Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita BanjarPotong Kue HUT RI, Cara Warga Banjar Meriahkan Kemerdekaan

Potong Kue HUT RI, Cara Warga Banjar Meriahkan Kemerdekaan

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Potong kue HUT RI ke-75 menjadi cara warga di Lingkungan Lemburbalong, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, dalam memeriahkan hari kemerdekaan saat pandemi.

Potong kue dan do’a selamatan bersama digelar secara khidmat oleh warga RT.03, RW.05A, Lingkungan Lemburbalong, di halaman depan Madrasah Al Barokah, Senin (17/08/2020).

Irfan A (28), salah seorang panitia kegiatan, mengatakan, meskipun acara potong kue HUT RI dan do’a bersama setiap tahunnya dilaksanakan. Namun, untuk tahun ini cukup berbeda.

“Kegiatan potong kue dan do’a bersama ini sebagai rasa syukur kami atas kemerdekaan Indonesia. Memang sudah biasa kita laksanakan tiap tahunnya. Tapi tahun ini berbeda, mengingat saat ini kondisinya sedang pandemi Covid-19. Jadi banyak pemangkasan kegiatan yang biasanya rutin digelar setiap tahunnya,” terangnya, kepada HR Online.

Meskipun begitu, kata Irfan, satu hal yang harus diacungi jempol di masa pandemi ini adalah kebersamaan antar warga yang sangat baik. Seperti halnya ketika ditarik iuran untuk kegiatan peringatan HUT RI ini. Banyak warga yang memberikannya secara sukarela.

“Warga juga tampak antusias memasang umbul-umbul, bendera, bahkan lampu hias agar rumah dan lingkungannya terlihat indah,” kata Irfan.

Baca Juga : Kampung Cahaya Meriahkan HUT RI ke-75 di Kota Banjar

Kekompakan Warga saat Agustusan

Ditemui di tempat yang sama, Hj. Iis Yanti Daryanti (49), salah seorang warga yang berkesempatan memotong kue HUT RI ke-75 ini, mengatakan, kekompakan warga di lingkungannya sudah terlihat sangat bagus.

Ia pun berharap kekompakan tersebut jangan hanya dalam kegiatan 17 Agustusan saja. Tapi kompak di dalam setiap kegiatan positif yang diadakan di lingkungan.

“Saya harap kompaknya warga ini berbuntut kepada perilaku yang positif, yang mampu secara otomatis mendongkrak lingkungannya ke arah yang baik. Saya juga mengucapkan terima kasih atas semua bantuannya hingga terselenggara acara potong kue HUT RI ini dan kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Acara syukuran hari kemerdekaan yang digelar di halaman Madrasah Al Barokah, Lingkungan Lemburbalong itu ditutup dengan pemotongan kue HUT RI, dan penilaian lomba tumpeng. Dilanjutkan dengan menikmati potongan kue dan tumpeng secara bersama-sama. (HND/R3/HR-Online)