Pendaftaran Prakerja Gelombang 5 Dibuka Hari Ini, Begini Trik Suksesnya!

Pendaftaran Prakerja Gelombang 5
Pendaftaran prakerja gelombang 5 dibuka hari ini. Foto:Ist/Net

Pendaftaran prakerja gelombang 5 dibuka hari ini Sabtu 15 Agustus 2020 jam 12.00 WIB siang. Bagi kamu yang belum tahu, buruan login di www.prakerja.go.id.

Seperti diketahui, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 sudah ditutup Rabu 12 Agustus 2020 kemarin. Sekitar 1,2 juta orang ikut mendaftar di batch 4 tersebut.

Hal tersebut dikatakan Head of Communications PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.

Kata dia, pendaftaran prakerja gelombang 5 dibuka Sabtu 15 Agustus pukul 12.00 WIB.

Ia menyebut, kuota yang diberikan pemerintah di gelombang 5 ini cukup banyak, yakni sekitar 800 ribu peserta, sama dengan gelombang 4.

Hanya saja, di gelombang ke 5 ini, pemeriksaan masih memprioritaskan para pekerja yang kena PHK akibat pandemi Covid-19.

Namun demikian, siapa saja boleh ikut pendaftaran prakerja gelombang 5 dan berpeluang menjadi peserta kartu pra kerja.

Adapun syarat untuk bisa ikut daftar kartu pra kerja yaitu peserta harus warga negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Bagi anda yang memenuhi kriteria tersebut, bisa langsung ikut mendaftarkan diri di www.prakerja.go.id

Lalu bagaimana cara pendaftaran prakerja gelombang 5?

Sama seperti gelombang sebelumnya, setiap orang yang ingin daftar kartu pra kerja harus mendaftarkan diri secara online.

Baca Juga: Daftar Prakerja Gelombang 5 Dibuka, Begini Caranya Agar Lolos!

Pendaftaran Prakerja Gelombang 5 di www.prakerja.go.id

Sebelum melakukan pendaftaran kartu pra kerja, anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun prakerja dibuat dengan alamat email. Caranya sebagai berikut ini:

– Pertama login www.prakerja.go.id

– Klik Daftar Sekarang

– Lalu identitas diri sesuai KTP, dan masukan email dan paswordnya

– Jika sudah beres, masuk ke email kamu untuk konfirmasi akun

– Apabila konfirmasi berhasil, masuk kembali ke www.prakerja.go.id.

Setelah berhasil membuat akun, kamu tinggal mengikuti pendaftaran prakerja gelombang 5. Caranya sebagai berikut:

– Buka browser masuk ke laman www.prakerja.go.id

–  Kemudian pilih login dan masukan alamat email dan passwordnya

– Lalu isi verifikasi KTP

– Masukan identitas diri sesuai KTP

– Unggah foto KTP dan Foto selfie kamu yang sedang memegang KTP.

– Terakhir verifikasi nomor telepon. Masukan nomor telepon pada kolom verifikas, dan tunggu kode OTP masuk lewat pesan SMS. Setelah menerima kode OTP tersebut, masukan kode itu ke kolom yang tersedia.

Itu adalah langkah pertama yang harus dilalui saat pendaftaran prakerja gelombang 5.

Setelah berhasil mengikuti daftar kartu pra kerja, ada beberapa tahapan lagi yang mesti kamu ikuti agar bisa lolos sebagia peserta kartu prakerja. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:

1. Mengikuti Tes atau Uji Kompetensi Prakerja

Kamu yang sudah berhasil melakukan pendaftaran kartu pra kerja, harus mengikuti uji atau tes kompetensi keahlian. Tes terdiri dari 18 soal dan harus dijawab dalam waktu 25 menit.

Dalam mengisi tes, peserta boleh menggunakan alat bantu tulis seperti pulpen dan kertas. Apabila tes sudah semua diisi, tunggu sampai ada pemberitahuan yang menyatakan kamu lolos atau tidaknya.

2. Ikuti Pelatihan Prakerja

Jika anda lolos pendaftaran prakerja gelombang 5, anda juga wajib mengikuti pelatihan pra kerja. Pelatihan ini disesuaikan dengan jenis keterampilan yang anda pilih.

Pelatihan ini juga harus diikuti setiap peserta agar insentif kartu pra kerja bisa cair.

3. Insentif Kartu Prakerja

Insentif kartu pra kerja bagi peserta yang lolos bisa didapatkan sesudah peserta mengikuti pelatihan. Adapun jumlah insentifnya adalah senilai Rp 3.550.000.

Rinciannya adalah Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp2,4 juta untuk insentif peserta dan Rp 150 ribu untuk 3 kali survei pekerjaan.

Pendaftaran Prakerja Gelombang 5 Secara Offline

Pendaftaran prakerja gelombang 5 juga bisa dilakukan secara offline. Caranya sebagai berikut.

Kamu tinggal mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja masing-masing kota/Kabupaten. Isi formulir pendaftaran dengan format isian yang sama persis seperti format pendaftaran lewat internet.

Baca Juga: Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Dapatkan Insentif Rp3,5 Juta

11,3 Juta Masyarakat Daftar Kartu Prakerja

Antusiasme masyarakat mengikuti program kartu pra kerja nyatanya sangat tinggi. Selama dibuka dari April sampai saat ini, ada sekitar 11,3 juta peserta yang ikut mendaftar.

Namun, kuota yang diberikan pemerintah cukup terbatas. Sampai gelombang 3 saja, pendaftar yang diterima baru 680 ribu peserta. Rencananya di batch ke 4 dan 5, pemerintah akan menambah kuota menjadi 800 ribu peserta setiap gelombangnya.

Nah itulah informasi mengenaik pendaftaran prakerja gelombang 5. Segera ikuti pendaftaran dari sekarang, dan dapatkan insentif Rp 3,5 juta. Selamat mencoba! (Jujang/R8/HR Online)