Perawatan Sistem Kemudi Mobil, Mengurangi Resiko Kecelakaan

Perawatan Sistem Kemudi Mobil, Mengurangi Resiko Kecelakaan
Ilustrasi perawatan sistem kemudi mobil. Foto: istimewa

Perawatan sistem kemudi mobil adalah salah satu cara untuk mengatasi terjadinya kecelakaan. Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang memiliki fungsi cukup penting.

Hampir sebagian besar orang mobil adalah transportasi penting untuk beraktivitas, baik kerja maupun kegiatan lainnya. Karena fungsinya yang cukup penting, mobil perlu perawatan juga.

Hal ini bertujuan agar performa kendaraan saat berjalan bisa berfungsi dengan baik. Mungkin sebagian besar orang belum tahu bagaimana cara melakukan perawatan pada salah satu jenis kendaraan yang satu ini.

Bagi siapa saja yang memiliki mobil, sebaiknya cari tahu apa yang bisa anda lakukan untuk merawat kendaraan pribadi tersebut. Perawatan sistem kemudi mobil merupakan salah satu hal yang wajib anda kerjakan.

Kebanyakan sering terjadi kecelakaan akibat perawatan mobil yang kurang. Mungkin hal ini juga bisa karena setir atau pengemudi mobil yang bermasalah.

Untuk bisa mengantisipasi hal ini agar tidak anda alami, sebaiknya perhatikan juga komponen yang satu ini. Sebab, jika komponen pada mobil ini bermasalah, akan sangat fatal.

Mobil tidak mampu bergerak sesuai dengan kendali. Sehingga mampu beresiko terjadinya kecelakaan lalu lintas kapan saja.

Beberapa Perawatan Sistem Kemudi Mobil

Sistem kemudi atau disebut dengan steering system berfungsi mengendalikan arah kendaraan sesuai kehendak pengemudi. Sehingga perlu perawatan secara rutin agar kemudi bisa berfungsi dengan baik.

Bila kemudi mobil bermasalah, bisa saja saat akan belok ke kiri justru kemudi melaju dengan lurus saja. Hal ini justru membahayakan pengemudi dan kendaraan lainnya.

Baca Juga : Lampu Kabut Mobil Membantu Visibilitas Saat Berkendara Lebih Baik

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk perawatan kemudi mobil. Jika perawatan tepat, maka fungsi komponen ini juga bisa berjalan sebagaimanamestinya.

Perawatan pada mobil tidaklah terlalu rumit. Sebaiknya anda lakukan secara rutin agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Bagi anda yang ingin melakukan perawatan pada sistem kemudi, berikut ini ulasannya:

Bersihkan dengan Cleaner

Perawatan sistem kemudi mobil pertama yang bisa anda lakukan yaitu membersihkannya dengan cleaner. Namun, kemudi bahan plastik atau vinlylah yang bisa perawatan dengan cleaner.

Anda bisa membeli cleaner atau justru membuatnya sendiri. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan shampo dan air hangat.

Baca Juga : Kaca Mobil Belang, Bisa Dikarenakan Jamur yang Menempel

Usahakan tidak terlalu kental dan masukkan pada botol spray. Semprotkan cairan ini pada setir mobil dan biarkan selama 3 menit, kemudian gosok dengan kain lap. Lakukan pengulangan hingga kemudi benar-benar bersih.

Jaga Kebersihan Tangan

Langkah kedua perawatan sistem kemudi mobil yaitu dengan cara selalu menjaga kebersihan tangan. Sebaiknya anda cuci tangan sebelum mengemudi. Hal ini bertujuan agar kemudi mobil tidak kembali kotor.

Ada beberapa orang yang mengemudi sambil makan sehingga berakibat setir akan kotor dan licin. Hal ini dapat mengakibatkan bahaya saat anda mengemudi.

Baca Juga : Pelindung Pintu Mobil, Pilih Bahan Elastis Agar Mudah Dipasang

Apalagi jika kemudi berbahan kulit, maka akan sulit untuk membersihkannya. Ada cairan khusus untuk membersihkan kemudi bahan kulit. Jika perawatannya salah, justru dapat merusak bahan kulit itu sendiri.

Gunakan cairan khusus pembersih kulit dengan menyemprotkan bagian kemudi, kemudian gosok dan sikat. Lap dengan kain bersih dan lembut.

Selanjutnya oleskan bahan conditioner ke semua bagian permukaan kulit, bertujuan agar terjaga kelembabannya. Perawatan kemudi mobil tidak terlalu sulit bukan?

Kontrol Sistem Kemudi

Melakukan kontrol sistem kemudi pada mobil penting untuk anda lakukan. Jika anda jarang memeriksanya, maka sering terjadi masalah pada sistem tersebut.

Cara perawatan sistem kemudi mobil ini yaitu gerakkan kemudi dengan memutar roda depan, ambil poros lurus, kemudian putar roda, namun jangan sampai roda bergerak.

Baca Juga : Kamera Mundur Mobil Pilih yang Memiliki Sensor Inframerah

Jika kebebasan gerak tersebut lebih dari normal yaitu 30 mm, sebaiknya segera atasi kemudi yang memiliki tingkat gerak yang berlebih.

Perhatikan Pipa Saluran Oli

Saluran oli merupakan instalasi atau pemasangan pipa khusus untuk sistem power steering. Jika tidak terawat, dapat menimbulkan kerusakan pada sistem ini.

Lakukan pemeriksaan dengan cara memeriksa baut dan mur sambungan. Periksa dari instalasi pipa jika terjadi kebocoran sehingga power steering tidak berfungsi dengan maksimal.

Selain itu, periksa juga saluran oli yang tersumbat karena bisa berakibat pengendapan pada dinding saluran pipa. Gunakan cara perawatan sistem kemudi mobil untuk menghasilkan kinerja yang maksimal. (R10/HR-Online)