AC Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya untuk Penanganan Lebih Tepat

Penyebab AC mobil panas
Ilustrasi AC Mobil Panas. Foto Istimewa

Penyebab AC mobil panas bisa dipengaruhi beberapa faktor. Sebaiknya segera atasi agar AC mobil bisa kembali berfungsi dengan sempurna. Air Conditioner atau AC merupakan komponen yang saat ini sudah banyak diterapkan pada mobil.

Komponen ini juga menjadi faktor penting untuk kenyamanan sang pengemudi dan penumpangnya. Jika AC tiba-tiba panas, pastinya akan mengganggu kenyamanan yang ada.

Rasa gerah saat berada di kemacetan mampu membuat pengemudi merasa lelah. Saat AC panas, kondisi kabin pun akan terasa panas sehingga rasa nyaman saat mengemudi akan berkurang.

Itulah mengapa AC pada mobil sangat berpengaruh saat mengemudi. Hal ini terjadi ketika AC dinyalakan, namun hanya keluar angin bersuhu tinggi meski sudah diatur pada level yang paling dingin.

AC mobil panas dapat diatasi dengan beberapa cara. Semua tergantung dari sebab yang menimbulkan hal ini terjadi. Jika AC panas, jangan panik. Sebaiknya bawa pada bengkel otomotif untuk memperbaikinya.

Penyebab AC Mobil Panas

Kondisi AC yang panas akan langsung bisa dirasakan seketika anda menyalakannya. Kondisi kabin akan terasa panas karena AC tidak berfungsi.

Baca juga: AC Mobil Tidak Dingin Hanya Dikarenakan Tak Rutin Dalam Merawatnya

Sebagai pemilik mobil, sebaiknya segera atasi agar kenyamanan saat mengemudi segera anda dapatkan kembali. Namun, sebelum mengatasi AC mobil panas, sebaiknya anda ketahui dulu penyebabnya.

Jika penyebab AC panas bisa diketahui, barulah anda tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebagian besar orang banyak yang menyerahkan pada bengkel otomotif jika kondisi ini terjadi.

Hal ini dikarenakan sebagian besar tidak mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Namun, tidak ada salahnya mengatasi AC panas dilakukan sendiri.

Asalkan anda tahu bagaimana teknik cara memperbaikinya. Jika anda tidak tahu caranya, justru dapat menambah kerusakan yang terjadi. AC yang panas bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya:

Magnetic Clutch

Komponen yang bisa menjadi penyebab AC mobil panas yaitu magnetic clutch. Jika komponen ini bermasalah, maka AC akan terasa panas saat anda berada di dalam kendaraan.

Baca juga: Perawatan Filter AC Mobil Agar Kualitas Udara Kabin Selalu Sejuk

Ketika komponen yang satu ini tidak berfungsi, maka muncul hawa panas dalam kabin. Hawa panas ini terjadi akibat magnetic clutch sudah lemah dan terkena hawa panas dari mesin yang menyebabkan AC off seketika.

Freon Habis

Freon merupakan bahan yang digunakan untuk memindahkan panas udara yang dihembuskan dalam kabin. Freon ini juga berfungsi penting untuk mendinginkan udara di dalam kabin.

Jadi, AC dapat menghembuskan suhu dingin yang diperoleh dari temperatur freon tersebut. Jika volume freon berkurang, maka penyerapan panas juga akan mengalami penurunan.

Jika freon dibiarkan saja, maka akan habis karena freon adalah gas yang mudah menguap. Saat AC terasa panas dikarenakan kompresor dan semua sistem AC masih berfungsi secara normal.

Dalam evaporator, suhunya akan lebih tinggi akibat udara yang terkompresi oleh kompresor AC. Akibatnya, suhu hembusan udaranya terasa panas.

Kopling Kompresor Mati

Penyebab AC mobil panas berikutnya yaitu kopling kompresor mati. Kopling kompresor memiliki fungsi layaknya kopling pada transmisi. Fungsi komponen ini untuk memutuskan dan menghubungkan putaran.

Baca juga: Jangan Menyalakan AC Mobil saat Berhenti! Dampaknya Bisa Menyebabkan Kematian

Putaran tersebut diolah oleh pulley kompresor ke poros kompresor AC. Penempatan kopling membuat kompresor tidak bekerja terus-menerus.

Sehingga ketika freon dalam tekanan maksimal, kompresor akan terhenti secara otomatis. Namun, jika kopling magnet tidak bekerja, maka kompresor AC tidak akan terhubung dengan pulley.

Pompaan freon tidak bisa bekerja meski RPM mesin sudah tinggi. Hal inilah yang membuat hembusan udara dalam kabin akan terasa panas.

Kipas Pendingin Mati

Kipas pendingin memiliki peranan yang penting pada AC. Selain untuk mendinginkan mesin, berfungsi juga sebagai pendingin kondensor AC.

Hal ini dapat berpengaruh pada kinerjanya yaitu proses perpindahan panas pada freon ke udara bebas. Jika kipas pendingin mati, maka freon tidak dapat didinginkan.

Jika kipas pendingin adalah penyebab AC panas, maka akan segera bisa dirasakan. Terlihat dari indikator overheat pada dashboard yang mengindikasikan suhu mesin terlalu panas.

Jika terjadi overheat dan AC panas, maka sudah bisa dipastikan jika kipas pendingin mengalami kerusakan. Sebaiknya mengetahui penyebab AC mobil panas terlebih dulu untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. (R10/HR-Online)

Loading...