Pemprov Jabar Tetap Berprestasi saat Pandemi Covid-19, Ini Prestasinya

Pemprov Jabar Tetap Berprestasi
Kepala BPSDM Provinsi Jabar Dicky Saromi saat mengikuti video conference Sosialisasi Hasil Sidang Re-Akreditasi.

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19, Pemprov Jabar tetap berprestasi. Kali ini Jabar berprestasi di Bidang Pengembangan Kompentensi ASN (aparatur sipil negara). Dimana, BPSDM Pemprov Jabar berhasil mendapat akreditasi A untuk seluruh program pelatihan manajerial.

Penilaian ini dilakukan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Program-program itu yakni, Program Pelatiah Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II. Program Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA). Program Pelatihan Kepmimpinan Pengawasan (PKP) dan Program Pelatihan Dasar CPNS (Latsar).

Dicky Saromi, Kepala BPSDM Jabar, mengatakan Pemprov Jabar tetap berprestasi meski di tengah Pandemi Covid-19. Menurutnya reformasi birokrasi tak hanya ada pada aspek organisasi dan ketatalaksanaan tapi seluruh perubahan SDM aparatur.

“Perubahan ini mengharuskan adanya pembaharuan mindset, cultural set serta sistem manajemen pemerintahan yang mampu menopang reformasi birokrasi. Pembaharuan minset bisa dilakukan dengan program pelatihan dan pendidikan berkualitas. Itu terlihat dari kelayakan institusi atau lembaga penyelenggara diklat,” ujar Dicky.

“Kualitas sebuah penyelenggaraan menjadi tolak ukur kinerja BPSDM Jabar dalam meningkatkan kompetensi ASN,” katanya.

Pemprov Jabar tetap berprestasi di bidang pengembangan kompetensi ASN. Itu karena adanya konsistensi dalam memperbaiki kualitas di semua unsur. Mulai dari lembaga diklat hingga program diklat serta pengelolaan program diklat.

Dicky menjelaskan prestasi ini didukung dengan tenaga pengajar di BPSDM Jabar yang mengalami peningkatan kuantitas. Sehingga berdampak baik untuk peningkatan kompetensi SDM Aparatur. BPSDM juga intensif memfasilitasi dalam publikasi karya tuliis ilmiah ASN Jabar dan Widyaiswara lewat e-jurnal BPSDM. Bahkan telah terakreditasi SINTA.

“Di masa pandemi COVID-19, melalui LMS berbasis e-learning dapat mendukung keberlanjutan program diklat yang sedang dan akan berjalan,” katanya.

Akreditasi A dari LAN RI tahun 2020 serta berbagai prestasi yang diraih ini, tidak membuat BPSDM Provinsi Jabar terlena dan berdiam diri. Dicky bertekad BPSDM Provinsi Jabar dibawah kepimpinannya akan terus berinovasi.

“Prestasi yang diraih ini menjadi kado ulang tahun bagi Jabar ke 75 Tahun pada 19 Agustus mendatang,” kata Dicky. (R9/HR Online)

Loading...