Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Berpengaruh pada Kinerja Mesin

Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng Berpengaruh Pada Kinerja Mesin
Ilustrasi penyebab rantai motor kendor kenceng. Foto: istimewa

Penyebab rantai motor kendor kenceng mampu menghambat performa mesin. Rantai merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan sepeda motor.

Rantai pada motor memiliki fungsi yang cukup penting yaitu bekerja mentransfer tenaga putar dari mesin ke roda belakang. Sehingga motor dapat berjalan dengan kinerja yang baik.

Setiap komponen kendaraan perlu perawatan secara rutin, bahkan perlu diganti jika kondisinya sudah tidak memungkinkan. Begitu juga dengan rantai motor, pastinya perlu pergantian dalam keadaan tertentu.

Rantai motor juga sering menimbulkan beberapa masalah. Rantai mengalami kendor kenceng bahkan bisa putus sekalipun.

Jika masalah ini sedang anda alami, sebaiknya ketahui apa saja penyebabnya. Cara mengetahuinya pun cukup mudah hanya saja perlu dilakukan dengan lebih teliti dan detail.

Penyebab Rantai Motor Kendor Kenceng

Sebenarnya penyebab rantai motor kendor kenceng saat berkendara cukup bervariasi. Jangan biarkan rantai dalam kondisi seperti ini agar tidak mengganggu kinerja mesin untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang motor.

Baca Juga : Cara Memasang Tali Gas Motor, Lakukan dengan Langkah Berurutan

Penyebabnya bisa dikarenakan masalah perawatan hingga pemilihan rantai yang kurang tepat. Sebaiknya lakukan perawatan pada tiap komponen motor agar tidak terjadi masalah yang cukup serius.

Merawat rantai motor pun cukup mudah, anda hanya perlu menyemprotkan pelumas rantai setelah mencuci. Selain itu, bersihkan kotoran yang menempel pada rantai dan segera ganti rantai jika kondisinya sudah aus.

Sebaiknya ketahui dulu apa saja yang bisa menjadi penyebab rantai motor kendor kenceng, berikut uraiannya. Hal ini bertujuan agar anda bisa segera mengatasi rantai yang bermasalah.

Periksa Kekencangan Rantai

Pemasangan rantai pada kendaraan bermotor seharusnya tidak disetting terlalu kencang ataupun terlalu kendor. Jika rantai terlalu kencang, tidak menutup kemungkinan bahwa rantai akan mudah putus.

Namun, jika terlalu kendur, rantai akan mudah terlepas. Pada umumnya penyetelan rantai motor tertera pada stiker yang menempel pada bagian sisi samping motor.

Baca Juga : Minyak Rem Motor, Cek Kondisinya Agar Berfungsi Secara Maksimal

Lebih tepatnya lokasi berada dimana anda bisa melakukan pengecekan kekencangan rantai. Namun, bagi anda yang sudah berpengalaman dalam dunia otomotif, akan lebih mudah dalam melakukan penyetelan menggunakan feeling.

Periksa Rear Wheel Damper

Rear wheel damper adalah salah satu komponen karet peredam yang berada di bagian poros belakang. Saat kondisi rantai sudah aus, maka posisi gear belakang akan goyah yang mempengaruhi kinerja rantai motor.

Karet peredam berguna untuk meredam hentakan saat motor berakselerasi. Keadaan komponen yang sudah aus mampu berpengaruh pada usia rantai itu sendiri.

Baca Juga : Klakson Keong Terbaik, Suara Khas dengan Volume yang Keras

Jika hal ini adalah penyebab rantai motor kendor kenceng, bisa diatasi mengganti karet tersebut dengan yang baru. Jika sudah diganti, maka dudukan gear akan lebih pas dan tidak goyah.

Sehingga kemungkinan besar rantai anda akan terhindar dari beberapa masalah, termasuk kondisi rantai yang  sering kendor kenceng. Sebaiknya periksa komponen ini sebelum masalah timbul.

Rantai Terlalu Kering

Perawatan setiap komponen kendaraan berpengaruh pada performanya. Begitu juga dengan rantai motor yang membutuhkan perawatan secara rutin.

Jangan pernah biarkan rantai motor anda bermasalah sehingga mengganggu kinerja mesin. Merawat rantai motor cukup mudah, anda hanya perlu memberikan pelumas agar rantai tidak kering.

Jika rantai motor kering, kinerja ring tidak mampu berjalan secara optimal bahkan bisa terjadi kemacetan. Hal inilah yang bisa mengakibatkan rantai kendur kenceng. Berikan pelumas agar kelembaban rantai terjaga.

Gear Sudah Aus

Penyebab rantai motor kendor kenceng lainnya yaitu kondisi gear yang sudah aus. Keadaan gear yang sudah aus bisa dilihat dari gerigi pada gear terlihat tajam atau lancip.

Baca Juga : Motor Ngebul Saat Mesin Panas Karena Oli Masuk pada Ruang Bakar

Hal ini mengakibatkan kinerja rantai tidak optimal. Apalagi jika kondisi kelancipan rantai tidak merata di semua bagian. Akhirnya proses berkendara pun rasanya seperti bergoyang.

Mengatasi rantai gear yang sudah aus sebaiknya lakukan dengan cara menggantinya dengan yang baru. Pada umumnya, rantai dan gear bisa dibeli dalam satu set, namun jika anda hanya ingin membeli salah satunya juga bisa.

Komponen kendaraan perlu dilakukan perawatan secara rutin, termasuk komponen rantai. Periksa kondisi rantai agar tidak bermasalah. Salah satunya penyebab rantai motor kendor kenceng yang bisa berpengaruh pada kinerja mesin. (R10/HR-Online)