Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan dan Contohnya

Perkembangbiakan Vegetatif Alami
Ilustrasi Perkembangbiakan Vegetatif Alami. Foto Istimewa

Perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan adalah perkembangbiakan yang mengandalkan bagian dari tubuh tumbuhan tanpa proses perkawinan. Cara berkembang biak ini menghasilkan tumbuhan baru yang terbentuk pada tubuh tumbuhan induk.

Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Tumbuhan berkembang biak melalui dua cara, yakni secara vegetatif dan secara generatif. Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan tumbuhan yang melalui perkawinan.

Melansir dari Wikipedia, reproduksi vegetatif yaitu cara reproduksi makhluk hidup dengan cara aseksual atau tanpa adanya peleburan dari sel kelamin betina dan jantan. Cara reproduksi vegetatif dapat terjadi dengan cara alami ataupun buatan.

Jika pada hewan, bisa kita sebut reproduksi membelah diri. Perkembangbiakan dengan cara membelah diri ini biasa terjadi pada hewan tingkat rendah atau memiliki sel satu (protozoa). Contoh hewan yang membelah diri adalah paramecium dan juga amoeba.

Kali ini, akan mengulas tentang perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan. Perkembangbiakan juga kita kenal dengan istilah reproduksi. Reproduksi vegetatif alami adalah perkembangbiakan alami tumbuhan tanpa memerlukan perkawinan dari tumbuhan lain atau tanpa campur tangan manusia.

Cara reproduksi tumbuhan ini akan membentuk tumbuhan baru dari bagian tubuh tumbuhan induk. Reproduksi tumbuhan secara vegetatif ini berupa perkembangbiakan tunas, umbi, spora, rizhoma, dan juga stolon atau geragih.

Baca Juga: Urutan Taksonomi Tumbuhan Lengkap Beserta Penjelasannya

Tunas

Tunas adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang tumbuh dari dalam tanah yang berada pada daerah sekitar tumbuhan induk dan membentuk rumpun. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara tunas adalah bambu, tebu, dan juga pisang.

Tunas Adventif

Tunas ini merupakan tunas yang muncul atau tumbuh pada bagian tepi dari daun atau akar. Contohnya adalah tumbuhan cocor bebek. Cara perkembangbiakan vegetatif alami ini pun sangat mudah. Cukup meletakkan daun tersebut pada permukaan tanah, maka tunas baru akan muncul.

Umbi Batang

Seperti dengan namanya, tumbuhan ini berkembang biak dengan cara batangnya tumbuh dalam tanah, lalu akan mengembang dan muncul umbi baru.

Umbi ini berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah bengkuang, kentang, dan juga ubi jalar.

Umbi Lapis

Cara berkembang biak dengan umbi lapis adalah pelepah dari daun tipis dan berlapis-lapis. Bagian dari atas umbi ini akan tumbuh daun serta bagian bawah akan muncul serabut akar. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah bawang putih, bawang merah, dan juga bunga tulip.

Umbi Akar

Cara perkembangbiakan vegetatif alami adalah dengan umbi akar. Sementara itu, akar yang dijadikan untuk tempat cadangan makanan. Contohnya adalah singkong, wortel, dan juga lobak.

Baca Juga: Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau Beserta Fenomena Uniknya

Rizhoma

Rizhoma adalah akar rimpang atau akar tinggal. Batang mampu tumbuh serta menjalar pada permukaan atau dalam tanah. Tunas atau tumbuhan baru akan muncul pada setiap buku dari akar rimpang tersebut. Contohnya adalah kunyit, jahe, lengkuas, dan juga kencur.

Stolon atau Geragih

Stolon atau geragih adalah batang yang muncul atau tumbuh secara mendatar pada permukaan tanah. Bagian tumbuhan yang menyentuh tanah akan muncul akar yang akan menjadi tumbuhan baru. Contoh perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan dengan stolon adalah rumput, stroberi, dan juga arbei.

Spora

Spora merupakan sel-sel yang terbungkus dari lapisan tipis yang berfungsi sebagai pelindung. Cara berkembang biak dengan spora juga merupakan cara penyebaran biji untuk tanaman berpembuluh. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan spora adalah paku, lumut, dan juga suplir.

Baca Juga: Tumbuhan yang Hidup di Gurun, Ini Diantaranya!

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Selain perkembangbiakan vegetatif alami, tumbuhan dapat berkembang biak dengan cara vegetatif buatan. Cara reproduksi ini yaitu cara perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan atau teknik yang berasal dari campur tangan manusia.

Cara memperbanyak tumbuhan dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik melalui perkawinan. Dalam memperbanyak tumbuhan untuk mendapatkan keturunan dapat kita sebut dengan klon.

Klon yaitu salinan penuh dari tanaman induk yang mewariskan semua karakteristiknya. Klon pada tumbuhan harus melalui tingkat kedewasaan tertentu agar dapat melakukan penanaman.

Hasil tanam juga memerlukan waktu yang singkat, sehingga para petani sangat menyukai cara reproduksi tumbuhan ini. Hal tersebut dapat memberikan hasil produksi yang banyak dengan waktu tanam yang singkat.

Beberapa teknik tanam dengan cara reproduksi ini adalah stek, cangkok, dan okulasi. Tentu cara perkembangbiakan vegetatif alami akan sangat berbeda dari vegetatif buatan. Baik dari waktu memperoleh tumbuhan baru hingga hasil produksi jika untuk bidang pertanian. (R10/HR Online)