Obat Bisul Tradisional Alami yang Ampuh untuk Mencegah Infeksi

Obat Bisul Tradisional Alami yang Ampuh untuk Mencegah Infeksi
Obat Bisul Tradisional. Foto: Ist/Net

Obat bisul tradisional alami sudah lama dikenal dan digunakan masyarakat untuk mengatasi gangguan kulit ini. Selain dikenal ampuh, obat bisul herbal ini juga efektif mencegah infeksi karena kandungannya. Obat herbal ini pun mudah didapatkan.

Bisul (abscessus), seperti dikutip dari Wikipedia, merupakan nanah yang terakumulasi dalam rongga jaringan akibat infeksi bakteri atau parasit. Bisul sebenarnya merupakan hasil respon imunitas tubuh di dalam jaringan agar bakteri tidak menyebar.

Bisul terutama disebabkan infeksi bakteri yang bernama Staphylococcus aureus. Infeksi ini bisa terjadi akibat kontak dengan penderita ataupun karena kurangnya kedisiplinan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan.

Infeksi akibat serangan bakteri atau organisme asing bisa membunuh sel tubuh lainnya di sekitarnya. Jika ini terjadi akan mengakibatkan keluarnya toksin yang mengakibatkan peradangan. Masyarakat kita biasa menggunakan herbal sebagai obat bisul tradisional.

Bisul bisa terjadi dan dialami siapa saja, dari bayi, remaja, hingga lanjut usia. Agar Anda terhindar dari bisul, sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan tubuh dan juga kulit.

Obat Bisul Tradisional Alami Terampuh

Apabila Anda mengalami atau terkena bisul sebaiknya jangan dipencet karena bisa menyebar ke tubuh lainnya. Berikut ini beberapa herbal obat bisul tradisional alami yang banyak terdapat di lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan.

Bawang Putih

Bumbu dapur beraroma khas dan menyengat ini telah lama digunakan untuk mengobati bisul. Bawang putih memiliki sifat antibakteri, anti virus, serta mengandung antiseptik alami sehingga bisa menjadi antibiotik alami untuk mengobati bisul.

Zat dalam bumbu dapur ini berguna untuk membunuh bakteri, parasit maupun benda asing lainnya yang bisa menyebabkan infeksi. Caranya, tumbuk beberapa siung bawang putih segar dan balurkan pada area kulit yang terkena bisul.

Daun dari Ubi Jalar

Daun ubi jalar adalah obat bisul tradisional alami yang kandungannya dapat melawan bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan infeksi. Hanya dengan menyiapkan beberapa lembar daun ubi jalar, kemudian bakar daun tersebut sampai agak layu.

Setelah didiamkan selama beberapa menit sampai daun menjadi hangat, maka daun tersebut siap ditempelkan pada bisul. Agar daun tidak mudah lepas, Anda bisa merekatkannya dengan menggunakan perban.

Daun Sirih

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun sirih, termasuk sebagai obat bisul tradisional alami. Caranya adalah dengan mengambil tiga lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, kemudian dihaluskan.

Daun sirih yang telah halus tersebut kemudian dibalurkan pada bagian yang terdapat bisul. Anda bisa menggunakan perban untuk menutupi dan membuat obat herbal menempel dengan baik.

Mentimun dan Biji Pala

Buah mentimun dan biji pala dapat dijadikan sebagai obat bisul tradisional yang efektif. Untuk caranya, kupas dan parut mentimun hingga lembut, kemudian tambahkan dan campur dengan beberapa biji pala.

Setelah tercampur lalu bungkus dengan daun pisang dan dipanggang selama beberapa menit. Setelah hangat, buka daun pisang tersebut dan ambil ramuan obat tersebut untuk dioleskan pada permukaan kulit yang bisul.

Daun Kamboja

Daun kamboja juga bisa dijadikan sebagai obat bisul tradisional alami dengan memanfaatkan getahnya. Caranya tinggal mengoleskan getah daun kemboja langsung pada bagian tubuh yang ada bisulnya.

Selain itu, Anda juga bisa mencuci daun kamboja sampai bersih. Tambahkan dengan minyak kelapa lalu ditempelkan pada bagian yang terdapat bisul. Lakukan beberapa kali hingga sembuh.

Itulah beberapa jenis obat bisul tradisional alami yang bisa menjadi pilihan sebagai langkah cepat untuk penanganannya. Meskipun bersifat herbal, namun obat bisul ini cukup ampuh untuk meredakan sakitnya. (R11/HR-Online)

Loading...