Pohon Beringin Tua di Kawasan Kuliner Doboku Kota Banjar Tumbang

Petugas BPBD Kota Banjar saat membersihkan puing-puing pohon tumbang. Foto: Istimewa.
Petugas BPBD Kota Banjar saat membersihkan puing-puing pohon tumbang. Foto: Istimewa.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Pohon beringin tua yang ada di kawasan kuliner Doboku, Kota Banjar, Jawa Barat, tumbang dan menimpa sebuah bangunan, Sabtu (15/08/2020).

Salah seorang warga setempat, Bambang, mengatakan, pohon beringin tua itu tumbang akibat diterjang angin kencang yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

“Sesaat sebelum kejadian, yaitu sekitar jam 16:00 WIB, cuaca mendung disertai angin kencang. Setelah itu tiba-tiba roboh dan menimpa bangunan yang tak jauh dari lokasi pohon tumbang,” tuturnya, kepada awak media.

Menurut Bambang, ambruknya pohon beringin tersebut diduga karena sudah tua, sehingga tak kuat lagi menahan angin yang bertiup sangat kencang.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Banjar, Dedi Suardi, melalui, petugas BPBD di lapangan, Endin Supriyadin, mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya pohon tumbang. Setelah itu, petugas BPBD bersama relawan Karang Taruna dan petugas kepolisian langsung mendatangi lokasi kejadian.

“Petugas langsung ke lokasi untuk membantu warga memotong dan membereskan potongan pohon yang roboh, serta puing-puing bangunan,” kata Endin.

Ia menambahkan, dari informasi yang ada, saat kejadian tersebut tidak banyak warga yang berada di dekat pohon. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang ini. Hanya bangunan berupa gubuk mengalami kerusakan,” terang Endin. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Loading...