Peluncuran BLT Karyawan, Cair Rp 1,2 Juta ke Rekening, Buruan Cek Saldo!

Peluncuran BLT Karyawan
BLT Karyawan peserta BPJS Kesejahteraan diluncurkan hari ini, Kamis, 27 Agustus 2020. Foto: Ist/Net

Peluncuran BLT Karyawan digelar hari ini, Kamis, 27 Agustus 2020. Presiden Joko Widodo yang meresmikan peluncuran bantuan subsidi gaji atau upah untuk karyawan dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Sejumlah karyawan mengunggah foto laporan transfer BLT karyawan melalui akun Twitternya masing-masing. Terlihat penerima BLT Karyawan ini adalah mereka yang memiliki rekening BRI dan Mandiri.

Bagaimana dengan pemilik rekening yang lain? Untuk pemilik rekening BCA, misalnya, proses transfer BLT Karyawan pada tanggal 29 Agustus 2020.

Kemungkinan untuk pemilik rekening bank non pemerintah juga proses transfer BLT Karyawan baru cair pada tanggal 29 Agustus 2020.

Baca Juga: BLT Karyawan Cair Besok, Rp 1,2 Juta Ditransfer Langsung ke Rekening

Bagi Anda karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berhak menerima bantuan, segera cek saldo. Siapa tahu Rp 1,2 juta sudah nangkring dalam rekening.

Peluncuran BLT Karyawan

Sebelumnya proses transfer BLT Karyawan sempat tertunda lantaran pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker)  masih melakukan validasi data.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah, secara khusus meminta maaf kepada para pekerja lantaran mundurnya pencairan BLT Karyawan. Rencana awal pencairan BLT Karyawan pada 25 Agustus, namun mundur.

Saat itu, Menaker menegaskan BLT Karyawan akan tetap cair. Manaker Ida Fauziyah juga menjanjikan pencairan BLT Karyawan paling lambat pada  akhir Agustus atau pada 31 Agustus 2020.

Lalu pada 26 Agustus 2020, Menaker kembali mengumumkan peluncuran BLT Karyawan pada hari ini, 27 Agustus 2020 oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Pencairan BLT Karyawan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Ditunda! Lalu Kapan Cair?

Rencananya setelah peluncuran, sebanyak 2,5 juta pekerja akan mendapatkan BLT Karyawan melalui rekeningnya masing-masing.

Pencairan BLT Karyawan Tidak Serentak

Besar bantuan BLT Karyawan Rp 600 ribu per bulan, sehingga totalnya Rp 2,4 juta. Penyalurannya sebanyak 2 kali, masing-masing Rp 1,2 juta.

Sehingga sekali pencairan, karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan Rp 1,2 juta dalam rekening masing-masing.

Pencairan tahap pertama pada hari ini, 27 Agustus 2020 untuk 2,5 juta pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan. Para pekerja yang sudah terdaftar akan langsung mendapatkan Rp 1,2 juta melalui rekening masing-masing.

Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, melalyi peluncuran BLT Karyawan, sebanyak 15 juta lebih karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan bakal mendapat BLT.

Pencairannya bantuan Rp 600 ribu per bulan melalui beberapa batch (gelombang). Setiap batch akan ada 2,5 juta pekerja yang akan mendapatkan BLT.

Pencairan BLT Karyawan tahap pertama akan dilakukan setiap minggu. Per minggunya akan cair BLT Karyawan untuk 2,5 juta pekerja.

Karena itu, jika Anda hari ini belum mendapatkan BLT Karyawan Rp 600 ribu per bulan, maka Anda bisa menunggunya pada gelombang selanjutnya.

Perusahaan Harus Mendaftarkan Karyawannya untuk Mendapat BLT

Menaker Ida Fauziyah juga menegaskan, apabila ada karyawan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan, maka pihak perusahaan harus segera mendaftarkannya.

Meskipun peluncuran BLT Karyawan hari ini, namun pengajuan masih bisa dilakukan oleh perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan setempat.

Baca Juga: Bantuan 600 Ribu untuk Karyawan Gaji di Bawah 5 Juta, Ini Kriterianya!

Selain itu perusahaan juga menyetorkan rekening karyawannya kepada BPJS Ketenagakerjaan. Batas waktunya sampai 31 Agustus 2020. Apabila perusahaan lalai, maka akan ada sanksi yang menanti.

Badan Pengelola BP Jamsostek, mengingatkan perusahaan yang tidak mendaftarkan pegawainya sebagai penerima BLT Karyawan Rp 600 ribu.

Direktur Utama BP Jamsostek, Agus Susanto, menegaskan hal tersebut. “Sanksi administrasi mulai teguran sampai denda. Termasuk penghentian pelayanan publik dan sanksi lainnya sesuai peraturan yang berlaku,” katanya.

Saat ini, lanjut Agus, ada 13,7 juta pekerja yang sudah terdata sebagai penerima BLT karyawan. Sementara total pekerja yang akan menerima bantuan adalah 15,7 juta karyawan.

 “Dari 13,7 juta pekerja itu kami lakukan validasi berlapis. 127 bank kami lakukan validasi. Dari 13,7 juta yang sudah tervalidasi 10 juta pekerja. Kami serahkan hari ini 2,5 juta bertahap untuk memudahkan monitoring, evaluasi, dan prinsip kehati-hatian,” katanya.

Saat ini peluncuran BLT Karyawan hanya untuk 2,5 juta pekerja terlebih dahulu. Setiap gelombang pencairan BLT Karyawan untuk 2,5 juta pekerja yang targetnya selesai sampai September 2020. Bagi Anda yang sudah memenuhi syarat menerima BLT Karyawan, buruan cek saldo rekening, siapa tahu Rp 1,2 juta sudah nangkring dalam rekening. (Ndu/R7/HR-Online)