Resmi! Pilkades Serentak di Ciamis Ditunda Lagi

Pilkades Serentak di Ciamis Ditunda Lagi
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat mengunjungi Dirjen Bina Pemdes Kemendagri. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pilkades serentak di Ciamis ditunda lagi setelah upaya terakhir yang dilakukan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya tak berhasil.

Baca Juga: Mendagri Tunda Pilkades Serentak, Bagaimana dengan Ciamis?

Herdiat mendatangi langsung Dirjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri hari ini, Rabu (12/8/2020) untuk meminta agar Pilkades serentak di Ciamis bisa dilaksanakan sesuai jadwal, yakni 15 Agustus 2020.

Namun usaha tersebut tidak membuahkan hasil. Kemendagri tetap tidak mengizinkan Pilkades serentak di Ciamis digelar.

Alasannya karena menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di sejumlah daerah di Indonesia. Meskipun Ciamis tidak menggelar Pilkada namun Kabupaten Ciamis harus mengikuti keputusan pemerintah pusat yang menunda pelaksanaan Pilkades serentak sampai Pilkada usai.

Baca Juga: Apdesi Ciamis: Penundaan Pilkades Meresahkan

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyampaikan langsung kabar tersebut dalam video conference, Rabu (12/8/2020).

“Hasil dari pertemuan Bupati dengan Pak Mendagri, pada intinya Mendagri Pak Tito keukeuh tidak mengizinkan untuk kabupaten/kota manapun untuk melaksanakan Pilkades serentak,” kata Yana.

Sementara Pilkada serentak di berbagai daerah akan berlangsung 9 Desember 2020. Itu berarti Pilkades serentak di Ciamis diundur sampai bulan Desember 2020 mendatang.

Padahal sebelumnya Pilkada di 143 desa di Ciamis sempat ditunda lantaran wabah Covid-19. Tahapan Pilkades kemudian dilanjutkan kembali pada Juli 2020. Pemkab Ciamis juga memutuskan Pilkada akan digelar pada 15 Agustus 2020.

Baca Juga: Ditunda Mendagri, Tahapan Pilkades Serentak di Ciamis Terus Berlanjut

Saat ini tahapan Pilkades di Ciamis telah sampai pada tahap kampanye calon dan sudah pada masa tenang menjelang pelaksanaan Pilkades 15 Agustus mendatang.

Namun Pilkades serentak di Ciamis ditunda lagi pasca dikeluarkannya surat edaran Menteri Dalam Negeri yang memutuskan untuk menunda pelaksanaan Pilkades sampai Pilkada usai.

Baca Juga: Bupati Minta Mendagri Tidak Menunda Pilkades Serentak di Ciamis

Berbagai upaya sudah dilakukan oleh Pemkab Ciamis. Salah satunya Bupati Herdiat Sunarya langsung datang menemui Dirjen Bina Pemdes Kemendagri untuk meminta agar Pilkades serentak di Ciamis tidak ditunda.

Namun usaha tersebut tidak membuahkan hasil. Kemendagri tetap menunda pelaksanaan Pilkades serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Ciamis. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...