Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita BisnisPengertian Manajemen Keuangan dan Pentingnya untuk Kemajuan Bisnis

Pengertian Manajemen Keuangan dan Pentingnya untuk Kemajuan Bisnis

Memahami pengertian manajemen keuangan dengan baik sangat penting bagi seorang pengusaha. Tanpa adanya sistem pengelolaan dan manajemen keuangan yang baik, berpotensi terjadinya kebocoran penggunaan dana yang berbahaya untuk kelangsungan usaha.

Keberadaan manajemen keuangan sangat vital dalam sebuah perusahaan maupun lembaga. Dalam prosesnya, manajemen keuangan melakukan segala aktivitas ataupun kegiatan yang berkaitan dengan cara yang efisien dan efektif dalam mendapatkan, menggunakan, dan mengelola keuangan perusahaan.

Pengertian manajemen keuangan adalah segala kegiatan dalam mengelola dana maupun berbagai aset perusahaan. Tujuannya agar dapat dimanfaatkan pada hal-hal ataupun kegiatan yang bisa membantu upaya tercapainya tujuan utama perusahaan, yaitu keuntungan atau profit.

Baca juga: Manajemen Keuangan Keluarga dan Manfaatnya untuk Masa Depan

Peran dan fungsi manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan maupun bisnis sangat penting. Ada sejumlah aktivitas utama yang wajib dilakukan oleh seorang manajer. Masing-masing adalah:

  1. Bagaimana aktivitas alam penggunaan atau pengelolaan dana tersebut untuk perusahaan.
  2. Bagaimana cara dab proses pengelolaan aktiva atau aset yang ada untuk kemajuan perusahaan.
  3. Bagaimana cara memperoleh atau mendapatkan dana untuk pengembangan bisnis.

Sedangkan pengertian manajemen keuangan menurut Wikipedia adalah suatu kegiatan yang mengolah perencanaan, pemeriksaan, penganggaran, pengelolaan, pencarian, pengendalian serta penyimpanan dana yang dimiliki oleh sebuah organisasi atau perusahaan.

Ruang Lingkup Pengertian Manajemen Keuangan

Agar pemahaman terhadap pengertian manajemen keuangan lebih lengkap, Anda juga perlu mengetahui ruang lingkupnya. Berikut ini ruang lingkup manajemen keuangan yang harus dipahami oleh manajer maupun pemimpin usaha agar dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Keputusan Pendanaan

Keputusan pendanaan adalah keputusan yang mencakup segala aturan maupun kebijakan yang berkaitan dengan bagaimana cara memperoleh dana, contohnya kebijakan menerbitkan obligasi atau sukuk.

Kebijakan mencari pinjaman jangka pendek maupun jangka panjang. Dana tersebut bisa berasal dari internal maupun eksternal perusahaan.

Keputusan Investasi

Pengertian manajemen keuangan juga mencakup ruang lingkup dalam keputusan investasi. Keputusan investasi merupakan segala keputusan yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakan penanaman modal, seperti aset tetap atau fixed assets. 

Baca juga: Manfaat dan Tujuan Akuntansi Manajemen untuk Pengelolaan Usaha

Modal investasi tidak hanya berupa uang, tetapi juga bisa berbentuk gedung, tanah, maupun sarana dan prasarana yang dapat dipergunakan perusahaan. Seperti mesin produksi dan sebagainya. Investasi juga bisa berupa surat berharga seperti saham atau obligasi.

Keputusan Pengelolaan Aset

Keputusan pengelolaan aset merupakan keputusan atau kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan aset dengan efisien. Keputusan ini juga tak kalah pentingnya agar dapat mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan Usaha

Setelah memahami pengertian manajemen keuangan, seorang manajer atu pemimpin usaha juga wajib mengetahui pentingnya fungsi ini. Berikut ini berbagai tujuan manajemen keuangan yang harus dicapai.

Memaksimalkan Keuntungan

Jika perusahaan memiliki manajemen keuangan yang bagus, maka perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan untuk jangka panjang.

Menjaga Arus Kas

Untuk menjalankan operasionalnya, perusahaan akan mengeluarkan kas harian. Baik untuk pembelian bahan baku, pembayaran gaji karyawan, pembayaran sewa, dan pembayaran lainnya. Untuk mencegah potensi kerugian, arus kas ini harus diawasi dan dikendalikan.

Mempersiapkan Struktur Modal

Manajemen keuangan juga penting untuk mempersiapkan struktur modal. Sehingga perusahaan perlu menyeimbangkan pembiayaan yang dikeluarkan dengan dana yang dipinjam.

Optimalisasi Penggunaan Keuangan

Dalam pengertian manajemen keuangan juga terkandung fungi pentingnya dalam memaksimalkan pemanfaatan keuangan perusahaan agar efisien dan tepat sasaran.

Mengoptimalkan Kekayaan Perusahaan

Tujuan ini dimaksudkan agar perusahaan dapat memberikan dividen yang maksimal sehingga bisa memperluas pangsa pasar.

Meningkatkan Efisiensi

Manajer keuangan harus berupaya untuk meningkatkan efisiensi semua departemen maupun unit dalam organisasi, yaitu dengan melakukan penyaluran dana yang tepat.

Baca juga: Perbedaan Akuntansi Biaya dan Keuangan yang Wajib Diketahui Pebisnis

Memastikan Keberlangsungan Usaha

Keputusan atau kebijakan yang berkaitan dengan masalah keuangan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Sebab kesalahan dalam hal tersebut dapat mengakibatkan kerugian atau kebangkrutan.

Tujuan Lainnya

Selain yang telah disebutkan di atas, manajemen keuangan juga bertujuan untuk mengurangi risiko operasional maupun mengurangi biaya modal.

Demikianlah informasi tentang pengertian manajemen keuangan yang wajib dipahami para pelaku bisnis. Begitu vitalnya fungsi manajemen keuangan, tujuan usaha juga akan bisa dilihat dan diperkirakan dari cara pengelolaannya. (R11/HR-Online)