Perayaan HUT RI ke-75 di Sukajaya Ciamis Meriah di Tengah Pandemi

Tari obor salah satu kegiatan yang meriahkan perayaan HUT RI ke-75 di Sukajaya, Pamarican, Kabupaten Ciamis. Foto: Aji/HR.
Tari obor salah satu kegiatan yang meriahkan perayaan HUT RI ke-75 di Sukajaya, Pamarican, Kabupaten Ciamis. Foto: Aji/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Perayaan HUT RI ke-75 di Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berlangsung meriah. Sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini digelar IRMA (Ikatan Remaja Masjid) Al Hidayah.

Para remaja masjid tersebut memanfaatkan momen ini untuk mengeluarkan kreativitas masyarakat setempat, sekaligus mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat.

Ketua panitia acara, Yanyan Nurdiana (31), mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan masyarakat setempat, dari mulai pemuda hingga anak-anak.

“Dalam perayaan HUT RI ke-75 ini, pada siang harinya kami menggelar berbagai lomba khas Agustusan. Seperti lomba bakiak, menginjak balon, balap karung dan lain-lain. Sedangkan, untuk acara malam harinya ada drama musikal, stand up comedy, tari obor, dan melepaskan balon udara,” tuturnya, kepada HR Online, Senin (17/08/2020).

Lanjut Yanyan, acara yang digelar tersebut bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, minimalnya di lingkungan setempat.

Untuk pendanaan acara ini melibatkan swadaya masyarakat, maupun warga setempat yang berada di perantauan. Termasuk sumbangan dari perusahaan-perusahaan yang ada di lingkungan sekitar.

Baca Juga : Lomba Nasi Liwet Semarakan HUT RI ke-75 di Pamarican Ciamis

Dana Kegiatan Hasil Swadaya Masyarakat

Mereka sangat antusias sehingga tidak keberatan membayar iuran untuk kegiatan perayaan HUT RI ke-75 di lingkungannya, agar berlangsung meriah meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Ia juga mengungkapkan, setiap tahun tema kegiatan perayaan HUT RI selalu berbeda. Begitu pula dengan lokasi kegiatannya. Terkadang kegiatan lomba berlangsung di kolam, atau di lapangan.

“Walaupun agak sulit karena sekarang sedang masa pandemi, tetapi alhamdulillah untuk pendanaan ada. Kami sudah biasa mengadakan acara seperti ini setiap tahunya. Jadi kalau tidak ngadain acara itu seperti ada yang kurang,” kata Yanyan.

Warga juga banyak yang ikut andil dalam kepanitiaan. Sedangkan, untuk kaum ibu membantu menyediakan makanan. Yanyan berharap kekompakan yang sudah terjalin sekian lama tidak pudar tergerus zaman.

“Semakin kompak, semakin solid, dan memiliki generasi baru yang harus kita didik menjadi lebih baik, juga memiliki mental juara. Kami juga punya slogan yaitu “Hidup Mulia Seperti Emas dan Bermanfaat Seperti air”.

Yanyan menambahkan, pihaknya berharap agar kondisi pandemi ini bisa segera berlalu, sehingga aktiftas warga bisa kembali normal. Kegiatan lomba dalam rangka perayaan HUT RI ke-75 yang digelar remaja masjid tersebut berlangsung meriah. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...