Penyakit Leukoplakia Mengintai Perokok, Ini Gejala dan Cara Atasinya

Penyakit leukoplakia mengintai perokok, meski begitu ada cara untuk menanganinya, tergantung penyebabnya. Foto: Ilustrasi/Net.
Penyakit leukoplakia mengintai perokok, meski begitu ada cara untuk menanganinya, tergantung penyebabnya. Foto: Ilustrasi/Net.

Penyakit leukoplakia mengintai perokok dan dapat menjadi gejala awal kanker mulut. Bagi kita mungkin nama penyakit ini masih terdengar asing. Karena itu penting kita mengetahuinya gelaja dan cara mengatasinya.

Leukoplakia adalah jenis penyakit yang bisa menyebabkan munculnya bercak abu-abu atau putih pada bagian mulut. Baik pada bagian dalam pipi, dasar mult, bagian mulut, gusi bagian dalam, lidah, dasar mulut, dan bagian dalam pipi.

Penyakit tersebut bisa muncul akibat iritasi pada bagian mulut, salah satunya akibat merokok. Namun, leukoplakia juga bisa menyerang siapapun dan semua rentang usia. Tetapi biasanya kerap menyerang orang yang sudah dewasa.

Merangkum dari berbadai sumber, bercak leukoplakia ini bisa menjadi gejala awal penyakit kanker mulut. Berikut ulasan lengkapnya tentang bahaya penyakit leukoplakia yang perlu Anda ketahui!

Baca Juga : Menderita Kanker Payudara 2 Tahun, Warga Ciamis Ini Butuh Bantuan

Waspada Penyakit Leukoplakia Mengintai Perokok

Iritasi pada Mulut

Penyakit leukoplakia biasanya menyerang perokok. Namun mengenai penyebabnya sampai saat ini belum ada kejelasan secara pasi.

Meski begitu, ada berbagai macam masalah yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi mulut dan munculnya penyakit tersebut. Seperti halnya kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, paparan radiasi ultraviolet, gigi palsu tidak terpasang baik, dan HIV/AIDS.

Ada pula penyakit leukoplakia berambut akibat terjadinya infeksi virus bernama Epstein-Barr. Pada dasarnya virus ini merupakan virus tidak aktif.

Namun, virus tersebut bisa menjadi bereaksi atau aktif terhadap seseorang yang kekebalan tubuhnya lemah, seperti halnya pengidap HIV/AIDS.

Gejala yang Muncul

Gejala penyakit leukoplakia salah satunya muncul bercak abu-abu atau putih pada bagian mulut. Bercak tersebut sensitif terhadap sentuhan, panas, atau makanan pedas.

Sedangkan, gejala yang muncul pada penyakit leukoplakia berambut yaitu adanya bercak bergelombang, dan garis-garis tipis menyerupai rambut. Bercak tersebut akan muncul pada bagian kanan atau kiri lidah.

Apabila dalam waktu 2 minggu bercak-bercak itu tidak juga hilang, maka bisa jadi pertanda gejala penyakit leukoplakia yang berbahaya.

Penyakit leukoplakia mengintai perokok. Penyakit ini juga memiliki gejala lainnya, yang mana penderita mengalami kesulitan saat membuka rahang mulut. Selain itu, ada benjolan di mulut, serta nyeri pada telinga ketika menelan.

Baca Juga : Manfaat Obat Kumur Mouthwash Bisa Cegah Virus Corona? Ini Risetnya!

Leukoplakia Bisa jadi Gejala Awal Kanker Mulut

Penyakit leukoplakia bisa jadi gejala awal kanker mulut, meskipun penyakit ini pada umumnya tidak akan menyebabkan terjadi kerusakan pada mulut.

Karena, kanker mulut dapat terbentuk sekitar bercak leukoplakia. Meskipun bercak tersebut sudah hilang, namun risiko terkena penyakit kanker mulut tetap ada.

Cara Mengatasinya

Penyakit leukoplakia mengintai perokok, meski begitu ada cara untuk menanganinya, tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya adalah rokok, maka dokter akan menyarankan agar pasien tersebut berhenti merokok.

Sedangkan, kalau penyebabnya karena gigi yang bisa mengakibatkan terjadinya iritasi pada bagian mulut, dokter pun akan memperbaiki keadaan gigi pasien.

Kemudian, jika leukoplakia berambut, maka dokter akan memberikan obat antivirus kepada pasien tersebut untuk mencegah berkembangnya bercak leukoplakia.

Untuk memperkecil kondisi bercak pada penyakit leukoplakia, dokter akan memberi krim yang mengadung asam retinoid, salah satunya tretinoin tropical.

Operasi Bercak Leukoplakia

Penyakit leukoplakia mengintai perokok. Jika penyakit tersebut tak kunjung hilang meski telah melakukan pengobatan, maka dokter pun akan melakukan tindakan operasi.

Caranya dengan pengangkatan bercak leukoplakia, bisa menggunakan sinar laser, irisan pisau bedah, atau pembekuan.

Sebetulnya Anda bisa mencegah penyakit ini dengan cara selalu menjalankan gaya hidup sehat, antara lain berhenti merokok, stop mengonsumsi alkohol, serta konsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan. Sehingga, penyakit leukoplakia tidak akan muncul.

Baca Juga : Buat Perokok, Ini Bahayanya Merokok Setelah Makan

Penjelasan Mengenai Leukoplakia

Penyakit leukoplakia mengintai perokok. Lantas apa itu leukoplakia, penyebab, dan bagaiman cara mengatasinya?

Leukoplakia adalah terjadinya gangguan pada bagian dalam pipi, gusi, bagian bawah lidah dan mulut. Gangguan tersebut adanya bercak putih atau berupa penebalan.

Sampai saat ini kita belum mengetahui penyebab leukoplakia, namun kemungkinan besar tembakau menjadi penyebab utama terjadinya gangguan tersebut. Baik sudah berupa rokok atau dengan mengunyahnya secara langsung.

Pada umumnya penyakit leukoplakia ini tidak berbahaya, namun terkadang bisa juga menjadi serius. Walaupun rata-rata leukoplakia jinak itu persentasenya kecil untuk bisa menunjukkan tanda awal penyakit kanker mulut.

Gejala

Penyakit leukoplakia mengintai perokok dengan menunjukkan sejumlah gejala awal, dan itu bisa terlihat dengan adanya perubahan beberapa bentuk.

Biasanya perubahan itu terjadi pada bagian dalam pipi, gusi, bagian bawah mulut atau lidah. Kemungkinan muncul juga bercak abu-abu atau, dan adanya daerah yang mengalami penebalan atau mengeras.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, kemungkinan itu adalah leukoplakia. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...