Obat Gondok Alami, Warisan Tradisional yang Masih Terjaga

Obat Gondok Alami
Ilustrasi Obat Gondok Alami. Foto: Ist/Net

Obat gondok alami merupakan resep warisan leluhur yang masih digunakan masyarakat untuk menyembuhkan pembengkakan pada leher. Selain bahannya mudah diperoleh dan murah, obat gondok herbal ini juga mujarab.

Penyakit gondok atau gondokan (struma) telah menjadi satu dari sekian banyak penyakit yang sampai saat ini masih banyak terjadi di Indonesia. Kekurangan yodium merupakan salah satu penyebab seseorang dapat terserang penyakit ini.

Awal mula dari penyakit gondok biasanya ditandai dengan munculnya bengkak pada bagian leher yang semakin lama semakin membesar. Pembengkakan yang terjadi di bawah jakun atau laring ini karena kelenjar tiroid yang membesar.

Apabila tidak diobati dengan cepat dan tepat, penyakit ini bisa sangat membahayakan. Karena itu obat gondok alami bisa digunakan sebagai solusi darurat untuk meredakan sakitnya.

Gejala penyakit gondok umumnya tidak diketahui. Namun saat leher membesar baru terasa sakitnya. Selain karena kekurangan yodium yang parah, penyakit ini juga bisa disebabkan penggunaan obat-obatan atau penyakit tertentu.

Bahan Herbal untuk Obat Gondok Alami

Peradangan pada penderita dirasakan sangat sakit. Berikut ini beberapa obat gondok tradisional yang sangat baik untuk digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak yang memanfaatkan bahan-bahan dari alam.

Daun Dandellion

Obati gondok alami yang juga bisa memanfaatkan sebagai herbal adalah dendellion. Anda dapat membuat ramuan dan melakukannya sendiri di rumah secara teratur sampai penyakitnya sembuh.

Caranya cukup dengan mengonsumsi daun dandelion sebanyak 2 hingga 3 kali setiap hari. Ini dapat mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa tidak nyaman yang datang saat penyakit gondokan semakin parah.

Bawang Putih

Obat gondok alami memang lebih aman dibandingkan dengan obat kimia yang bisa berbahaya untuk tubuh apabila diberikan secara berkala. Untuk mengobati gondokan pada anak Anda bisa menggunakan bawang putih.

Manfaat bawang putih dapat membantu merangsang produksi glutathione yang sangat penting untuk menambah fungsi kelenjar tiroid pada tubuh. Penggunaannya bisa dengan menambahkan banyak bawang putih pada makanan anak Anda.

Buah Nanas

Mungkin banyak yang tidak menyadari manfaat mengonsumsi buah nanas. Padahal salah satu manfaat buah nanas adalah sebagai obat gondok alami  yang dapat membantu menyembuhkan penyakit ini lebih cepat dan mencegahnya datang kembali.

Cara membuatnya adalah dengan mengupas kulitnya lalu mencuci bersih untuk menghilangkan getahnya. Setelah itu buah dapat dinikmati secara langsung ataupun diolah menjadi jus minuman yang menyegarkan dan enak.

Selada Air

Mengonsumsi selada air bisa dijadikan sebagai salah satu obat gondok alami. Salada air mempunyai kandungan yodium yang cukup tinggi yang dapat menyembuhkan dan mencegah Anda terhindar dari penyakit gondokan.

Anda dapat mengolah selada air menjadi masakan tumisan, sup atau dikonsumsi langsung sebagai lalapan. Mengonsumsi sayuran ini setiap hari juga akan mempercepat proses pengobatan penyakit gondokan.

Sayuran yang Kaya Yodium

Obat gondok alami lainnya yang bisa Anda dilakukan sendiri di rumah adalah memperbanyak konsumsi sayuran yang kaya yodium. Cara ini bisa dijadikan pertolongan pertama terbaik dalam mengatasi penyakit gondok ketimbang mengonsumsi obat kimia.

Yodium adalah bahan utama untuk mengobati penyakit gondokan. Namun tentunya kita tidak dapat mengonsumsi garam beryodium berlebihan karena bisa berdampak buruk. Sebagai gantinya, konsumsi saja sayuran beryodium tinggi.

Itulah beberapa pilihan obat gondok alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama. Namun jika kondisinya tidak segera membaik atau mereda, sebaiknya segera periksakan ke dokter pribadi Anda. (R11/HR-Online)

Loading...