Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BanjarRencana Exit Tol di Kota Banjar Belum Ada Progres, Tak Jadi Dibangun?

Rencana Exit Tol di Kota Banjar Belum Ada Progres, Tak Jadi Dibangun?

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Rencana pembangunan exit tol di Kota Banjar, Jawa Barat, hingga saat ini masih belum ada kejelasannya. Hal itu berbanding terbalik dengan rencana pembangunan exit tol di Kabupaten Ciamis yang saat ini sudah mulai masuk tahap pembebasan lahan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjar, H Agus Nugraha, melalui Kabid. Infrastruktur dan Kewilayahan, Husein Husaini, mengakui bahwa memang untuk rencana exit tol belum ada perkembangan pembahasan lagi.

Belum adanya perkembangan itu karena pihaknya sementara ini terkendala dengan adanya wabah pandemi Virus Corona. Sehingga, tidak bisa langsung berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian terkait.

“Sejauh ini kami memang belum koordinasi lagi karena terkendala wabah pandemi. Jadi belum ada perkembangan signifikan,” kata Husein, kepada awak media, Selasa (18/08/2020).

Baca Juga : Hasil Tindak Lanjut ke Bappenas, DPRD Kantongi Gambar Lokasi Exit Tol di Kota Banjar

Lanjut Husein, pihaknya pun tidak menampik apabila exit tol di Kota Banjar jadi dibangun, tentunya akan berdampak positif pada sektor perekonomian dan pariwisata. Sehingga nantinya dapat menunjang perkembangan daerah.

Namun demikian, dengan belum adanya kejelasan itu bukan berarti rencana pembangunan exit tol di Kota Banjar tidak jadi dibangun. “Nanti kami akan koordinasikan lagi,” ujarnya.

Sedangkan, mengenai sudah adanya rencana pembebasan lahan di Kabupaten Ciamis, kata Husein, hal itu dikarenakan daerah Ciamis akan terlintasi pembangunan jalan tol. Sementara, untuk Kota Banjar hanya dibangun exit tolnya saja. Bukan pada pembangunan jalan.

“Untuk Ciamis kan memang ada pembangunan jalannya. Jadi ya memang ada pembebasan lahan. Kalau di Banjar kan hanya pembangunan exit tol,” terang Husein.

Koordinasi Exit Tol dengan Bappenas Terhenti Pandemi

Baca Juga : Bappeda: Usulan Pembangunan Exit Tol di Kota Banjar Terus Berlanjut

Dihubungi terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kota Banjar, Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, mengatakan, untuk kelanjutan rencana pembangunan exit tol di Kota Banjar belum ada perkembangan signifikan.

Ia juga mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Bappenas beberapa waktu lalu sebelum ada pandemi Virus Corona. Untuk saat ini belum melakukan komunikasi lebih lanjut.

“Dulu kami bersama Bappeda memang sudah berkoordinasi dengan Bappenas. Namun setelah ada pandemi, kami belum komunikasi lebih lanjut lagi,” singkatnya. (Muhlisin/R3/HR-Online)