung. Namun, sebelum anda berniat untuk menghilangkan mode aman tersebut, ada baiknya bila mengetahui fungsi dan kegunaannya.

Mode aman merupakan sistem perlindungan dini pada ponsel pintar. Dengan sistem ini, anda dapat mencegah tindakan yang bersifat mencurigakan maupun berpotensi merusak sistem operasi.

Bukan hanya mencegah kerusakan pada sistem operasinya saja, melainkan juga perangkat lunak dalam HP Samsung tersebut. Kinerja dari sistem perlindungan ini adalah dengan cara mengkarantina serta menghentikan seluruh aplikasi pihak ketiga yang ada dalam HP Samsung.

Simak Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung

Tak lepas dari fungsi dan kegunaannya, ternyata mode aman ini dapat mengganggu ketika kita menggunakan HP. Seperti yang kita ketahui, safe mode ini merupakan salah satu keadaan dimana HP Samsung anda mengalami masalah.

Baca juga: Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google

Penyebab dari masalah tersebut adalah terdapat file maupun data yang corrupct dalam HP. Seperti halnya game maupun aplikasi lainnya.

Ketika anda menyalakan perangkat tersebut, tiba-tiba akan muncul pemberitahuan safe mode pada bagian bawahnya. Tentu saja hal tersebut cukup mengganggu aktivitas saat menjalankan perangkat.

Pasalnya, aplikasi yang sudah kita unduh dari Google Play Store tidak dapat tampil, kecuali aplikasi bawaan HP Samsung itu sendiri. Pada dasarnya, mode aman ini dapat hilang dengan melakukan beberapa cara.

Mau tahu apa saja cara untuk menghilangkan mode aman Samsung tersebut? Berikut ini adalah langkah mudahnya untuk anda.

Restart HP Samsung

Langkah mudah untuk menghilangkan mode aman adalah dengan melakukan restart. Ketika HP Samsung merestart, seharusnya akan kembali ke dalam keadaan normal seperti semula, layaknya sebelum mode tersebut muncul atau aktif.

Baca juga: SIM Card Tidak Terbaca, Simak Cara Mengatasinya!

Cara pertama untuk merestart HP Samsung ini adalah dengan langsung menekan tombol power beberapa detik. Setelah itu, akan muncul kotak menu.

Selanjutnya pilihlah tombol “Mulai Lagi atau Restart”. Kemudian HP menyala kembali, maka akan secara otomatis tulisan safe mode atau mode aman Samsung pada bagian kiri bawah akan hilang.

Menonaktifkan Mode Aman Melalui Notification Panel

Selain dengan cara merestart HP, cara lain agar dapat menonaktifkan mode aman adalah melalui notification panel. Caranya pun terbilang sangat mudah, yaitu dengan Swipe Down panel notifikasi.

Kemudian akan muncul informasi atau pemberitahuan bahwa mode aman telah aktif. Setelah itu, cara menonaktifkan mode aman ini hanya tinggal pilih notifikasi mode aman aktif.

Lalu tekan tombol “Turn Off”. Tunggulah beberapa detik, maka secara otomatis HP Samsung akan restart. Ketika proses restart berhasil, maka secara otomatis juga mode aman Samsung akan dinonaktifkan.

Kendala anda akan masalah munculnya mode aman ini pun dapat teratasi dengan baik. Anda pun dapat menggunakan HP Samsung seperti semula.

Lepaskan Baterai dan SIM Card

Melepaskan baterai dan SIM card ini dapat anda coba, ketika HP Samsung menggunakan baterai yang removable. Tak perlu khawatir, cara ini dapat sedikit membantu serta seringkali pengguna HP mengandalkannya.

Baca juga: Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Mode aman pada HP pun hilang dengan melepas baterai dan SIM card ini. Langkah pertama untuk melakukannya adalah dengan mematikan HP Samsung terlebih dahulu.

Kemudian, buka casing bagian belakang HP. Setelah itu, lepaskan baterai bersama dengan SIM card atau SD card. Ketika HP dalam keadaan tanpa menggunakan baterai, tekan tombol power secara perlahan.

Tahan selama beberapa saat untuk menghilangkan daya statis pada perangkat tersebut. Sebenarnya cara menghilangkan mode aman Samsung ini sedikit lebih rumit apabila anda bandingkan dengan cara sebelumnya.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk menghilangkan mode aman dengan cara ini. Setelah beberapa detik, pasang kembali baterai dan juga SIM card ke perangkat.

Baca juga: HP Samsung 5G Spesifikasi Lengkap Pilihan Terbaik di 2020

Langkah selanjutnya adalah menyalakan perangkat dengan menekan tombol power. Tunggulah hingga masuk ke homescreen. Nantinya tak selang waktu lama mode aman atau safe mode akan hilang dari layar.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan atau menonaktifkan mode aman Samsung. Anda dapat mengikuti langkah-langkah tersebut dengan cermat agar semakin berhasil dan mode aman pun segera hilang. (R10/HR-Online)

- Advertisment -