Penyebab Karburator Motor Nembak, Suara Keluar dari Knalpot

Penyebab Karburator Motor Nembak, Suara Keluar dari Knalpot
Ilustrasi penyebab kaarburarator motor nembak. Foto: istimewa

Penyebab karburator motor nembak bisa karena beberapa faktor. Tekanan kompresi yang berbalik arah intake dari karbu mampu membuat mesin terganggu.

Masalah berbaliknya arah kompresi motor hingga karburator pasti salah satu masalah yang sering anda alami. Masalah yang timbul bisa karena berbagai faktor.

Kesalahan teknis dalam melakukan penyetelan celah katup bisa menjadi penyebabnya. Karburator yang bermasalah juga mampu menimbulkan suara nembak yang keluar melalui knalpot.

Biasanya masalah ini akan timbul pada pilot screw atau setelan karburator. Saat anda ingin menyetel sendiri, sebaiknya lakukan sesuai dengan tipe kendaraan. Bisa lakukan 2,5-3 putaran penuh.

Jika setelan belum tepat, anda bisa mencari cara yang tepat. Namun, jika anda masih belum paham akan solusi yang harus selesai, sebaiknya bawa saja pada bengkel terbaik yang ada.

Jika karburator motor nembak, maka sebaiknya segera cari tahu penyebabnya. Jika tidak, bawalah pada bengkel resmi dan katakan pada pemilik bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Penyebab Karburator Motor Nembak

Suara nembak yang anda dengar dari knalpot tidak 100% dari knalpot yang bermasalah. Hal ini bisa timbul karena motor dengan suplai udara karburator.

Jika karburator ini menghasilkan suara nembak, sebaiknya cari tahu masalah yang ditimbulkan. Jika karburator berbunyi melalui knalpot, maka sebaiknya atasi dengan cara yang benar.

Saat knalpot mengeluarkan suara nembak, pasti cukup mengganggu. Apalagi saat gas kendaraan lebih kencang, akan timbul suara keras.

Ada beberapa yang bisa menimbulkan karburator nembak dan mengeluarkan suara keras pada knalpot. Jika hal ini terjadi, bisa-bisa mengejutkan pengendara yang sedang fokus berjalan.

Mungkin beberapa masalah ini yang dapat menimbulkan suara keras saat motor anda kendarai. Sebaiknya cari tahu penyebab karburator motor nembak agar tidak mengganggu saat anda berkendara.

Choke Bermasalah

Masalah sepele namun bisa menimbulkan suara yang meledak-ledak yaitu pada bagian chokenya. Choke memiliki fungsi mampu mengalirkan bensin agar sesuai dengan campuran udara dalam pembakaran.

Jika komponen ini tidak tertutup dengan sempurna, dapat menimbulkan suara nembak. Suara tersebut berasal dari karburator dan keluar melalui knalpot.

Baca Juga : Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Berpengaruh pada Kinerja Mesin

Komponen pada kendaraan ini akan menyalurkan bahan ekstra ke karburator untuk mempercepat pembakaran pada permulaan. Namun, jika ruang bakar terkena bahan bakar yang terlalu banyak, ujung-ujungnya akan nembak secara tiba-tiba.

Busi Mati

Penyebab karburator motor nembak juga bisa karena busi. Busi adalah salah satu komponen yang penting sehingga mampu menyulut api untuk proses pembakaran. Saat busi bermasalah, maka percikan api yang harus mengalir pada bahan bakar akan berkurang.

Akibatnya pembakaran akan berkurang yang membuat campuran bensin masih tersisa dan tidak terbakar secara menyeluruh. Sisa bahan bakar inilah yang bisa memicu pembakaran prematur dan memicu terjadinya suara nembak.

Jika hal ini sering terjadi, dapat mengakibatkan mesin menjadi rontok. Sebab, piston belum ada pada posisi TMA, namun campuran bensin dan udara sudah meledak terlebih dulu.

Saluran Udara Ke Mesin

Penyebab karburator motor nembak bisa karena saluran udara masuk ke mesin. Udara dan bensin memiliki peranan yang cukup penting pada sistem pembakaran.

Baca Juga : Motor Injeksi Susah Hidup, Segera Cari Tahu Apa Penyebabnya

Tentunya karburatorlah yang bisa meng-handle masalah ini. Namun karburator sering terjadi tidak stabil yang membuat AFR terganggu. Komponen eksternal seperti manifold atau karet vacuum-lah yang bisa mengakibatkan kestabilan terganggu.

Kelonggaran pada kedua komponen ini mengakibatkan udara ikut masuk pada ruang bakar. Jika tidak, justru udara akan bocor keluar.

Biasanya kejadian ini memiliki tanda oleh idle atau stasioner RPM meraung lebih tinggi. Kebocoran yang terjadi membuat udara terus-menerus masuk yang bisa bikin AFR tidak seimbang.

Jika sudah terjadi seperti ini, maka suara nembak pun akan terdengar. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan remehkan hal ini. Karburator pada motor kebanyakan menggunakan jenis vacuum. Jenis yang satu ini memiliki sistem bahan bakar yang bagus.

Aliran bahan bakar pada karburator sangat bergantung pada kemampuan buka tutup skep yang terbuat dari karet. Selain itu, ada banyak hal yang bisa menimbulkan suara nembak yang keluar dari karburator dan keluar melalui knalpot.

Penyebab karburator motor nembak sering membuat pengendara merasa kaget. Agar masalah ini teratasi, maka segera ketahui penyebabnya timbulnya suara nembak pada karburator. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Pelumas Rantai Motor Terbaik Berkualitas dengan Beragam Pilihan
Loading...