Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini, Daftar di www.prakerja.go.id

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini
Cara daftar kartu Prakerja gelombang 4 yang dibuka hari ini, Sabtu (8/8/2020). Foto: Dok HR

Prakerja gelombang 4 dibuka hari ini, Sabtu (8/8/2020). Cara daftar kartu Prakerja gelombang 4 bisa dilakukan melalui online.

Hal itu dipastikan oleh Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiharso. Susiwijono menegaskan pembukaan pendaftaran kartu Prakerja gelombang 4 akan dilakukan pada pukul 12.00 WIB.

Kuota peserta yang bakal diterima dalam program kartu Prakerja gelombang 4 sebanyak 800 ribu peserta.

“Gelombang 4 dibuka pukul 12.00 WIB, kuota peserta 800 ribu orang,” terang Susiwijono dalam konferensi pers melalui video conference pada Jum’at (7/8/2020).

Baca Juga: Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Pekan Ini

Nilai insentif kartu Prakerja yang akan diterima oleh peserta masih sama seperti insentif pada program kartu Prakerja gelombang sebelumnya. Besarannya Rp 3,55 juta per orang.

Insentif pada Prakerja gelombang 4 yang dibuka hari ini terdiri dari, voucher Rp 1 juta untuk membeli pelatihan yang diberikan oleh vendor yang ditunjuk pihak Prakerja.

Pelatihan tersebut berasal dari Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir, dan Sisnaker.

Peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan, akan mendapat insentif sebesar Rp 2,4 juta. Insentif tersebut akan diberikan per bulan, masing-masing sebesar Rp 600 ribu.

Baca Juga: Cara Mencairkan Insentif Prakerja Tahap Kedua Melalui BNI dan LinkAja

Selanjutnya peserta kartu Prakerja juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 150 ribu. Insentif ini diberikan setelah peserta mengisi survey, akan ada tiga kali survey yang harus diisi oleh peserta.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 4 yang Dibuka Mulai 8 Agustus 2020

Bagi Anda yang ingin mendaftar kartu Prakerja gelombang 4, bisa dilakukan melalui online. Berikut cara daftarnya:

Pertama, Anda akses laman resmi Prakerja di prakerja.go.id.

Kedua, lihat menu daftar yang ada di halaman muka bagian sisi kiri pada situs resmi Prakerja tersebut.

Ketiga, Anda bisa mulai membuat akun Prakerja di situs tersebut. Masukkan nama lengkap, lalu alamat email, dan kata sandi.

Keempat, untuk daftar Prakerja gelombang 4 yang dibuka hari ini, coba cek email Anda. Lalu buka email yang dikirim Kartu Prakerja, lalu ikuti petunjuk untuk mengonfirmasi akun email.

Kelima, setelah konfirmasi berhasil, Anda masuk kembali ke situs prakerja. Lalu masuk kea kun yang telah dibuat tadi, dengan cara masukkan alamat email dan kata sandi.

Keenam, selanjutnya masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, tinggal klik tombol ‘berikutnya’.

Ketujuh, isilah data diri Anda dengan lengkap pada formulir kartu Prakerja, isi nama lengkap, lalu  alamat email, lanjutkan dengan isi alamat tempat tinggal. Alamat domisili juga masukkan.

Jangan lupa juga isi pendidikan, status bekerja, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP Anda.

Kedelapan, klik tombol ‘berikutnya’. Masukkan nomor telepon dan juga kode OTP yang dikirim lewat SMS.

Selanjutnya untuk daftar kartu Prakerja gelombang 4 yang dibuka hari ini, Anda bisa mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini diberikan selama 15 menit. Jangan lupa siapkan alat tulis dan kertas apabila diperlukan.

Setelah menyelesaikan tes, Anda tinggal menunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Selanjutnya kembali ke laman Prakerja, dan gabung dengan gelombang pendaftaran Prakerja.

Ikuti tata cara tersebut dengan cermat untuk mendaftar kartu Prakerja gelombang 4. Selanjutnya Anda bisa mengikuti salah satu pelatihan yang diberikan oleh beberapa vendor seperti Ruangguru, Tokopedia, dan vendor lainnya.

Setelah mengikuti pelatihan, pastikan juga Anda mendapatkan sertifikat telah menyelesaikan pelatihan untuk pencairan insentif.

Baca Juga: Insentif Prakerja Belum Cair Juga? Cek Penyebabnya di Sini!

Insentif akan diberikan apabila Anda selesai mengikuti pelatihan dan telah mendapatkan pelatihan. Insentif yang akan diberikan Rp 600 ribu per bulan. Total insentif yang akan diterima peserta kartu Prakerja Gelombang 4 sebesar Rp 2,4 juta.

Syarat Peserta yang Diterima Program Kartu Prakerja Gelombang 4

Peserta yang diterima dalam program Kartu Prakerja gelombang 4 adalah WNI (Warga Negara Indonesia). Usia peserta tidak boleh kurang dari 18 tahun. Syarat selanjutnya adalah peserta yang mendaftar tidak tengah mengikuti pendidikan formal.

Jika Anda telah memenuhi syarat tersebut, maka bisa mendaftar program kartu Prakerja gelombang 4 yang dibuka hari ini, tepat pukul 12.00 WIB. Pastikan Anda mengikuti tata cara daftar Prakerja gelombang 4. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...