Penyebab Ghost Touch yang Jarang Diketahui dan Cara Mengatasi

Penyebab Ghost Touch yang Jarang Diketahui dan Cara Mengatasi
Ilustrasi Penyebab Ghost Touch. Foto: Istimewa

Penyebab ghost touch pada layar ponsel dapat terjadi akibat berbagai faktor, semua tergantung seberapa parah hal itu terjadi. Pada beberapa kasus Android terdapat beberapa kejadian layar yang tiba-tiba bergerak sendiri.

Kejadian tersebut dikenal dengan istilah ghost touch. Apabila, ghost touch yang terjadi tidak mengganggu pemakaian, mungkin bukan sebuah masalah. Akan tetapi, pada beberapa kejadian pada Android, kejadian ini mengakibatkan beberapa sistem eror.

Sehingga Android tidak dapat mengatur berbagai aktivitas yang akan kita lakukan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan.

Penyebab Ghost Touch pada Ponsel

Fenomena yang satu ini tak hanya terjadi pada satu merek ponsel saja. Bahkan, berbagai merek yang paling terkenal sekalipun dapat mengalami kejadian menjengkelkan ini.

Sebenarnya, ghost touch merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada layar ponsel. Layar tersebut akan mengikuti pikirannya sendiri sehingga membuka berbagai aplikasi secara terus-menerus.

Akan tetapi, fenomena ini tidak berbahaya pada kejadian taraf tertentu. Kejadian seperti ini sangat wajar terjadi. Apabila anda menggunakan sebuah ponsel yang tengah mengisi ulang baterai, hal ini akan terjadi secara alamiah.

Baca Juga : HP Sering Mati Sendiri, Cek Dulu Penyebab Kerusakan yang Terjadi

Mengingat tengah ada aliran listrik yang masuk. Selama kejadian masih terbatas, ponsel dapat dikatakan aman. Berikut merupakan penyebab ghost touch yang perlu anda ketahui.

Kerusakan Charger

Ketika tengah mengisi ulang ponsel, layar ponsel dapat bergerak sendiri. Penyebab ghost touch ini dapat menandakan bahwa mungkin terjadi kerusakan pada charger.

Hal yang dapat anda lakukan adalah dengan mengecek keadaan charger yang anda miliki. Karena jika tidak, maka ponsel dapat rusak karena menggunakan charger yang rusak secara terus-menerus.

Setiap membeli sebuah charger, maka anda harus mengusahakan bahwa membeli charger yang original. Karena charger merupakan kebutuhan pokok bagi ponsel anda.

Kerusakan Layar atau LCD

Penyebab ghost touch dapat terjadi akibat kerusakan pada layar LCD. Dalam hal ini, anda dapat melakukan apakah ada kerusakan pada layar atau LCD. Karena, bisa saja layar ponsel yang anda miliki terkena percikan air yang akhirnya merembes ke dalam ponsel.

Baca Juga : Penyebab Baterai HP Bocor, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

Hal ini tentu mengakibatkan terjadinya layar yang bergerak sendiri. Jika sudah begini, maka sebaiknya anda mengganti layar LCD anda agar tidak menyerang ke perangkat yang lainnya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab layar bergerak sendiri, agar lebih lengkap anda harus mengetahui cara mengatasinya, yaitu sebagai berikut.

Membersihkan CPU & RAM

Apabila penyebab ghost touch yang terjadi pada ponsel karena CPU dan RAM, maka cara mengatasi layar yang bergerak sendiri adalah dengan mengurangi multitasking.

Multitasking maksudnya adalah membuka aplikasi secara berlebihan pada ponsel. Karena hal ini akan mengakibatkan performa pada ponsel menjadi menurun dan juga tidak stabil.

Atur Kalibrasi Layar

Untuk dapat melakukan kalibrasi layar, anda dapat melakukannya dengan display settings. Kemudian atur ulang pada bagian menu kalibrasi yang telah tersedia.

Sebagai sebuah alternatif, maka anda tidak boleh mengaktifkan fitur Auto Rotation. Apabila pengaturan kalibrasi pada smartphone anda tidak terdapat pada bagian settings, maka cobalah menginstal sebuah aplikasi.

Aplikasi tersebut bernama SwitfKey Keyboard. Dalam aplikasi ini terdapat sebuah pengaturan yang namanya Touch Input.

Baca Juga : Cara Menambah RAM HP Android dengan Tepat dan Mudah

Pada bagian itu, nantinya anda bisa mengatur ulang kalibrasi layar yang ada dalam smartphone anda. Penyebab ghost touch kali ini dapat terjadi akibat layar yang sering terjatuh.

Sehingga performa yang terdapat dalam ponsel juga menurun. Cara alternatif yang lainnya adalah dapat menggunakan aplikasi lain yang ada di Play Store, yaitu Kalibrasi Layar Sentuh.

Lakukan Factory Reset

Apabila ponsel yang anda miliki masih mengalami ghost touch, maka anda dapat melakukan factory reset. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan langkah ini.

Factory reset akan menjadikan tampilan layar pada ponsel kembali seperti pertama kali anda membelinya. Dengan kata lain, ponsel anda akan disetel ulang layaknya setelan pabrik. Jadi, semua data ataupun aplikasi yang tadinya tersimpan dalam ponsel akan hilang secara permanen.

Setelah mengetahui penyebab ghost touch dan cara mengatasinya tersebut, semoga akan menjadikan anda lebih berhati-hati. Karena hal ini terjadi, tentu akan membuat anda merasa jengkel dan juga mengganggu semua kegiatan. (R10/HR-Online)

Loading...