Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Baterai HP Bocor, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

Penyebab Baterai HP Bocor, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

Sebagian pengguna HP, masih belum menyadari faktor penyebab baterai HP bocor. Bahkan terkadang sering abai dengan kebiasaan yang dilakukan tanpa menyadari hal tersebut dapat merusak baterai.

Baterai HP merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Ketika mengalami kerusakan, sudah pasti akan mempengaruhi performa HP itu sendiri. Pastinya, aktivitas penggunaan HP anda juga menjadi kurang maksimal.

Penyebab Baterai HP Bocor, Anda Wajib Tahu!

Yang dimaksud dengan baterai HP bocor bukan berarti pada permukaannya timbul sebuah lubang. Akan tetapi, daya baterai HP yang cepat habis meskipun tidak sering menggunakannya.

Sebagai pemiliknya, sudah barang tentu harus memperhatikan kondisi semacam ini agar nantinya baterai HP anda tidak mengalami kerusakan. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan faktor apa saja yang membuat baterai HP mudah bocor.

Menggunakan HP Sambil Charge

Menggunakan HP sambil charge merupakan kebiasaan yang kadang terjadi begitu saja. Hal ini sejalan dengan betapa pentingnya kegunaan dan fungsi HP dalam kehidupan kita.

Sebagai contoh, ketika sedang mengisi ulang daya baterai HP, anda tanpa sadar juga bermain game. Tak hanya bermain game saja, sebagian orang juga menjelajah web, sosial media, atau aktivitas lainnya yang cukup menguras daya baterai.

Penting untuk kita ketahui bersama bahwa menggunakan HP sambil charge adalah salah satu penyebab baterai HP bocor. Mulai saat ini, bagi anda yang masih melakukannya, harap untuk segera berhenti!

Pastikan bahwa anda tidak lagi mengisi ulang daya baterai sambil menggunakan HP. Bila baterai HP sudah bocor, maka kualitas penyimpanan daya akan semakin berkurang.

Baca Juga : Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google

Pastinya anda tidak mau bukan, daya tahan baterai yang dapat bertahan 8 jam menjadi berkurang menjadi 3 jam saja. Tentu saja ini akan sangat merugikan anda sebagai pemiliknya.

Ada baiknya, bila anda sesekali melakukan pengisian daya baterai, ketika HP dalam keadaan mati. Sehingga daya yang anda isikan dapat sepenuhnya terserap secara maksimal tanpa terkuras pemakaiannya untuk hal lain.

Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Siapa sangka, terlalu sering menggunakan power bank justru menjadi penyebab baterai HP bocor. Power bank atau pengisi baterai portabel merupakan alat yang sangat bermanfaat.

Terutama bagi mereka-mereka yang sering beraktivitas di luar rumah atau bepergian jauh. Banyak orang yang menggunakan power bank karena beranggapan memiliki peranan cukup baik dalam pengisian daya.

Akan tetapi, penggunaan power bank yang terlalu sering ini ternyata dapat mempengaruhi kondisi baterai. Tak jarang baterai HP bocor karena terlalu sering atau bergantung pada penggunaan power bank.

Baca Juga : SIM Card Tidak Terbaca, Simak Cara Mengatasinya!

Maka dari itulah, agar penyebab baterai HP bocor ini tidak terjadi, usahakan anda tidak terlalu bergantung dengan menggunakan power bank. Sebaiknya, charge HP anda dengan menggunakan stop kontak pada umumnya.

Sebenarnya, penggunaan power bank yang terbilang berlebihan, akan berakibat pada arus daya yang tidak stabil. Bila penggunaannya berlebihan, akan sangat mempengaruhi kualitas daya baterai, yang mana semakin hari semakin menurun. Pada akhirnya HP akan mengalami kebocoran dan kinerjanya pun semakin tidak maksimal.

Melepas Charger Sebelum Baterai Penuh

Ketika kita ingin bepergian, terkadang terburu-buru membawa HP. Padahal pada waktu yang bersamaan, HP tersebut sedang melakukan pengisian daya.

Kebiasaan melepas charger sebelum baterai HP terisi penuh dapat menyebabkan kerusakan. Salah satunya yang paling sering adalah baterai HP bocor.

Baca Juga : HP Sering Mati Sendiri, Cek Dulu Penyebab Kerusakan yang Terjadi

Penting untuk memperhatikannya, umumnya HP menggunakan jenis baterai Li-Ion yang memiliki umur berdasarkan berapa banyak baterai tersebut mendapatkan pengisian ulang. Sudah dapat kita simpulkan bukan?

Semakin sering anda melakukan pengisian baterai, maka akan semakin berkurang pula usia baterai tersebut. Agar penyebab baterai HP bocor ini tidak terjadi, maka sebelum melepas charger pastikan baterai sudah penuh.

Membiarkan HP Mati Total

Membiarkan HP mati total dalam waktu yang cukup lama juga bukan tindakan yang bijaksana. Hal tersebut dapat mengurangi kesehatan baterai HP.

Baca Juga : Mode Aman Samsung, Simak Cara Menonaktifkannya!

Ketika membiarkan HP kehausan atau dalam kondisi baterai mati total dalam waktu lama, dapat mengurangi kualitas baterainya. Ini juga menjadi salah satu penyebab baterai HP bocor yang tentunya anda harus menghindarinya. (R10/HR-Online)