Zona Merah, Pasar Dadakan BMX Ciamis Ditutup Lagi

BMX Ciamis Ditutup
Pasar dadakan di area sirkuit BMX Ciamis ditutup kembali. Foto: Dok HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Baru saja Pasar Dadakan BMX Ciamis dibuka pada Minggu, 9 Agustus 2020, lalu, namun kini harus ditutup kembali.

Penutupan pasar yang buka seminggu sekali di area sirkuit BMX tersebut dilakukan lantaran Kecamatan Ciamis berstatus zona merah. Salah seorang warga di Kecamatan Ciamis positif Covid-19.

Erwan Darmawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Ciamis, mengatakan, komitmen dengan pedagang sebelum dibuka kembali Pasar Dadakan, adalah pasar akan kembali ditutup apabila terjadi peningkatan kasus Covid-19.

“Sebelum hari Minggu kemarin dibuka, kami sudah koordinasi dengan pedagang. Kalau ada sesuatu terkait Covid-19, maka tempat itu akan ditutup untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan,” katanya, Jum’at (14/8/2020).

Saat ini, lanjut Erwan, Kecamatan Ciamis berstatus zona merah. Salah seorang warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dari satuan tugas Covid-19 Kabupaten Ciamis, wilayah Kecamatan Ciamis zona merah,” katanya.

Pasar dadakan yang digelar setiap hari Minggu berada di lokasi sirkuit BMX dan masuk wilayah Kecamatan Ciamis.

“Untuk antisipasi adanya penyebaran Covid-19, maka lokasinya ditutup. Tidak boleh ada aktifitas sampai situasi kembali normal,” katanya.

Sebelumnya, Disbudpora Ciamis memang sempat mengizinkan para pedagang yang tergabung dalam HPKC (Himpunan Pedagang Kreatif Ciamis) untuk kembali beraktifitas di lokasi sirkuit BMX pada Minggu lalu.

“Kalau kondisinya sudah clear, serta sudah ada rekomendasi dari Satuan Tugas Covid-19 Ciamis, maka bisa dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Salah seorang pedagang nasi TO yang membuka lapaknya di pasar dadakan BMX Ciamis, Neneng, mengaku kecewa karena baru satu kali dibuka, sekarang sudah ditutup lagi.

“Kecewa, memang kecewa. Tapi kalau untuk keselamatan semuanya, saya ikut aturan pemerintah. Kita memang butuh untuk memenuhi kebutuhan keluarg. Dengan dagang setiap minggu di BMX bisa membantu. Tapi kalau ditutup ya sudah, saya menurut,” tutupnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Aegis Boost Pro