Obat Liver Herbal Alami yang Ampuh Meredakan Peradangan Hati

Obat Liver Herbal Alami yang Ampuh Meredakan Peradangan Hati
Ilustrasi obat liver herbal. Foto: Ist/Net

Membuat ramuan obat liver herbal bisa menjadi pilihan pertama saat Anda terkena penyakit liver. Obat liver yang dibuat dari bahan alami ini ternyata masih dipraktikkan masyarakat sebagai warisan leluhur yang berharga.

Penyakit liver dikenal juga dengan istilah hepatitis. Penyakit ini, seperti dikutip dari Wikipedia, merupakan peradangan yang terjadi pada organ hati. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini, seperti karena toksin maupun virus.

Baca juga: Obat Luka Bakar Alami Tradisional yang Terbukti Ampuh

Peradangan karena toksin terjadi karena penggunaan obat-obatan tertentu maupun karena bahan kimia lainnya. Sedangkan virus yang menyebabkan hepatitis ada beberapa, seperti virus hepatitis A, B, C, D, E, atau virus lainnya.

Beberapa virus lain yang menyebabkan sakit liver antara lain virus mumps, herpes, cytomegalovirus, epstein-barr, ataupun virus rubella. Penyakit ini juga bisa karena mononukleosis infeksiosa, infeksi sitomegalovirus, ataupun demam kuning.

Obat Liver Herbal Alami yang Mudah Dibuat

Sakit liver apabila tidak diatasi bisa menyebabkan kematian. Untuk mengobati penyakit ini Anda bisa menggunakan obat liver herbal. Bahan yang berasal dari tanaman alami ini bisa membantu perbaikan fungsi hati.

Berikut ini beberapa bahan herbal yang biasa digunakan para orang tua untuk mengatasi liver. Bahan tradisional yang bisa dengan mudah kita dapatkan di sekitar kita ini dikenal ampuh untuk mengatasi penyakit ini.

Buah Mengkudu

Mengkudu telah dikenal oleh masyarakat luas sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit liver. Untuk menggunakan bahan herbal ini adalah dengan meminum air perasan buah mengkudu yang sudah matang.

Anda juga bisa membuat obat liver herbal ini dengan menumbuk kulit buah mengkudu hingga halus dan diberi sedikit cuka. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang untuk dikukus atau dipanaskan sebentar di atas api.

Setelah itu baru menempelkan bungkusan obat liver tradisional alami tersebut. Kulit buah mengkudu ditempelkan pada perut bagian kanan atas tempat hati yang sedang sakit dan mengalami pembengkakan. Rasa nyeri biasanya akan cepat reda.

Batang Bougenvile

Sama halnya dengan brotowali, cara membuat obat liver herbal dengan batang bougenvile juga dilakukan dengan meminum air rebusannya. Caranya, batang bougenvile yang telah dicuci bersih lalu dipotong tipis-tipis.

Baca juga: Obat Eksim Herbal Alami Paling Ampuh Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Rebus batang bougenvile dengan 3 gelas air hingga hanya airnya tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin Anda bisa menambahkannya dengan madu. Minum ramuan obat ini 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Temulawak

Sebagai tanaman rimpang, temu lawak juga bisa digunakan sebagai obat liver herbal untuk mengatasi gangguan hati. Caranya adalah dengan memarut sekitar 2 jari temulawak yang telah dicuci bersih dan dikupas kulitnya.

Setelah itu tambahkan dengan setengah gelas air hangat dan satu sendok makan madu. Aduk campuran herbal ini sampai rata, lalu peras untuk diambil sarinya. Minumlah air saringan obat ini sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

Brotowali

Brotowali merupakan tanaman obat liver herbal yang juga sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit liver. Caranya adalah dengan mencuci bersih batang brotowali. Kemudian dipotong-potong dan direbus dengan menggunakan 3 gelas air putih.

Baca juga: Obat Bisul Tradisional Alami yang Ampuh untuk Mencegah Infeksi

Setelah mendidih, diamkan sampai airnya tinggal segelas saja. Air rebusan inilah yang berkhasiat untuk mengobati sakit liver. Minum air rebusan brotowali ini setengah gelas setiap kali minum sebanyak 2 kali sehari.

Kunyit

Kunyit memang sangat banyak khasiatnya, sehingga tidak mengherankan apabila tanaman rimpang ini sering digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Termasuk sebagai obat liver herbal.

Untuk membuat ramuan obat alami ini kunyit yang sudah dicuci bersih lalu diparut. Kemudian beri sedikit air agar dapat diambil airnya. Peras kunyit dan tambahkan madu lalu minum tiga kali sehari secara rutin.

Itulah berbagai pilihan obat liver herbal untuk meredakan gangguan pada hati. Terjadinya peradangan pada hati bisa berbahaya dan menyebabkan kematian jika tidak segera diatasi. Sehingga herbal ini bisa menjadi pilihan darurat terbaik. (R11/HR-Online)