Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita JabarGubernur Jabar Siap Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Gubernur Jabar Siap Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya menjadi Relawan Vaksin Covid-19, bersama unsur Forkopimda Jabar. Saat ini Pemprov Jabar akan melakukan uji klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac dari China.

“Bila tidak ada halangan terutama dari kesehatan pribadi, saya bersama Forkopimda Jabar akan jadi relawan pengetesan vaksin ini. Kami sedang merumuskan,” ujar Ridwan Kamil saat jumpa pers di Makodam III Siliwangi, Bandung, Senin (3/8/2020).

Ridwan Kamil menjelaskan, inisiatif dari pimpinan di Jawa Barat ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat. Sehingga menjadi keyakinan uji klinis vaksin yang dilaksanakan oleh PT Bio Farma berjalan dengan lancar.

Dijelaskan Ridwan Kamil, saat ini Relawan Vaksin Covid-19 yang telah mendaptar sebanyak 500 orang.  Jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1.600 orang. Untuk itu, Gubernur mengajak kepada warga Jabar yang berusia 20 – 59 tahun diharapkan ikut serta, mendaftar menjadi relawan uji klinis vaksin tersebut.

“Masih membutuhkan 1.100 orang untuk uji klinis vaksin Covid-19. Kami mengimbau masyarakat yang usianya sesuai dengan kriteria dan berkeinginan untuk turut serta,” jelasnya.

Ridwan Kamil menuturukan proses uji vaksin Sinovac fase 3 tersebut rencananya berjalan selama 6 bulan, sampai akhir 2020. Ditargetkan vaksin tersebut mendapat izin produksi dan edar massal di awal tahun  2021.

Baca Juga : Uji Klinis Vaksin COVID-19, Warga Jabar Diajak Jadi Relawan

Selain diajak untuk menjadi relawan vaksin Covid-19, Ridwan Kamil juga meminta warga untuk pakai masker dan menerapkan protokol kesehatan. Sambil menunggu tahapan uji klinis selesai dilaksanakan. Tujuannya mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Pengetesan berlangsung sampai akhir tahun, jadi perjalanan masih panjang. Kami ingatkan agar masyarakat disiplin memakai masker. Ini upaya yang bisa dilakukan guna mengurangi penyebaran Covid-19,” katanya.

Terkait sanksi tak pakai masker di ruang publik. Ridwan Kamil menyatakan diberlakukan pada minggu ini. Sebelum sanksi diberlakukan, pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi dan bagikan masker.

“Seminggu terakhir kami telah melakukan teguran dan membagikan masker. Minggu ini sanksi sudah dimulai, dilakukan oleh Satpol PP dibantu Polisi dan TNI,” pungkasnya. (R9/HR Online)

- Advertisment -