Motor Ngebul Saat Mesin Panas Karena Oli Masuk pada Ruang Bakar

Motor Ngebul Saat Mesin Panas Dikarenakan Oli Masuk Pada Ruang Bakar
Ilustrasi Motor ngebul saat mesin panas. Foto: istimewa

Motor ngebul saat mesin panas perlu anda curigai. Sebagai pemilik kendaraan sepeda motor pasti pernah mengalami knalpot ngebul saat mesin panas.

Saat kondisi mesin panas sering terlihat asap yang keluar melalui knalpot ngebul berwarna putih bahkan hitam. Jika hal ini terjadi, berarti terjadi masalah pada mesin kendaraan anda.

Sering terjadi ngebul ketika baru saja dipanasi atau bahkan saat mesinnya panas. Hal ini berakibat pemborosan pada oli karena biasanya adanya asap tersebut karena adanya kebocoran.

Pada saat inilah sering tercium bau gosong seperti oli dan karet yang terbakar. Sebaiknya segera atasi kondisi motor ngebul saat mesin panas dengan cara ketahui dulu penyebabnya. Banyak hal yang bisa berakibat motor ngebul.

Salah satunya dari segi perawatan atau kondisi motor yang sudah tua. Biasanya ngebul disebabkan oleh oli mesin yang masuk ke pada bagian ruang bakar mesin, sehingga saat mesin panas timbul asap pekat.

Penyebab Motor Ngebul Saat Mesin Panas

Sering terjadi knalpot mengeluarkan asap pekat saat dipanasi atau mesin dalam keadaan panas. Hal ini terjadi akibat kepala silinder dan silinder bermasalah.

Bahkan ada pula yang disebabkan karena volume oli mesin yang melebihi ukuran takar. Sehingga tidak salah jika mengakibatkan asap pekat mengebul pada knalpot saat mesin dinyalakan.

Jika anda mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya segera atasi. Motor ngebul bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara baik untuk pengendara maupun orang di sekitar.

Segera cek komponen motor dan pastikan penyebabnya segera diketahui. Jika anda ketahui dulu penyebabnya, maka barulah bisa mengatasinya dengan tepat. Banyak faktor yang bisa mengakibatkan motor ngebul.

Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa komponen. Bisa disebabkan karena oli terlalu encer, ring piston aus, atau bahkan seal klep bermasalah.

Lebih beratnya lagi, motor ngebul saat mesin panas juga bisa diakibatkan kondisi blok silinder yang sudah baret. Selain itu, bisa juga adanya kebocoran pada sejumlah komponen mesin.

Jika anda belum bisa mengatasinya, sebaiknya cek seluruh komponen mesin. Terkadang motor ngebul juga bisa disebabkan karena penggunaan knalpot yang tidak sesuai.

Baca Juga : Cara Memasang Tali Gas Motor, Lakukan dengan Langkah Berurutan

Segera ketahui penyebabnya agar kondisi seperti ini tidak berkepanjangan. Sehingga kondisi motor bisa kembali seperti semula. Beberapa penyebab motor ngebul saat mesin panas diantaranya:

Volume Oli Berlebihan

Saat volume oli berlebihan, justru dapat menyebabkan masalah ini terjadi. Padahal setiap kendaraan memiliki takaran olinya masing-masing.

Jika oli melebihi takaran, justru dapat masuk pada ruang bakar. Apalagi saat mesin panas dan oli semakin encer, membuat asap mengebul dari knalpot.

Seal Klep Bermasalah

Klep pada mesin motor 4 tak berfungsi mengendalikan gas buang dan masuk ke ruang bakar. Gas buang yang bercampur dengan BBM ini telah disembur dari injektor atau karburator.

Bila klep rusak, maka olinya yang melumasi piston bisa merembes pada ruang bakar. Nah, rembesan itulah yang mengakibatkan terjadinya asap mengebul dari knalpot.

Jika hal ini adalah penyebab motor ngebul saat mesin panas, bisa diatasi dengan menggantinya. Sebab, jika tidak segera diganti, justru berakibat buruk.

Piston dan Ring Piston Aus

Ring piston memiliki dua jenis, yaitu ring piston kompresi dan ring oli. Ring kompresi memiliki kegunaan sebagai penempatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder.

Jika kedua komponen ini rusak atau aus, berakibat kompresi menurun. Sehingga performa mesin tidak berfungsi maksimal.

Meski silinder masih bagus, namun piston dan ring piston rusak atau aus segera diganti. Ganti kedua komponen tersebut agar motor tidak ngebul.

Liner Silinder Tergores

Liner silinder adalah komponen kendaraan yang berada di bagian blog mesin. Fungsinya untuk melindungi bagian dalam silinder blok dari gesekan piston.

Baca Juga : Minyak Rem Motor, Cek Kondisinya Agar Berfungsi Secara Maksimal

Saat mesin nyala, kepala piston bergerak naik turun dan maju mundur. Sehingga kemungkinan besar menimbulkan goresan pada liner silinder.

Goresan inilah dimanfaatkan sebagai jalan masuknya oli pada ruang bakar. Sehingga terjadi asap ngebul saat mesin dinyalakan.

Banyak hal yang menyebabkan mengapa terjadi keluar asap pekat pada knalpot motor. Motor ngebul saat mesin panas bisa terjadi dan sebaiknya atasi segera. (R10/HR-Online)

Loading...