Posyandu di Kota Tasikmalaya Dibuka dengan Protokol Kesehatan Ketat

Posyandu di Kota Tasikmalaya
Selama masa pandemi Covid-19, kegiatan Posyandu di Kota Tasikmalaya tutup. Tapi kini pelayanan bisa kembali dilaksanakan tapi dengan protokol kesehatan ketat. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Selama masa pandemi Covid-19, kegiatan Posyandu di Kota Tasikmalaya tutup. Tapi kini bisa kembali dilaksanakan tapi dengan protokol kesehatan ketat. Seperti Posyandu di Kelurahan Ciagantang, Mangkubumi, Tasikmalaya yang kini telah melakukan pelayanan.

Kepala Puskesmas Mangkubumi Arif prianto mengatakan mulai bulan Agusuts Posyandu baru di buka lagi di daerah Kecamatan Mangkubumi.  Yang menjadi pertimbangan, karena di kota Tasikmalaya tidak lagi muncul kasus baru Covid-19.  

“Itu menjadi salah satu pertimbangan dari semua, banyak pertimbangan misalkan yang dirawat di Rumah sakit isolasi sudah sembuh dan pulang semua,” ungkapnya, Sabtu (15/08/2020).

“Posyandu di Kota Tasikmalaya yang menjalankan layanan harus memenuhi standar protokol kesehatan. Diantaranya ada fasilitas untuk cuci tangan, hand sanitizer dan thermogun. Diwajibkan juga menggunakan masaker,  menjaga jarak, pakai handsanitizer atau cuci tangan pakai sabun sebelum pelayanan,” ungkapnya.

Meski telah buka, namun untuk pelayanan masih dilakukan pembatasan. Pelayanan dibatasi maksimal 10 orang, yang mengantar cukup 1 orang. Selain itu warga harus membawa sarung timbangan sendiri. Pelayanan dipersingkat dan dianjurkan ganti baju setelah pulang ke rumah.

“Pembukaan Posyandu guna memenuhi hak anak  tumbuh dan berkembang. Angka kesakitan dan kematian bayi, bisa dicegah sedini mungkin melalui aktivitas di posyandu,” katanya. 

Posyandu di Kota Tasikmalaya memang harus dibuka lagi, untuk memantau kondisi balita. Tujuannya mencegah anak kurang gizi dan stunting. Sehingga ketika ditemukan bisa segera melakukan antisipasi dan intervensi. Jangan sampai di masa pandemi ini timbul masalah lain yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak.  

“Anak di bawah usia dua tahun mendapatkan prioritas pelayanan. Pada usia tersebut tumbuh kembang mereka harus optimal. Pelayanan imunisasi, mengurangi angka gizi buruk, kekerdilan, serta masalah kesehatan lainnya,” jelasnya.

Posyandu di Kota Tasikmalaya Siap Maksimal Memberikan Pelayanan

Di tengah pandemi virus,  Tenaga Kesehatan bersama kader hadir memberi pelayanan kepada masyarakat di posyandu. Tentunya dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan dan berperilaku hidup bersih serta sehat. 

“New normal’ (normal baru) posyandu di Tasikmalaya artinya menerapkan kebiasaan baru, sesuai dengan prosedur protokol kesehatan. Diantaranya cuci tangan pakai sabun atau handsanitizer, tetap menjaga jarak dan menggunakan masker,” pungkasnya. (Apip/R9/HROnline)

Loading...